fbpx
cara tepat menghilangkan dehidrasi saat puasa

Begini Cara Tepat Menghilangkan Dehidrasi Saat Puasa

Puasa adalah salah satu bentuk ibadah umat Islam untuk menahan hawa nafsu mulai dari terbit hingga terbenamnya matahari ketika Bulan Ramadan tiba. Saat berpuasa, Anda tentu saja tidak dibolehkan untuk makan dan minum layaknya hari biasa. Inilah yang kemudian membuat banyak orang mencari cara tepat menghilangkan dehidrasi saat puasa supaya tidak lemas.

Penasaran seperti apa cara tepat menghilangkan dehidrasi saat puasa? Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan supaya asupan cairan tubuh tetap terjaga dan ibadah pun lancar.

Minum air putih 8 gelas sehari

cara tepat menghilangkan dehidrasi saat puasa

Menurut para ahli, seorang manusia sebaiknya mengonsumsi air putih sebanyak 2,5 liter per hari atau setara dengan 8 gelas air mineral. Tentu saja, hal ini sangat memengaruhi ibadah puasa yang Anda jalankan karena tidak boleh minum di siang hari. Cara tepat menghilangkan dehidrasi saat puasa adalah menerapkan aturan 2-4-2.

Penerapan aturan 2-4-2 ini artinya, Anda harus minum 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka, dan 2 gelas sebelum tidur atau menjelang sahur. Percayalah, cara tepat menghilangkan dehidrasi satu ini cukup ampuh diterapkan supaya Anda tidak merasa haus meski memiliki aktivitas yang padat saat berpuasa.

Hindari terlalu banyak tidur saat berpuasa

Tak sedikit orang yang beranggapan, bahwa tidur saat berpuasa merupakan salah satu bentuk ibadah. Namun tahukah Anda, saat tidur tubuh juga tetap mengeluarkan cairan. Hal ini sering disebut sebagai insensible water loss atau kehilangan cairan tanpa terasa. Jadi, cara tepat menghilangkan dehidrasi saat puasa adalah menghindari terlalu banyak tidur.

Memperbanyak konsumsi susu dan air kelapa

cara tepat menghilangkan dehidrasi saat puasa

Bukan hanya air putih, susu dan air kelapa juga bisa jadi cara tepat menghilangkan dehidrasi saat puasa. Beberapa penelitian menyebutkan, susu dianggap lebih baik untuk mencegah dehidrasi karena mengandung protein tinggi, kalsium, karbohidrat, dan elektrolit. Sementara air kelapa muda kaya akan isotonic dan elektrolit alami yang ampuh mengatasi dehidrasi.

BACA JUGA  Kebiasaan Buruk Selama Ramadan yang Memicu Penyakit Jantung dan Diabetes

Mengonsumsi berbagai jenis sayur dan buah

Pada dasarnya, cairan bukan hanya bisa diperoleh dari minuman saja. Melainkan juga dari makanan tertentu, seperti sayur dan buah. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memilih makanan yang mengandung cukup air sebagai cara tepat menghilangkan dehidrasi saat puasa.

Menghindari kegiatan di luar ruangan

cara tepat menghilangkan dehidrasi saat puasa

Perlu diketahui, tubuh kehilangan cairan di hari biasa sekitar 1000 – 4.500 milimeter. Hal ini tentu bisa jadi masalah serius ketika Anda berpuasa karena cairan yang hilang tersebut tidak bisa digantikan oleh konsumsi minuman dan makanan. Nah, cara tepat menghilangkan dehidrasi saat puasa adalah hindari kegiatan di luar ruangan karena matahari terik bisa menguras keringat dan memicu dehidrasi.

Memperhatikan jenis obat yang dikonsumsi

Bagi sebagian orang, suplemen vitamin maupun obat-obatan tertentu sangat penting untuk dikonsumsi ketika puasa supaya tubuh tetap prima. Namun Anda harus pastikan, obat dan vitamin yang dikonsumsi tersebut tidak memicu efek samping apapun bagi tubuh. Tentu saja, hal ini merupakan cara tepat menghilangkan dehidrasi saat puasa karena beberapa obat memiliki efek yang membuat Anda ingin buang air terus menerus.

Menghindari makanan asin saat sahur

cara tepat menghilangkan dehidrasi saat puasa

Cara tepat menghilangkan dehidrasi saat puasa selanjutnya adalah menghindari asupan makanan yang terlalu asin saat makan sahur. Ketahuilah, makanan yang mengandung garam tinggi bisa memicu rasa haus hingga akhirnya tubuh menjadi kekurangan cairan. Pasalnya, garam sangat memengaruhi pengaturan cairan dalam tubuh Anda.

Tidak minum kopi dan teh

Apabila Anda seorang pecinta kopi dan teh, sebaiknya kurangi konsumsi kedua jenis minuman tersebut karena bisa memicu dehidrasi pada tubuh. Di samping itu, kafein yang terdapat dalam kopi dan teh bisa membuat Anda sulit tidur sehingga berdampak pada tubuh di siang hari. itulah sebabnya, menghindari kopi dan teh jadi cara tepat menghilangkan dehidrasi saat puasa.

Tidak memaksakan diri untuk melakukan olahraga berat

cara tepat menghilangkan dehidrasi saat puasa

Jika Anda suka berolahraga, cara tepat menghilangkan dehidrasi saat puasa adalah tidak memaksakan diri untuk melakukan jenis olahraga berat, seperti misalnya cardio. Anda cukup melakukan olahraga ringan, seperti jalan kaki di pagi hari atau lari-lari kecil jelang berbuka.

Ketika Anda melakukan olahraga secara teratur, maka tubuh bisa jadi lebih kuat dalam beraktivitas sepanjang hari meski sedang berpuasa. Namun, olahraga yang dilakukan berlebihan bisa jadi bumerang yang merugikan untuk diri Anda. Oleh sebab itu, perhatikan cara tepat menghilangkan dehidrasi saat puasa satu ini supaya tidak mengganggu kelancaran ibadah Anda.

BACA JUGA  Sudah Terbukti! Rempah dan Bumbu Ini Dapat Cegah Kanker

Menyejukkan ruangan dengan menyalakan kipas angin atau AC

Tahukah Anda, udara yang terus bersirkulasi bisa mempercepat penguapan keringat. Dengan menyalakan kipas angin atau AC dalam suatu ruangan bisa membantu memutarkan udara jadi lebih banyak sehingga ruangan tersebut terasa lebih sejuk. Bisa dibilang, cara tepat menghilangkan dehidrasi saat puasa satu ini merupakan yang paling mudah untuk dilakukan.

Bijak dalam memilih pakaian yang digunakan

cara tepat menghilangkan dehidrasi saat puasa

Cara tepat menghilangkan dehidrasi saat puasa dan menghindari rasa panas yang berlebihan adalah bijak memilih pakaian yang digunakan. Ketahuilah, jenis kain, warna, dan lapisan pakaian yang digunakan sangat berperan penting dalam menjaga suhu tubuh Anda yang tengah berpuasa.

Apabila sebagian besar kegiatan Anda dilakukan di dalam rumah, sebaiknya pilih pakaian berwarna gelap. Namun ketika Anda harus keluar rumah, maka pilih pakaian berbahan katun berwarna terang untuk menangkal efek negatif dari sinar matahari. Ini merupakan cara tepat menghilangkan dehidrasi saat puasa yang patut Anda perhatikan.

Menggunakan es batu dan handuk tipis untuk mendinginkan tubuh

Cara tepat menghilangkan dehidrasi saat puasa selanjutnya adalah menggunakan es batu dan handuk tipis pada leher dan juga pergelangan tangan supaya tubuh menjadi lebih dingin. Trik satu ini cocok untuk Anda yang suka berolahraga atau memiliki aktivitas cukup padat di luar ruangan yang jelas lebih rentan mengalami kelelahan ataupun kehausan saat berpuasa.

Meletakkan es batu dalam handuk tipis dan melingkarkannya di leher serta pergelangan tangan selama dua menit ternyata cukup ampuh untuk mengurangi risiko dehidrasi. Pasalnya, kedua area tersebut merupakan titik nadi, di mana pembuluh darah berada tepat di dekat permukaan kulit sehingga mampu mentransfer suhu dingin ke seluruh tubuh.

Cara tepat menghilangkan dehidrasi saat puasa yang bisa Anda coba berikutnya adalah meletakkan handuk yang telah direndam air sejuk pada area sekitar pangkal kepala dan leher sekitar 5-10 menit. Di area ini pula terdapat banyak pembuluh darah sehingga bisa membantu tubuh menjadi lebih dingin dan terhindar dari dehidrasi.

Demikian tadi beberapa cara tepat menghilangkan dehidrasi saat puasa. Percayalah, ketika Anda menerapkan cara-cara tersebut di atas, maka rasa haus yang kerap dirasakan ketika berpuasa bisa berkurang secara signifikan. Dengan begitu, risiko dehidrasi pun jauh lebih kecil. Selamat mencoba, ya!

Tentang nezzumia

Check Also

tips nggak kalap saat berbuka

Tips Nggak Kalap Saat Berbuka Agar Bentuk Tubuh Tetap Ideal

Pada dasarnya, cobaan puasa yang paling besar bukan pada rasa lapar dan haus yang dirasakan, …