Cek Bansos Kemensos 2022, Syarat dan Cara Dapat Bantuan Sampai Rp10 Juta!

LiputanTimes.com – Lewat Kementerian Sosial Republik Indonesia, pemerintah akan kembali memberikan bantuan yang bisa kamu cek bansos Kemensos 2022 secara online.

Cek bansos Kemensos 2022 secara online tersebut bisa dilakukan untuk mengetahui apakah kamu sudah terdaftar sebagai penerima manfaat bantuan sosial dari pemerintah.

Jika setelah cek bansos Kemensos 2022 dan nama kamu atau anggota keluarga terdaftar, kamu bisa mendapat bantuan langsung dari pemerintah hingga Rp10 juta.

Namun tentunya untuk bisa mendapatkan bantuan, kamu harus memenuhi persyaratan dan target Kemensos sebagai penerima manfaat.

 

BACA JUGA  Buruan Cek Daftar Bantuan Rp1 Juta dari Pemerintah untuk Pelajar SD, SMP, SMA dan Mahasiswa, Yuk Cari Tahu Cara Ceknya

 

Persyaratan Penerima Bansos Kemensos 2022

Di tahun 2022 ini, Kementerian Sosial Republik Indonesia sudah menyiapkan dana sebesar Rp28,7 triliun untuk membantu rakyat miskin di Indonesia.

Menargetkan lebih dari 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dengan bantuan ini pemerintah berharap rakyat miskin bisa menikmati berbagai layanan sosial.

Bantuan sosial tahun 2022 ini akan diberikan oleh pemerintah untuk anak-anak berusia dini, pelajar SD hingga SMA, ibu yang sedang hamil, lansia, dan penyandang disabilitas.

Satu KPM bisa melakukan pencairan hingga 4 kali oleh anggota keluarga yang berbeda dengan jumlah bantuan maksimal senilai Rp10,8 juta.

 

Cara Cek Penerima Bansos Kemensos 2022

Untuk cek penerimaan bansos, kamu membutuhkan koneksi internet dan sebuah perangkat komputer atau ponsel. Selain itu, kamu hanya perlu mempersiapkan KTP kamu.

Setelah semuanya disiapkan, kamu perlu mengikuti langkah-langkah mudah berikut.

  1. Kunjungi laman resmi Kemensos di link cekbansos.kemensos.go.id
  2. Pilih provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa tempat kamu tinggal sesuai KTP
  3. Masukan nama kamu sebagai Penerima Manfaat di kolom yang disediakan
  4. Lakukan proses verifikasi dengan memasukkan 8 huruf yang tersedia ke dalam boks
  5. Tekan kolom Cari Data
  6. Jika terdaftar, nama kamu akan muncul

Untuk pencairan bantuannya sendiri akan dibagi menjadi empat tahap dari Januari – Maret, April – Juni, Juli – Agusturs, dan Oktober – Desember.

 

BACA JUGA  Mau Bantuan Usaha 100 Juta Dari Pak Jokowi? Ini Caranya!

 

Penutup

Itu dia persyaratan dan cara cek bansos Kemensos 2022 yang bisa kamu catat untuk memastikan jika kamu masuk ke dalam daftar KPM.

Bansos akan dikirimkan oleh pemerintah secara tunai melalui bank-bank yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

Semoga informasi yang diberikan bisa bermanfaat, sampai jumpa di artikel lainnya!

 

***