fbpx
Opp A37
GSM Arena

Oppo A37 – Spesifikasi dan Harga Ponsel 2016 yang Berhenti Diproduksi

LiputanTimes.com – Oppo beberapa lama ini resmi menghentikan produksi handset, asesoris, dan spare part untuk Oppo A37.

Oppo A37 sudah ikut meramaikan pasar gadget Indonesia untuk sekian lama sebagai ponsel kelas menengah yang dibanderol seharga sekitar 2 juta rupiah ketika pertama rilis.

Lima tahun kemudian, Oppo A37 pun sudah crash ke harga sekitar 500-700 ribu rupiah karena teknologi dan spesifikasinya pun sudah ketinggalan zaman.

Lalu seperti apa spesifikasinya? Apakah A37 masih layak dibeli sebagai ponsel cadangan atau darurat ataukah ada alternatif lain pada price point tersebut? Langsung saja, berikut lengkapnya.

BACA JUGA  4 Fitur Andalan OPPO A95 yang Mendarat di Kelas Menengah Indonesia

Spesifikasi Oppo A37

Oppo A37 tergolong HP yang tangguh, frame dan backplatenya terbuat dari alumunium dan layarnya sudah dilengkapi dengan Gorilla glass 4 bawaan.

Dimensi HP ini adalah 143,1 x 71 x 7,7 mm dengan monitor 5 inci yang menutupi 67,8% permukaan depannya. Bobotnya pun cukup ringan, hanya sekitar 136 gram.

A37 ditenagai oleh prosesor Snapdragon 410 quad core dan sistem operasinya masih menggunakan Android 5.1 (Lollipop) sedangkan memorinya menggunakan konfigurasi 16/2 GB RAM.

Kapasitas baterainya cukup tinggi pada masanya, yaitu 2.630 mAh yang tahan selama sekitar 4,5 sampai 5 jam jika digunakan terus-menerus.

BACA JUGA  4 OPPO Find X3 Resmi Dirilis, Ini Spek Singkat dan Harganya

Perbandingan Oppo A37 dengan Ponsel Seharga

Harganya yang sekitar 500-700 ribu membuat ponsel ini sangat sulit bersaing dengan model-model terbaru.

Meski begitu, kita masih bisa membandingkan A37 dengan ponsel lainnya dengan harga setara. Salah satu ponse dengan spesifikasi yang serupa adalah Redmi 3s.

Redmi 3s adalah perbandingan yang baik. Ponsel ini memiliki spesifikasi yang cukup serupa, dan yang terpenting dirilis bersamaan dengan A37, yaitu pada Juni 2016.

Uniknya, ternyata A37 kalah dari segi spesifikasi dengan 3s memiliki kapasitas baterai yang lebih besar (4.100 mAh), RAM (3GB), dan Android 6.0.1 (Marshmallow).

Jika dilihat di berbagai situs jual beli online, harganya pun tidak jauh berbeda dari A37, yaitu sekitar 500-700 ribu rupiah.

BACA JUGA  5 Hp Oppo Paling Dicari Saat Ini

Penutup

Setelah 5 tahun berlalu, siapa sangka spesifikasi yang begitu menarik dari A37 pun sudah tergerus zaman.

Meski begitu, ponsel ini masih bisa kalian beli, tergantung tujuannya. Terutama belakangan ini pandemi Covid-19 menuntut anak-anak sekolah untuk memiliki ponsel masing-masing.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi yang sedang mempertimbangkan ponsel baru. Sampai jumpa lagi diartikel-artikel gadget berikutnya.

***