fbpx
cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi

Cara Menghilangkan Komedo dengan Pasta Gigi Tanpa Ribet

Pasta gigi adalah salah satu benda yang mudah didapat di rumah. Siapa sangka, jika pasta gigi bisa jadi salah satu solusi untuk masalah yang berhubungan dengan komedo. Umumnya, pasta gigi digunakan untuk menjaga kebersihan gigi dan kesegaran mulut. Namun pernahkah Anda mendengar cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi?

Komedo adalah bintik kecil yang muncul di pori-pori kulit dan bisa dibilang sebagai cikal bakal tumbuhnya jerawat. Pada dasarnya, komedo ini terbentuk akibat sumbatan yang terdapat di dalam pori-pori kulit. Sumbatan ini terjadi karena penumpukan sel kulit mati dan juga minyak wajah. Cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi sering jadi pilihan untuk mengatasinya.

Bisa dikatakan, pasta gigi adalah obat yang mudah didapatkan untuk menghilangkan komedo. Pasalnya, pasta gigi mengandung berbagai bahan kimia dan ekstrak bahan alami yang bisa dijadikan cara untuk menyembuhkan sekaligus menghilangkan komedo secara efektif. Biasanya, kandungan pasta gigi ini terdiri dari hidrogen peroksida, mentol, soda kue, triclosan, dan lainnya.

Sebenarnya cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi ini sangat mengandalkan triclosan yang ada di dalamnya. Diketahui, triclosan adalah bahan anti-bakteri yang banyak ditemukan di produk perawatan kulit untuk membantu mengeringkan minyak berlebih sekaligus menjaga kulit tetap bersih.

4 Cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi paling ampuh

cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi

Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi yang perlu Anda ketahui untuk menjadikan penampilan kembali sempurna.

  1. Gunakan pasta gigi yang tepat

Cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi adalah memilih jenis pasta gigi yang tepat. Anda tidak bisa menggunakan pasta gigi lain, kecuali pasta gigi herbal atau putih. Sebab, pasta gigi herbal dan yang bersifat memutihkan terbuat dari bahan-bahan yang cenderung mengusir komedo tanpa efek samping apapun.

Sementara itu, cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi juga bisa menggunakan produk yang berbahan dasar mint. Diketahui, mint sangat bermanfaat karena mampu meluruhkan minyak wajah dan menjadikan kulit lebih bersinar.

Cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi herbal ataupun pemutih ini cukup mudah. Anda hanya perlu mengambil pasta gigi secukupnya sesuai kebutuhan, oleskan pada kulit yang terkena komedo, lalu biarkan selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Setelah itu, tepuk-tepuk pelan hingga kering. Anda juga bisa menggunakan pelembab supaya kulit tidak terasa kering.

  1. Mencuci muka dengan mengoleskan pasta gigi di wajah
BACA JUGA  Awas! Minuman Diet Viral di TikTok Ini Ternyata Nggak Sehat

Cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi berikutnya adalah mengoleskan produk tersebut secara langsung pada kulit. Pastikan kulit Anda benar-benar kering, lalu oleskan pasta gigi di area yang terdapat komedo membandel. Gosok dengan gerakan memutar secara perlahan. Kemudian, biarkan pasta gigi mengering, lalu bersihkan menggunakan air.

Anda harus memastikan kulit tetap lembap selama cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi tersebut berlangsung. Anda juga bisa menggunakan es batu untuk membebaskan pori-pori dan mencegah serangan bakteri setelah perawatan tersebut.

  1. Menambahkan garam ke pasta gigi untuk hasil yang lebih kilat

Cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi dan garam juga tak kalah mudah. Anda hanya perlu membasuh wajah menggunakan air hangat, lalu buat campuran pasta gigi dan garam. Apabila campuran tersebut terlalu kental, tambahkan beberapa tetes air ke dalamnya, lalu oleskan pada kulit hingga merata.

Biarkan selama 8-10 menit sebelum Anda membilasnya dengan air. Pastikan kulit tetap lembap selama cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi dan garam tersebut dilakukan. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan soda kue sebagai pengganti garam.

  1. Gunakan pasta gigi yang mengandung asam salisilat

Cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi selanjutnya menggunakan produk yang mengandung asam salisilat. Sebab, asam salisilat mampu membunuh bakteri sekaligus membersihkan pori-pori kulit wajah.

Cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi yang mengandung asam salisilat ini sama seperti cara sebelumnya. Anda hanya perlu mengoleskan produk tersebut pada kulit, biarkan mengering, lalu bilas menggunakan air.

Apakah pasta gigi aman untuk kulit wajah?

cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi

Sebelum Anda menerapkan cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi di atas, tak ada salahnya jika Anda mengetahui dulu fakta-fakta di baliknya. Perlu Anda ketahui, banyak pakar kesehatan yang menyatakan bahwa pasta gigi mengandung bahan-bahan tertentu yang bisa menyebabkan iritasi kulit. Meski demikian, beberapa bahan lain di dalamnya bisa mempercepat pembersihan komedo.

Adapun beberapa bahan yang dimaksud mampu mengiritasi kulit adalah natrium flourida, natrium lauril sulfat, dan perasa buatan. Oleh sebab itu, Anda harus hati-hati ketika ingin menerapkan cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi di atas.

Bahan di dalam pasta gigi yang bisa menyebabkan iritasi

Selain natrium flourida, natrium lauril sulfat, dan perasa buatan, masih ada banyak bahan lain di dalam pasta gigi yang tidak seharusnya digunakan sebagai cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi, di antaranya sebagai berikut:

  • Triclosan

Senyawa satu ini merupakan agen anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-inflamasi yang sering dianggap remeh dalam setiap cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi. Penggunaannya dalam produk perawatan kulit dianggap kontroversial di dunia kesehatan.

  • Hidrogen peroksida

Seperti halnya triclosan, senyawa yang dikenal dengan nama hidrogen peroksida ini merupakan anti-bakteri yang dianggap ampuh sebagai cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi. Senyawa satu ini mampu membunuh sel jahat melalui proses yang disebut stres oksidatif. Namun sayangnya, stres oksidatif juga bisa merusak sel sehat pada kulit Anda. Bahkan, bisa menyebabkan iritasi dan memperlambat proses penyembuhan komedo di wajah.

  • Natrium bikarbonat
BACA JUGA  Jangan Salah, Begini Cara Menghilangkan Bruntusan Paling Efektif

Seperti jenis garam pada umumnya, natrium bikarbonat yang sering dijadikan salah satu cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi ini bertindak sebagai pengelupas fisik ringan. Namun, senyawa satu ini juga bisa menyebabkan iritasi dan kekeringan yang berlebihan.

Benarkah pasta gigi ampuh untuk mengusir komedo di wajah?

cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi

Cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi sering dianggap ampuh karena di dalamnya terkandung baking soda. Banyak orang percaya, baking soda mampu mengangkat komedo membandel. Tak hanya itu saja, bahan alami ini mampu mengeringkan komedo, membunuh bakteri, hingga mengecilkan pori-pori yang tersumbat.

Walau demikian, ternyata para ahli tidak merekomendasikan penggunaan pasta gigi ini untuk mengusir komedo ataupun jerawat. Alasannya tentu saja karena beberapa kandungan di dalam pasta gigi justru bisa membuat kulit teriritasi seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Alternatif lain menghilangkan komedo tanpa menggunakan pasta gigi

Daripada menggunakan cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi yang justru berisiko terhadap kulit cantik Anda, sebaiknya terapkan saja beberapa alternatif lain yang lebih aman seperti berikut ini.

  1. Eksfoliasi wajah secara rutin

Cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi bisa diganti dengan melakukan eksfoliasi wajah secara rutin menggunakan scrub khusus. Eksfoliasi semacam ini juga bisa dilakukan oleh dokter dengan metode mikrodermabrasi atau chemical peeling. Eksfoliasi wajah diketahui sangat ampuh dalam mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori dan memicu komedo.

  1. Gunakan ekstraktor komedo

Selain cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi, Anda juga bisa menggunakan alat ekstraktor komedo. Namun, Anda wajib berhati-hati saat menggunakannya supaya tidak mencederai kulit.

Nah, sekarang Anda sudah tahu beberapa fakta di balik cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi. Coba pertimbangkan lagi untuk menggunakan cara yang paling aman sehingga tidak membuat kulit Anda rusak nantinya. Jika komedo masih juga membandel, sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis kulit terdekat supaya bisa diberikan perawatan yang sesuai.

 

 

 

Tentang nezzumia

Check Also

cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah dengan Madu Paling Tepat

Selain jerawat dan komedo membandel, permasalahan kulit yang sering dialami oleh sebagian besar orang adalah …