Mobil Terbakar di Tengah Jalan, Warga Padamkan Api Pakai Air Banjir

LiputanTimes.com – Mobil terbakar sebabkan kemacetan pada hari Minggu (02/01/2022) malam pukul 22.00 di Lhoksukon, Aceh Utara.

Ironisya, mobil terbakar pada saat terjadi musibah banjir setinggi lutut orang dewasa yang menutupi sebagian besar ruas jalan.

Kejadian mobil terbakar langsung viral dalam waktu sehari setelah videonya diunggah oleh pengguna TikTok @putribungsu_95 dan mendapat lebih dari 190 ribu tontonan hingga sekarang.

Bagaimana kronologi kejadiannya dan apa penyebab terbakarnya mobil tersebut? Ikuti terus artikel ini untuk berita lengkapnya.

BACA JUGA  Alasan Haru Pria Lulusan S-2 Ini Tinggalkan Pekerjaan dan Pilih Jualan Balon, Padahal Dulu Manager

Mobil Terbakar di Tengah Banjir Aceh

Video viral tersebut diambil oleh sesama pengendara mobil yang mengantre di belakang mobil yang tiba-tiba terbakar.

Dalam video terlihat warga dan pihak kepolisian bergotong royong untuk memadamkan mobil terbakar tersebut dengan air banjir yang melimpah di tengah jalan.

Terlihat pula warga menggunakan peralatan seadanya berupa ember dan bahkan tangan kosong, yang digunakan untuk menciduk air banjir dan menyiramkannya ke arah mobil.

Setelah sudah cukup dingin, mobil tersebut didorong oleh warga ke tempat yang lebih aman agar tidak terus menyebabkan macet.

BACA JUGA  5 Cara Mencegah iPhone Cepat Panas Biar Makin Awet

Dugaan Penyebab Kebakaran Mobil

Dugaan penyebab kebakaran mobil sementara adalah air banjir yang menyebabkan korsleting atau hubungan arus pendek pada sirkuit mobil.

Ada pula dugaan lain menyebutkan radiator mobil tidak berfungsi dengan baik dan menyebabkan overheating, atau kepanasan.

“Di depan kami ada mobil Avanza yang ngegas-ngegas mobilnya, suara knalpotnya besar. Tiba-tiba ada suara ledakan besar dan mengelarkan api dari depan mobil tersebut,” jelas seorang saksi.

Untungnya, kejadian kali ini tidak menyebabkan korban jiwa karena pengemudi Avanza tersebut juga langsung menyelamatkan diri dan anaknya begitu mesinnya mengeluarkan api.

BACA JUGA  Banjir Air Mata! Video Viral Ibu Hadiri Wisuda Gantikan Anaknya yang Sudah Meninggal

Penutup

Terlepas dari ada atau tidaknya air di sekitar mobil, salah satu faktor yang menyebabkan kebakaran ini terjadi adalah terbakarnya mesin mobil tersebut.

Kejadian serupa bisa dihindari dengan selalu memperhatikan kondisi mesin dan indikatornya ketika berkendara, juga dengan melakukan perawatan rutin dan service di bengkel-bengkel terpercaya.

Semoga informasi ini menyadarkan kita akan pentingnya merawat mesin kendaraan bermotor, sampai jumpa lagi di artikel-artikel viral berikutnya.

***