fbpx

5 Kesalahan Saat Pakai Skincare. Mungkin Ini Alasan Gagal Glowing!

Bagi wanita, skincare amatlah penting untuk menunjang kebutuhan kulit. Terutama kulit wajah, adalah hal yang cukup sensitif, sehingga harus ditangani dengan langkah tepat dan produk yang baik.

Sekarang ini kebutuhan skincare bukan hanya wanita, sebab beberapa pria pun juga memerlukannya. Wajar, bukan sebuah lelucon karena skincare adalah rangkaian perawatan kulit. Kita semua perlu merawat kulit tubuh dan wajah, agar tetap sehat dan terlihat muda. Sehingga baik pria maupun wanita sangat disarankan sekali.

Banyak pilihan produk kecantikan yang bikin kulitmu glowing. Namun harus sering-sering waspada, karena di pasaran banyak beredar skincare ilegal bermerkuri, dimana bisa merubah kulit wajah menjadi glowing putih dengan harga murah.

Produk skincare yang membuat kulit wajah glowing memang sangat jarang sekali bahkan tidak ada sekalipun mungkin cream dari dokter. Kecuali, jika kamu melakukan perawatan secara rutin dan teratur. Namun ada hal lain juga yang membuat kulitmu gagal glowing, salah satunya bisa karena kesalahan dalam langkah penggunaan skincare. Berikut ini dapat kamu simak:

  1. Tidak Hapus Makeup Sebelum Tidur

Salah satu kesalahan yang seringkali terjadi adalah tidak menghapus makeup sebelum tidur. Setiap hari kita selalu berkaitan dengan make up, apalagi saat pergi kerja. Umumnya ketika pulang malam dalam keadaan lelah, seringkali tidak menghapus make up.

Padahal debu dan kotoran akibat polusi menumpuk jadi satu. Menggunakan makeup memang untuk menunjang penampilan agar terlihat cantik. Akan tetapi kamu harus tahu bahwa hal itu mesti diimbangi dengan perawatan kulit wajah seperti rajin double cleansing sebelum tidur dengan menggunakan micellar water atau cleansing balm.

Hal ini sependapat dengan apa yang disampaikan Dennis Gross MD, mengatakan jika tidak menghapus makeup sebelum tidur adalah tindakan salah.

“Tidak menghapus makeup pada malam hari bisa menyumbat pori-pori,” tuturnya.

  1. Tidak Menggunakan Sunscreen Setiap Hari

Salah satu bagian paling penting dalam perawatan wajah yang sering kamu abaikan, yakni penggunaan Suncreen. Kebanyakan seseorang hanya menggunakan cream pagi dan malam, mungkin lebih singkat. Tetapi tahukah kamu bahwa menggunakan sunscreen sangatlah penting melindungi kulit dadi paparan sinar matahari.

Apabila kamu rajin dalam menggunakan sunscreen setiap hari, artinya kamu bisa menyelamatkan kulit dari bahaya sinar matahari penyebab penuaan dini serta bahaya kanker kulit. Untuk menggunakannya, pilihlah jenis sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi dan sesuai dengan jenis kulit kamu, misalnya seperti physical sunscreen dan chemical sunscreen.

BACA JUGA  Ini Lho, 8 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Berjerawat yang Ekstra Aman

Jangan lupa juga untuk menggunakan di bagian leher dan tangan kamu serta re-apply setiap 2 jam sekali.

  1. Terlalu Sering Eksfoliasi Wajah

Ternyata terlalu sering eksfoliasi kulit wajah juga tidak bagus. Jadi perlu kamu tahu juga bahwa kulit manusia melakukan regenerasi sehingga dibutuhkan eksfoliasi. Namun jika kamu terlalu sering mengeksfoliasi wajah bisa menyebabkan kulit iritasi dan kering.

Menurut pendapat Dr. Ben Johson, sinar matahari bisa menyebabkan penuaan pada kulit, sehingga disarankan untuk lakukan eksfoliasi maksimal dua kali seminggu. Kamu bisa menggunakan jenis physical exfoliasi yakni langkah eksfoliasi menggunakan scrub dan chemical exfoliasi dengan menggunakan bahan-bahan aktif misalnya seperti serum peeling.

  1. Tidak Menggunakan Skincare dengan Urutan yang Benar

Menggunakan skincare tidak bisa asal-asalan jika kamu menginginkan kulit wajah glowing. Karena menggunakan skincare harus memperhatikan urutan yang digunakan. Langkah ini dimulai dari penggunaan skincare dengan konsistensi cair hingga kental.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan skincare cair akan cepat menyerap dan kamu bisa lanjut ke step berikutnya, misalnya dimulai dari toner, serum, pelembap wajah, dan sunscreen.

  1. Kulit Berminyak Tetap Harus Menggunakan Pelembap

Banyak yang salah paham dengan masalah yang satu ini. Kulit berminyak dan tidak menggunakan pelembab karena memang menghindari? Tidak. Seharusnya bukan begitu. Apapun jenis kulit kamu harus mengaplikasikan dengan pelembap, terutama menggunakan kandungan yang lebih rich di malam hari.

Masalah ini juga diperkuat oleh pendapat Dr. Murad, yang mengatakan jika pemilik kulit berminyak tetap butuh yang namanya pelembap, itung-itung sebagai nutrisi kulit.

“Banyak yang salah paham bahwa mereka yang memiliki kulit berminyak tidak diwajibkan menggunakan pelembap. Faktanya, kulit berminyak harus mendapatkan kelembaban untuk mengimbangi hidrasi dan mencegah kulit berjerawat dan tekstur kulit tidak merata,” terangnya.

Untuk 5 hal di atas adalah alasan mengapa kamu gagal glowing dilihat dari cara penggunaan skincare. Sementara hal-hal lain yang memicu wajahmu kusam dan sulit terlihat glowing adalah sebagai berikut:

  1. Kulit Mengalami Dehidrasi

Kamu harus tahu bahwa sekitar 70 persen tubuh manusia terdiri dari air. Nah, sebagian besar air inilah ternyata disimpan pada bawah lapisan kulit. Akibatnya, saat tubuh kekurangan cairan, maka aliran darah ke kulit akan menurun dan menjadikan kulit lebih kering, kasar, dan kusam.

Inilah yang disebut dehidrasi, dan kekurangan cairan di lapisan dermis serta di bawah epidermis juga bisa menyebabkan penipisan ketebalan kulit. Untuk mencegahnya, kamu harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih setidaknya 8 gelas sehari atau sesuaikan sana dengan kebutuhan kamu. Namun jangan minim sekali.

BACA JUGA  Yuk, Cegah Penuaan Dini dengan Serum Wajah Terbaik untuk Usia 20-an

  1. Stres

Stres memang luar biasa dampaknya bagi kesehatan. Stres yang terjadi secara sering Akan membuat psikis dan mental terserang. Nah, hal ini pun yang membuat aura terlihat tak menyegarkan dan kondisi kulit begitu kusam. Kenapa bisa?

Karena saat kamu stres, hormon kortisol dan aliran darah hanya akan terpusat pada organ vital tubuh saja,bukan pada wajah. Sehingga, aliran darah ke wajah akan berkurang dan otomatis membuat kulit menjadi tanpak kusam. Untuk mencegahnya, kamu harus mengelola stres yang dialami agar tidak berlangsung lama.

Untuk mengatur tingkat kesetresan itu sendiri kamu bisa melakukan hal-hal seperti misalkan aktivitas “pelarian” dari padatnya rutinitas seperti jalan-jalan, shoping, nonton film, karaoke, dan lain-lain. Sebab sesibuk apapun kamu, jangan sampai lupa untuk membahagiakan diri sendiri.

  1. Penumpukan Sel Kulit Mati

Setiap hari, tubuh kita akan menghasilkan jutaan sel kulit mati di wajah. Jika dibiarkan, sel kulit mati tersebut menumpuk dan bisa menyebabkan wajah kusam. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa kamu perlu rutin untuk membersihkan wajah, minimal satu kali sehari.

Sedangkan jika kamu ingin mencuci wajah, bisa melakukannya di malam hari. Ini karena pada malam hari kamu bisa membersihkan residu, minyak pada wajah, serta debu yang menempel pada kulit akibat aktivitas sepanjang hari. Agar  hasilnya lebih optimal, kamu bisa menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit.

  1. Merokok

Kebiasan merokok bisa menjadi penyebab kulit kusam. Ini karena zat karsinogenik yang terkandung dalam rokok mampu merusak struktur kulit. Asap rokoknya sendiri bisa merusak kolagen, membuat kulit tampat pucat, berkerut, dan kusam.

So, sebisa mungkin hindari kebiasaan merokok untuk kesehatan kamu.

  1. Kekurangan Antioksidan dan Zat Besi

Mungkin tak banyak yang menyadari, asupan nutrisi juga bisa memengaruhi kesehatan kulit. Karena, kurangnya asupan nutrisi tertentu seperti antioksidan dan zat besi bisa menjadi penyebab kulit kusam. Oleh sebab itu, kamu perlu memenuhi asupan antioksidan dan zat besi dalam tubuh dengan mengonsumsi sayur, buah, daging merah, serta makanan lain yang kaya antioksidan dan zat besi. Antioksidan berfungsi untuk memerangi radikal bebas dalam tubuh dan zat besi berguna untuk mengoptimalkan fungsi antioksidan serta mempertahankan kesehatan kulit.

Jadi itulah beberapa hal yang membuat kulitmu gagal glowing dan terlihat tua. Yuk mulai sekarang lebih rajin lagi dalam merawat kulit. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.