Bansos Tunai Januari-Desember 2023 Cair Sampai 3 Juta! Cek KTP Kamu Di Link Ini

LiputanTimes.com – Di awal tahun ini, pemerintah melaksanakan program bansos tunai Januari 2022 untuk meringankan ekonomi masyarakat.

Bansos tunai Januari 2023 ini merupakan bagian dari Program Keluarga Harapan (PKH) yang ditujukan oleh masyarakat kurang mampu.

Sebagai bentuk upaya masyarakat untuk mengurangi kemiskinan, bansos tunai Januari 2023 ini tetap akan tetap dilaksanakan di tengah pandemi.

BACA INI: Cara Daftar Agar Pemilik Rekening Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN Bisa Dapat Tunjangan 1 Juta Rupiah!

Bagaimana besaran, tahapan, dan cara memeriksa penerima bansos? Simak artikel ini untuk informasi lengkapnya!

BACA JUGA  Dapat BLT UMKM 1.2 Juta Tahap 3 Nggak Ya? Coba Klik Detailnya disini

Bansos BBM 600Ribu 2023 Cair Sekarang

Besaran Bansos Januari 2023

Dikutip dari beberapa sumber, pemerintah sudah menyiapkan dana sebesar Rp28,7 triliun untuk 10 juta keluarga penerima manfaat atau KPM.

KPM yang terdaftar bisa mendapatkan bantuan uang tunai dengan besaran dari Rp900 ribu hingga Rp3 juta dari pemerintah.

BACA JUGA  Mau Bantuan Usaha 100 Juta Dari Pak Jokowi? Ini Caranya!

Tahapan Penyaluran Bansos Januari 2023

Bantuan sosial pemerintah akan disalurkan secara bertahap setiap tiga bulan sekali dalah satu tahun dan diberikan melalui bank BNI, BRI, Mandiri, dan BTN. Berikut adalah tahapan penyaluran Bansos PKH:

Tahap I: Januari, Februari, Maret

Tahap II: April, Mei, Juni

Tahap III: Juli, Agustus, September

Tahap IV: Oktober, November, Desember

Cara Cek Informasi Penerima Bansos

BACA INI: Cara Daftar Agar Pemilik Rekening Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN Bisa Dapat Tunjangan 1 Juta Rupiah!

Untuk mengetahui seputar penerima bansos, kamu bisa mengikuti cara yang diberikan berikut ini:

1. Kunjungi laman cekbansos.kemensos.go.id

2. Isi kolom provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa

3. Masukkan nama penerima manfaat (PM) sesuai dengan KTP

4. Ketik huruf kode sesuai dengan yang tertera di dalam kolom

5. Klik bagian ‘Cari Data’ di pojok kanan bawah

Atau cara yang paling mudah adalah Cara berikut ini:

Download Aplikasi Bansos Kemensos >> Ketuk Disini

 

Download Aplikasi Cek Bansos

Cek Bansos Kemensos 2023

Cara Daftar DTKS Kemensos

Cek Status Bansos PKH

 

Penutup

Itu dia besaran, tahapan, dan cara cek penerima bansos tunai Januari 2023 yang bisa kamu catat.

Perlu diketahui ada beberapa kriteria penerima manfaat bansos. Jadi jika nama kamu tidak tertulis, kamu bisa menghubungi kator RT/RW.

Semoga informasi yang diberikan bisa bermanfaat, sampai jumpa di artikel lainnya!

***

Bansos BBM 600Ribu 2023 Cair Sekarang

 

13 FAQ tentang “Cara mendapatkan bansos”:

  1. Apa itu bansos? Bansos adalah singkatan dari bantuan sosial, yaitu bantuan yang diberikan oleh pemerintah atau organisasi tertentu untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.
  2. Siapa saja yang berhak menerima bansos? Penerima bansos biasanya adalah masyarakat yang kurang mampu, seperti warga miskin, korban bencana, atau kelompok-kelompok tertentu yang ditentukan oleh pemerintah atau penyelenggara.
  3. Bagaimana cara mendaftar untuk menerima bansos? Proses pendaftaran biasanya berbeda-beda tergantung dari program bansos yang ditawarkan. Umumnya, Anda perlu mendaftarkan diri di instansi terkait atau melalui platform online yang disediakan.
  4. Dokumen apa saja yang diperlukan saat mendaftar bansos? Biasanya diperlukan identifikasi diri seperti KTP, KK, dan dokumen pendukung lainnya yang menunjukkan status ekonomi penerima.
  5. Apakah ada batasan penerima bansos? Ya, biasanya ada kriteria tertentu yang harus dipenuhi oleh calon penerima, seperti batasan pendapatan, status pekerjaan, atau kondisi lainnya.
  6. Bagaimana saya tahu apakah saya terpilih sebagai penerima bansos? Pemberitahuan biasanya akan diberikan melalui surat, SMS, telepon, atau melalui platform online yang digunakan untuk pendaftaran.
  7. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan bansos setelah mendaftar? Waktu tunggu berbeda-beda tergantung pada program dan jumlah pendaftar, namun umumnya bisa berkisar dari beberapa minggu hingga beberapa bulan.
  8. Dalam bentuk apa bansos diberikan? Bansos bisa diberikan dalam bentuk uang tunai, sembako, voucher, atau bentuk bantuan lainnya tergantung program yang ditawarkan.
  9. Apakah bansos dikenakan pajak? Umumnya, bansos tidak dikenakan pajak, namun sebaiknya Anda memeriksa aturan dan regulasi terkait untuk informasi lebih lanjut.
  10. Bisakah saya menerima bansos dari lebih dari satu program? Hal ini tergantung pada aturan masing-masing program. Beberapa program mungkin membatasi penerima agar tidak menerima bansos dari program lain.
  11. Apa yang harus saya lakukan jika saya merasa berhak tetapi tidak mendapatkan bansos? Anda dapat menghubungi instansi yang bertanggung jawab untuk menanyakan status pendaftaran Anda atau mencari informasi lebih lanjut tentang kriteria seleksi.
  12. Bagaimana cara melaporkan penyalahgunaan atau penyelewengan bansos? Jika Anda mengetahui atau mencurigai adanya penyelewengan, Anda bisa melapor ke instansi terkait atau lembaga pengawas yang ada.
  13. Apakah bansos bersifat rutin atau sekali pemberian? Tergantung programnya. Ada bansos yang diberikan secara rutin per bulan atau tahunan, namun ada juga yang bersifat one-off atau sekali pemberian.

Semoga FAQ ini membantu menjawab pertanyaan Anda mengenai cara mendapatkan bansos!