fbpx
tips nggak kalap saat berbuka

Tips Nggak Kalap Saat Berbuka Agar Bentuk Tubuh Tetap Ideal

Pada dasarnya, cobaan puasa yang paling besar bukan pada rasa lapar dan haus yang dirasakan, melainkan saat waktu berbuka tiba. Di momen inilah sebenarnya kita diuji sejauh mana mampu bertahan agar tidak langsung melahap habis semua makanan di meja. Jika Anda mudah tergoda, maka Anda membutuhkan tips nggak kalap saat berbuka agar kesehatan tetap terjaga.

Penasaran apa saja tips nggak kalap saat berbuka yang wajib Anda terapkan demi mendapatkan kesehatan dan bentuk tubuh yang ideal meski Ramadan telah usai? Berikut beberapa di antaranya.

Mengatur asupan nutrisi ketika sahur

tips nggak kalap saat berbuka

Perlu Anda ketahui, menyantap makanan saat sahur berperan cukup penting. Salah satunya agar Anda tidak merasa lapar berlebihan di pertengahan hari. Oleh sebab itu, Anda harus mengatur asupan nutrisi saat sahur dengan cara mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang yang ternyata merupakan tips nggak kalap saat berbuka.

Pastikan Anda mengonsumsi karbohidrat, protein, serat, vitamin, dan mineral yang cukup untuk tubuh. Keragaman nutrisi yang masuk ke dalam tubuh Anda akan bertahan lebih lama dalam pencernaan sehingga membantu menekan rasa lapar. Percayalah, tips nggak kalap saat berbuka satu ini sangat mujarab dan patut dicoba.

Memenuhi kebutuhan air minum dengan baik supaya tidak dehidrasi

Tips nggak kalap saat berbuka selanjutnya adalah memastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi setiap harinya. Caranya mudah kok, Anda hanya perlu memperbanyak asupan air putih ketika sahur dan berbuka. Dengan demikian, metabolisme tubuh akan berfungsi baik dan tidak memicu keadaan lapar secara berlebihan saat waktu berbuka tiba.

Membuat takjil dan makanan sendiri

tips nggak kalap saat berbuka

Tips nggak kalap saat berbuka yang paling mudah dilakukan adalah masak sendiri takjil maupun hidangan untuk berbuka di rumah. Anda bisa menyesuaikan variasi, porsi, dan komposisi gizi supaya lebih seimbang sekaligus sehat.

Jika Anda berburu takjil dalam kondisi perut kosong, bisa dipastikan Anda bakal memborong setiap penjual makanan yang dilewati. Hal semacam ini berujung pada keinginan makan yang membuncah karena sayang jika harus membuang makanan yang telah dibeli tersebut.

Di samping itu, jangan lupa untuk membawa uang tunai secukupnya saat terpaksa harus membeli takjil. Tujuannya untuk menghindari lapar mata dan ingin membeli segala jenis penganan. Ketika makanan yang dibeli tidak terlalu banyak, maka Anda pun tak akan kalap untuk menyantapnya.

BACA JUGA  Kebiasaan Buruk Selama Ramadan yang Memicu Penyakit Jantung dan Diabetes

Selalu membatalkan puasa dengan segelas air putih dan kurma

Ketika mendengar lantunan adzan berkumandang, Anda harus segera minum segelas air putih atau mengonsumsi makanan yang kaya cairan. Pastikan, asupan tersebut mengandung rendah lemak dan gula alami untuk mendukung kebutuhan energi tubuh. Hal semacam ini merupakan salah satu tips nggak kalap saat berbuka yang patut Anda lakukan.

Hati-hati dalam mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gula buatan. Jangan pernah berlebihan saat menyantapnya karena justru bisa meningkatkan kalori dalam tubuh. Beberapa minuman yang bisa jadi pilihan terbaik Anda saat berbuka selain air putih adalah susu, jus buah, ataupun smoothies tanpa pemanis selain beberapa buah kurma.

Memang sih, Anda akan sedikit kesulitan melakukan tips nggak kalap saat berbuka tersebut. Apalagi jika sudah melihat segarnya es buah di depan mata. Namun ingatlah, segala sesuatu yang berlebihan pasti memiliki dampak yang kurang baik. Oleh sebab itu, cukup batalkan puasa dengan air dan kurma mulai dari sekarang.

Ketahuilah, air mampu menetralisir lambung yang selama sehari penuh dalam keadaan kosong karena Anda berpuasa. Sementara kurma bakal menggantikan sejumlah energi yang terbuang secara cepat. Dengan demikian, nafsu makan Anda bisa turun sementara dan keinginan balas dendam setelah berpuasa sehari penuh pun berkurang secara signifikan.

Memilih makanan yang gampang dicerna oleh tubuh

tips nggak kalap saat berbuka

Setelah tidak mengonsumsi makanan ataupun minuman jenis apapun selama kurang lebih 12 jam, sistem pencernaan tubuh Anda perlu bersiap terlebih dulu. Apabila Anda hendak menyantap makanan yang telah tersaji di meja, sebaiknya pilih makanan yang lembut dan gampang dicerna. Misalnya seperti pepaya, alpukat, atau sayuran yang dikukus.

Tips nggak kalap saat berbuka ini sangat praktis karena Anda hanya perlu menyediakan buah yang kaya cairan, energi, vitamin, dan mineral. Bukan hanya buah, Anda juga bisa menyantap hidangan sup dengan rasa yang tak terlalu tajam sehingga aman bagi lambung.

Mengendalikan diri ketika akan makan besar

Tips nggak kalap saat berbuka yang paling penting adalah mengendalikan diri. Setiap negara pasti memiliki menu makan besar yang berbeda sesuai kebudayaan masing-masing, begitu juga dengan masyarakat Indonesia.

Oleh sebab itu, Anda harus memastikan menu berbuka yang disajikan di meja makan bersama keluarga tidak hanya didominasi karbohidrat dan lemak jenuh saja. Sertakan juga sayuran, buah, dan makanan berbahan hewani yang diolah dengan garam, gula, serta lemak secukupnya. Jangan lupa, sediakan asupan ini lebih besar daripada karbohidrat sederhana demi menjaga berat badan, tekanan darah, dan juga kadar gula.

BACA JUGA  Jangan Abai, Ini 7 Risiko Konsumsi Makanan Pedas Saat Sahur dan Berbuka

Menyikat gigi setelah membatalkan puasa

Menyikat gigi setelah membatalkan puasa  Siapa sangka, menyikat gigi setelah minum segelas air untuk sekadar membatalkan puasa bisa jadi tips nggak kalap saat berbuka. Dengan cara ini, Anda dijamin mampu menahan godaan untuk makan lebih banyak karena adanya sensasi mint yang berasal dari pasta gigi.

Siapa sangka, menyikat gigi setelah minum segelas air untuk sekadar membatalkan puasa bisa jadi tips nggak kalap saat berbuka. Dengan cara ini, Anda dijamin mampu menahan godaan untuk makan lebih banyak karena adanya sensasi mint yang berasal dari pasta gigi.

Makan perlahan dan tidak terburu-buru

Tips nggak kalap saat berbuka puasa di Bulan Ramadan berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah makan secara perlahan dan tidak terburu-buru. Ketahuilah, makan secara perlahan bisa menstimulasi tubuh Anda sehingga merasa lebih cepat kenyang.

Pada dasarnya, makan terlalu cepat dan terburu-buru hanya akan membuat Anda mengonsumsi lebih banyak porsi makanan dari yang seharusnya. Hal ini disebabkan tubuh tak sempat menyadari, bahwa makanan telah masuk ke dalam perut. Oleh sebab itu, Anda patut memperhatikan tips nggak kalap saat berbuka satu ini secara seksama.

Mengelola mindset

tips nggak kalap saat berbuka

Sejatinya, semua tips nggak kalap saat berbuka yang telah dijabarkan di atas tak akan pernah berhasil jika Anda tidak bisa mengubah mindset. Pastikan Anda memiliki kegigihan dan kontrol diri yang baik untuk tidak makan secara berlebihan. Sebaiknya, buang jauh pikiran bahwa Anda tidak akan merasa kenyang sebelum makan nasi atau makan dalam porsi besar.

Di samping itu, Anda tidak boleh goyah dalam sekali coba. Sebab, tubuh baru akan menyesuaikan pola makan sekaligus rasa lapar dalam 4-5 hari. Apabila Anda menyerah di hari kedua, maka tips nggak kalap saat berbuka tersebut tak akan pernah membuahkan hasil karena Anda harus mengulangnya dari awal.

Olahraga setelah makan

Perlu Anda pahami, menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadan bukan berarti Anda tidak boleh berolahraga. Namun ingat, olahraga yang dijalankan pun harus benar-benar olahraga yang tidak berintensitas tinggi atau menguras tenaga terlalu banyak. Tips nggak kalap saat berbuka ini benar-benar mudah untuk dilakukan.

Anda cukup melakukan jalan kaki usai makan besar, seperti mengitari pekarangan rumah. Bahkan, salat juga bisa dijadikan alternatif olahraga yang sehat. Pada dasarnya, puasa hanya menyediakan sedikit waktu untuk makan sehingga Anda harus memberi asupan yang bermanfaat bagi kesehatan, bukan sekadar mengutamakan selera saja.

Jadi, jangan lupa untuk selalu menerapkan tips nggak kalap saat berbuka puasa di atas supaya tubuh tetap sehat, ya!

Tentang nezzumia

Check Also

nyeri haid

Yuk, Hindari 10 Makanan dan Minuman Ini Agar Terbebas dari Nyeri Haid

Setiap menjelang atau selama menstruasi, Anda pasti pernah merasakan nafsu makan yang meningkat dari hari …