fbpx

Jangan Keburu Beli, Ini Beda Samsung Galaxy S21 dan S21 FE

Seperti kabar yang banyak beredar jika Samsung telah merilis perangkat baru untuk Galaxy S yakni Samsung Galaxy S21 dan Samsung Galaxy S21 FE. Bahkan pabrikan asal negeri ginseng tersebut telah mengumumkan secara resmi untuk varian “FE” atau Fans Edition ke pasar Indonesia.

Sebenarnya, varian ponsel ini adalah opsi termurah dari Galaxy S21 itu sendiri yang telah lebih dulu meluncur pada awal tahun 2021 di Tanah Air. Bahkan perangkat yang masih menjadi misteri tersebut dijanjikan hadir dengan harga cukup terjangkau dibandingkan dengan Galaxy S21 regulernya. Perbedaan keduanya bukan saja dari segi harga, tetapi spesifikasinya pun layak untuk diperhitungkan kembali apabila ingin memilih salah satu diantara keduanya.

Perbedaan Samsung Galaxy S21 dan Samsung Galaxy S21 FE

Harga

Perbedaan dari segi harga, Galaxy S21 FE akan dijual dengan banderol 749 euro, atau setara dengan Rp 12 juta untuk versi RAM/ROM 8/128 GB dan mulai tersedia pada 11 Januari 2022 yang artinya tidak lama lagi. Jelas berbeda dengan Galaxy S21 yang hadir lebih dulu dengan harga Rp. 13 juta (8 / 128 GB) dan Rp 14 juta (8 / 256 GB).

Desain

Berikutnya perbedaan juga bisa dilihat dari segi desain, yang pada faktanya kedua flagship tersebut memang mempunyai sejumlah perbedaan aspek. Misalnya saja, bodi pada Samsung Galaxy S21 FE  nampak masih mengadopsi konsep Contour-Cut Frame yang serupa dengan terdapat pada modul kamera Galaxy S21. Selain itu, S21 FE juga hadir dengan bodi sedikit lebih bongsor apabila dibandingkan dengan Galaxy S21.

Akan tetapi untuk ketebalan dua perangkat tersebut tetaplah sama, yakni 7,9 mm. Selain itu perbedaan lain terletak pada usungan layarnya, Samsung Galaxy S21 FE terlihat lebih besar dengan 6,4 inci. Sedangkan Galaxy S21 reguler dengan 6,2 inci.

Kamera

Samsung memangkas spesifikasi di bagian sektor fotografi pada Galaxy S21 FE, terutama pada konfigurasi kamera telephoto yang diusung. Samsung Galaxy S21 FE dilengkapi kamera telephoto beresolusi 8 MP (f/2.4) mendukung 30x space zoom.

BACA JUGA  HP Android Rp 3 Jutaan Ini Andalkan Baterai 7.000 mAh

Lain halnya dengan Samsung Galaxy S21 yang memang lebih unggul dari sektor forografi berkat kehadiran kamera telephoto 64 MP (f/2.0) lengkap dengan dukungan 3x hybrid zoom. Bahkan resolusi kamera depan yang dimiliki oleh Galaxy S21 terbilang tinggi dengan 32 MP, sedangkan S21 FE hanya dibekali dengan kamera selfie 10 MP.

Chipset dan RAM

Sama halnya dengan Samsung Galaxy S21, varian Fan Edition juga mengandalkan prosesor chip buatan Samsung sendiri, yakni Exynos 2100 yang menggunakan teknologi fabrikasi 5 nm. Pada Galaxy S21 FE, Samsung menyediakan RAM dengan pilihan dan penyimpanan 8 GB/ 128 GB dan 8 GB/ 256 GB, yang tidak jauh beda dengan varian Galaxy S21.

Baterai dan software

Dari segi baterai dan software, kali ini Samsung Galaxy S21 FE di akui lebih unggul berkat baterai 4.500 mAh. Tentu saja kapasitas daya tersebut lebih besar apabila dibandingkan Galaxy S21 yang hanya 4.000 mAh. Dibagian software juga, S21 FE menjalankan sistem operasi Android 12 yang dibalut dengan antarmuka One UI 4.

Nah, dari beberapa perbedaan di atas mungkin anda mulai tercengang. Mungkin ingin memiliki Samsung Galaxy S21 FE setelah melihat keunggulan pada segi baterai dan software. Bagi anda yang telah memiliki Galaxy S21 tidak perlu khawatir, karena Samsung sudah mulai merakit OS terbaru tersebut melalui pembaruan sistem bersamaan dengan One UI 4. Beberapa fitur pendukung pada Galaxy S21 FE cukup serupa dengan Galaxy S21 yang meliputi sertifikasi anti-debu dan air atau (IP68) , serta NFC untuk kemudahan dalam mengisi uang elektronik.