manfaat olahraga saat puasa

Ini Lho Manfaat Olahraga Saat Puasa Bagi Kesehatan

Berpuasa kadang jadi waktu paling melelahkan bagi sebagian orang. Kurangnya asupan air dan makanan ke dalam tubuh seringkali membuat seseorang jadi tak bersemangat sekaligus lemas saat beraktivitas. Oleh sebab itulah, aktivitas berat seperti olahraga kerap dihindari. Padahal, ada banyak manfaat olahraga saat puasa yang justru baik untuk kesehatan Anda.

Manfaat olahraga saat puasa yang bisa didapatkan secara maksimal

Berikut ini ada beberapa manfaat olahraga saat puasa yang patut Anda ketahui, di antaranya:

Lemak lebih mudah terbakar

manfaat olahraga saat puasa

Manfaat olahraga saat puasa yang pertama adalah lemak lebih mudah terbakar. Perlu Anda ketahui, tidak adanya asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh justru membuat olahraga yang dilakukan semakin efektif. Biasanya, beberapa makanan yang dicerna oleh tubuh berubah jadi lemak dan tertimbun karena Anda yang jarak bergerak.

Dengan tidak adanya asupan makanan, berarti tidak ada pula penimbunan lemak di perut. Hingga akhirnya, olahraga yang Anda lakukan dinilai lebih efisien untuk membakar lemak tersebut.

Mengembalikan waktu biologis otak dan otot

Jika Anda memiliki pola tidur yang tidak menentu, maka salah satu manfaat olahraga saat puasa yang bisa Anda dapatkan adalah waktu tidur normal seperti sedia kala. Tak percaya? Coba buktikan sendiri dengan cara melakukan beberapa jenis olahraga ringan jelang waktu berbuka. Namun, cukup lakukan olahraga sekitar 15-20 menit supaya tidak terlalu lelah dan dehidrasi.

Membantu meningkatkan hormon testosteron

Manfaat olahraga saat puasa yang berikutnya adalah meningkatkan produksi hormon testosteron pada tubuh. Ketahuilah, berolahraga dalam kondisi puasa bisa membuat Anda mengatur produksi hormon sesuka hati. Salah satunya adalah hormon testosteron. Menariknya lagi, menunda makan beberapa jam sebelum berolahraga bisa membuat fisik berjalan lebih baik dan tahan lama.

Lebih mudah membentuk otot tubuh

manfaat olahraga saat puasa

Saat Anda berpuasa, produksi hormon insulin dalam tubuh akan beroperasi dengan cara yang berbeda dari biasanya. Nah, ketika Anda makan sebelum berolahraga, maka hormon insulin tersebut akan naik dan meningkatkan produksi lemak tubuh. Akhirnya, energi yang Anda kerahkan tidak akan digunakan untuk menambah massa otot.

Melainkan, membakar lemak yang tertimbun dalam tubuh. Itulah alasan mengapa manfaat olahraga saat puasa salah satunya adalah meningkatkan massa otot secara signifikan.

BACA JUGA  Pola Makan Salah Saat Puasa yang Harus Dihindari

Penampilan jadi lebih awet muda

Siapa sangka, manfaat olahraga saat puasa juga bisa membuat tubuh Anda tampak lebih awet muda. Ketika massa otot bertambah, maka kulit pun jadi semakin kencang. Bukan itu saja, serat otot tubuh Anda juga bakal terus muda. Artinya, tingkat energi Anda pun bisa semakin baik.

Mengurangi stres dan depresi

Tak sedikit orang yang mengalami stres ataupun depresi saat puasa karena terus merasakan sekaligus memikirkan rasa haus dan lapar yang mendera. Belum lagi beban hidup lain yang terus melekat di pikiran. Nah, salah satu manfaat olahraga saat puasa adalah mampu mengurangi kedua hal tersebut.

Pasalnya, kegiatan yang mengeluarkan keringat satu ini bisa membuat Anda lebih sibuk sehingga lupa waktu. Alhasil, Anda tak lagi tersiksa menunggu waktu berbuka.

Meningkatkan kemampuan atletis tubuh

Ketika sedang berpuasa, olahraga justru mengajarkan tubuh Anda untuk menggunakan energi melalui timbunan lemak yang ada. Bisa dibilang, secara metabolisme tubuh Anda jadi lebih fleksibel sehingga meningkatkan kemampuan atletis tubuh. Manfaat olahraga saat puasa ini bisa membuat tubuh jadi lebih ringan dan berenergi.

Namun perlu Anda garis bawahi, di balik manfaat olahraga saat puasa yang penting adalah porsinya. Ketika Anda berolahraga berat, maka Anda harus segera mengisi perut demi mengembalikan tenaga yang keluar setelah berkeringat. Bila tidak, olahraga semacam ini justru bisa berdampak negatif pada tubuh Anda.

Waktu paling tepat untuk berolahraga saat berpuasa

manfaat olahraga saat puasa

Para ahli berpendapat, meski ada banyak manfaat olahraga saat puasa, Anda tetap harus bisa memilih waktu yang tepat seperti setelah subuh, sebelum maghrib, ataupun sebelum tidur. Tentu saja, pemilihan waktu olahraga ini berdasarkan kondisi tubuh tiap-tiap orang yang sedang dalam keadaan optimal atau telah menerima asupan nutrisi.

Walaupun Anda tetap akan merasakan haus, tapi sensasi tersebut bakal tergantikan dengan respon renin-angiotensin-aldosteron atau kemampuan tubuh dalam menahan asupan air.

Bisa dipastikan, pemilihan waktu olahraga yang kurang tepat saat berpuasa bisa menyebabkan risiko dehidrasi dan kadar gula yang menurun drastis hingga ambang laktat. Oleh sebab itu, demi mendapatkan manfaat olahraga saat puasa secara maksimal, pilih jenis olahraga yang mampu membakar lemak tapi tetap effortless.

Jenis olahraga yang bisa dilakukan saat puasa Ramadan

Jika Anda mulai tertarik untuk mendapatkan manfaat olahraga saat puasa, berikut ini ada beberapa rekomendasi jenis olahraga yang bisa Anda coba, di antaranya:

  1. Jalan cepat
BACA JUGA  Yuk, Mulai Jauhi Kebiasaan Ini Agar Bisa Menabung Demi Masa Depan

Manfaat olahraga saat puasa bisa Anda dapatkan dari jenis olahraga satu ini karena mampu menjaga keseimbangan tubuh ketika berpuasa. Anda hanya perlu bergerak sekitar 30 menit dalam sehari ketika sore hari menjelang berbuka puasa dan tubuh pun bakal terasa lebih segar.

  1. Jogging

manfaat olahraga saat puasa

Jenis olahraga lain yang juga bisa Anda dapatkan manfaat olahraga saat puasa adalah jogging. Sebab, olahraga satu ini bisa membantu membakar kalori tubuh secara maksimal sekaligus meningkatkan hormon endorphin. Namun sebaiknya, pilih intensitas jogging yang ringan supaya tidak mengalami dehidrasi.

  1. Yoga

Tahukah Anda, salah satu manfaat olahraga saat puasa yang bisa Anda dapatkan dari yoga adalah pikiran yang tetap stabil meski setelah seharian lelah bekerja. Sebab, yoga bisa melancarkan seluruh peredaran darah di dalam tubuh sehingga suplai oksigen ke otak menjadi lebih lancar.

  1. Bersepeda

manfaat olahraga saat puasa

Manfaat olahraga saat puasa lainnya bisa Anda dapatkan dari bersepeda. Kegiatan satu ini paling pas dilakukan di pagi hari setelah sahur karena udara masih terasa segar. Anda hanya perlu melakukannya sekitar 45 menit untuk membakar sekitar 300-350 kalori di dalam tubuh.

  1. Renang

Selain olahraga yang telah disebutkan di atas, renang juga bisa menghasilkan manfaat olahraga saat puasa bagi kesehatan Anda. Dengan berenang, Anda bisa membakar 360-400 kalori dalam waktu sekitar 30 menit saja. Namun Anda harus berhati-hati supaya tidak ada air yang masuk ke dalam mulut sehingga tidak membatalkan puasa yang sedang dijalani.

  1. Naik turun tangga

Kegiatan satu ini memang tampak sederhana dan mudah dilakukan bukan? Namun kenyataannya, naik turun tangga yang dilakukan sembarang bisa memicu dehidrasi bagi tubuh. Ketika Anda ingin mendapatkan manfaat olahraga saat puasa dari naik turun tangga, cukup lakukan selama 10 menit. Dengan demikian, Anda sudah bisa membakar sekitar 178 kalori tubuh.

  1. Bowling

manfaat olahraga saat puasa

Olahraga satu ini memang cukup jarang dilakukan banyak orang, tapi ketahuilah, bowling merupakan olahraga yang sangat mengandalkan kekuatan tangan serta menarik untuk dilakukan bersama keluarga atau sahabat terdekat. Bukan itu saja, bowling juga bisa dilakukan demi mendapatkan manfaat olahraga saat puasa sekaligus menghabiskan waktu sembari menunggu waktu berbuka tiba.

Demikian tadi beberapa manfaat olahraga saat puasa bagi kesehatan tubuh Anda beserta waktu dan jenis olahraga yang tepat untuk dilakukan. Pastikan Anda mampu melawan diri dari segala bentuk kemalasan ketika berpuasa dan jangan menjadikan puasa sebagai halangan untuk bergerak lebih aktif di setiap harinya.

Tentang nezzumia

nezzumia

Check Also

tips nggak kalap saat berbuka

Tips Nggak Kalap Saat Berbuka Agar Bentuk Tubuh Tetap Ideal

Pada dasarnya, cobaan puasa yang paling besar bukan pada rasa lapar dan haus yang dirasakan, …