Sederet Makanan yang Efektif Mencegah Kerutan Kulit di Wajah

Bukan hanya soal perawatan, namun kulit wajah maupun kulit yang lain juga membutuhkan asupan nutrisi untuk menunjang kesehatan.

Setiap orang khususnya wanita selalu berusaha memelihara kecantikan kulit agar tak terlihat tua, dalam hal ini seperti keriput misalnya. Usia muda jika mempunyai kulit kering dan berkerut akan cenderung terlihat keriput dan lebih tua dari usianya.

Tak heran perawatan dengan biaya mahal pun di terjang, tapi ternyata itu saja tidak cukup. Semuanya harus di imbangi dengan nutrisi cukup.

Melansir Detik Food, ahli gizi dan ahli kecantikan telah sepakat menyebutkan bahwa gaya hidup seseorang dengan melalui asupan makanan sehari-hari sangat berpengaruh penting terhadap kondisi kulit jangka panjang.

Rinky Kapoor selaku dermathology consultant mengatakan ada beberapa jenis makanan terbaik yang bukan hanya mencegah penuaan namun juga bisa menghilangkan penuaan itu sendiri.

Penuaan di wajah itu sendiri disebabkan oleh timbulnya garis halus dan kerutan di beberapa titik wajah. Rinky menyarankan beberapa jenis makanan yang terbilang enak dan mudah di dapatkan, apabila di konsumsi secara rutin akan membuat wajah tampak awet muda. Berikut daftarnya!

7 Makanan untuk Mencegah Penuaan Dini Menurut Health Shots

Brokoli

Brokoli yang mempunyai bentuk lucu seperti rambut keribo ini merupakan sayuran hijau sehat yang cocok di olah berbagai macam jenis masakan. Tapi umumnya brokoli memang tetap segar menjadi pelengkap sayuran soup maupun capjay.

Tapi tak jarang orang mengolah menjadi kreasi unik lainnya, mulai dari di tumis sampai hanya di goreng tepung saja. Selain enak, sayuran ini juga mengandung komposisi nutrisi dan vitamin yang baik.

Brokoli mengandung antiinflamasi dan anti penuaan yang cukup tinggi.

Hal itu karena sayuran brokolu kaya akan vitamin C, vitamin K, folat, serat, kalsium dan lutein. Apabila seseorang rajin mengonsumsi sayuran yang satu ini, alhi dermatologi menyebutkan ada manfaat untuk membantu menjaga elastisitas kulit yang akan di dapatkan.

BACA JUGA  5 Spot Serum Terbaik Atasi Bekas Jerawat

Pepaya

Siapa sih yang tidak tahu pepaya? Jenis buah yang satu ini mudah sekali di temui pada iklim tropis seperti Indonesia. Pepaya sangat baik untuk menunjang kesehatan secara menyeluruh. Buah yang satu ini sering dimanfaatkan untuk melancarkan pencernaan.

Buah pepaya ini kaya akan vitamin A, K, C, fosfor, mineral serta kalsium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Apalagi mineral dan vitamin sendiri mempunyai efek baik untuk mengatasi garis dan kerutan halus pada kulit wajah.

Terdapat kandungan papain sebagai antiinflamasi yang membantu tubuh melepas sel kulit mati dengan mudah.

Bayam

Bayam merupakan salah satu sumber zat besi yang dibutuhkan tubuh untuk mengatasi anemia. Dengan mengonsumsi bayam di jumlah besar dan teratur maka akan membuat wajah tampak segar.

Selain itu bayam juga mengandung magnesium, beta karoten dan vitamin yang cocok sekali di konsumsi untuk menjaga hidrasi kulit.

Bayam bisa di olah menjadi urapan dengan bumbu kelapa pedas agar lebih menggugah selera. Jika tak suka pedas bisa juga di olah menjadi sayur bening, dan tak jarang juga di sajikan dalam bentuk keripik.

Telur

Hampir semua orang di Indonesia mencari protein dalam telur sebagai makanannya. Telur bukan saja baik menjaga kesehatan otot namun juga bermanfaat menjaga kulit dari penuaan.

Kandungan protein yang cukup tinggi di dalamnya bisa membantu menjaga elastisitas kulit, menguatkan rambut, membuat kulit tetap kenyal dan awet muda.

Para ahli gizi dan dermatologi menyarankan agar secara rutin mengkonsumsi telur yang diimbangi diet serta mencukupi hidrasi apabila ingin wajah terlihat muda.

Kacang-kacangan

Ukuran makanan bukanlah penentu kepadatan kandungan nutrisi, dalam hal ini maka kacang-kacangan yang terlihat kecil pun bukan berarti kosong.

Kacang-kacangan juga kaya akan vitamin yang cukup padat, seperti kacang almond, walnut dan jenis lainnya mengandung lemak sehat omega 3 dan vitamin E.

Kandungan pada kacang-kacangan sangat baik untuk melindungu kulit dari kerusakan akibat panas matahari dan membantu perbaikan kerusakanya. Kacang juga mempunyai asam lemak yang terbukti dapat memberikan kecantikan kulit.

BACA JUGA  Produk Bleaching Rambut Terbaik dan Super Aman Tanpa Efek Merusak

Ubi Jalar

Ubi jalar sudah di kenal sebagai makanan karbohidrat tradisional di Indonesia pengganti nasi. Kadar indeks glikemik di dalamnya yang rendah, vitamin dan mineral yang padat membuat bahan makanan ini disebut sebagai sumber karbohidrat yang lebih sehat apabila dibandingkan kentang maupun nasi.

Ubi jalar mempunyai kandungan serat yang tinggi di dukung juga vitamin A, C, dan E yang melengkapinya. Dengan mengonsumsi ubi jalar secara rutin mampu membantu memperbaiki keseimbangan kulit, dan meningkatkan pertumbuhan sel kulit dari radikal bebas.

Dark Cokelat

Dark cokelat masih menjadi makanan favorite semua orang, dan sepertinya akan menjadi makanan yang tak di tolak sampai kapanpun. Hmm, rasanya yang manis dan sedikit pahit terkadang membuat banyak orang takut gendut.

Padahal ada banyak manfaat lain dark cokelat bagi kulit karena mengandung flavonoid dan vitamin anti penuaan agar kulit lebih lembab.

Saat kulit terjaga kelembabannya, maka akan semakin rendah kemungkinan kulit mengalami kerusakan sel yang nantinya menimbulkan garis halus.