penyebab bau mulut selama puasa

Penyebab Bau Mulut Selama Puasa Beserta Cara Mencegah dan Menghilangkan

Menahan rasa lapar dan haus ketika puasa di Bulan Ramadan kerap mengakibatkan munculnya bau mulut yang mengganggu penampilan. Namun tak bisa dipungkiri, puasa dan bau mulut jadi dua hal yang agaknya sulit dipisahkan. Meski telah melakukan berbagai upaya pencegahan, penyebab bau mulut selama puasa tetap harus diketahui dan dibasmi supaya tidak kembali.

Penyebab bau mulut selama puasa Ramadan secara umum

Ternyata, ada beberapa hal yang jadi penyebab bau mulut selama puasa, antara lain:

Kebersihan gigi yang tidak terjaga dengan baik

penyebab bau mulut selama puasa

Makanan yang menyangkut di sela gigi dan tidak dibersihkan dengan baik bisa membusuk sehingga jadi penyebab bau mulut selama puasa. Jika kondisi satu ini tidak segera Anda tangani secara tepat, sela gigi yang penuh sisa makanan tersebut bisa memicu timbulnya bakteri berbahaya dan menyebabkan gigi berlubang.

Kondisi mulut yang terlalu kering

Salah satu penyebab bau mulut selama puasa yang paling sering terjadi adalah kondisi mulut yang terlalu kering. Tentu saja ini wajar terjadi karena saat berpuasa, mulut tidak akan tersentuh air sekitar 13 jam. Kondisi ini bisa semakin parah karena gerakan lidah benar-benar terbatas sehingga produksi air liur turut berkurang. Alhasil, fungsi pembersihan gigi jadi kurang maksimal.

Salah memilih makan saat sahur dan berbuka

penyebab bau mulut selama puasa

Apabila Anda mengonsumsi menu sahur dan berbuka yang mengandung terlalu banyak bawang putih ataupun bawang Bombay, maka risiko terjadinya bau mulut bisa lebih tinggi. Penyebab bau mulut selama puasa ini harus benar-benar Anda hindari. Selain itu, jangan mengonsumsi terlalu banyak makanan asin, manis, ataupun goreng ketika buka puasa dan sahur.

Mikroorganisme dalam mulut dan usus

Apabila Anda tidak menerapkan pola makan yang sehat dan tepat ketika berpuasa, termasuk mengatur jenis menu sekaligus porsi makanan yang dikonsumsi, maka perkembangan mikroorganisme di dalam mulut dan usus bisa saja terjadi dengan cepat. Kondisi ini yang kemudian jadi penyebab bau mulut selama puasa. Bahkan memicu asam lambung menjadi tidak stabil.

BACA JUGA  Tips Bergaya Hidup Sehat dan Tampil Cantik di Bulan Ramadan

Kebiasaan merokok saat sahur dan berbuka

penyebab bau mulut selama puasa

Siapa sangka, kebiasaan merokok ketika sahur dan berbuka juga bisa jadi penyebab bau mulut selama puasa. Hal ini disebabkan rokok mengandung jutaan zat berbahaya yang di antaranya mampu membentuk partikel kecil yang gampang tersangkut di kerongkongan dan paru-paru. Bukan itu saja, kebiasaan merokok ini juga meningkatkan risiko kanker dan penyakit jantung.

Tips mencegah dan menghilangkan penyebab bau mulut selama puasa

Berikut ini ada beberapa tips paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah sekaligus menghilangkan penyebab bau mulut selama puasa, di antaranya:

Menjaga kebersihan mulut dan gigi selama berpuasa

penyebab bau mulut selama puasa

Anda sangat disarankan untuk menyikat gigi sekaligus membersihkan mulut seperti biasa selama menjalankan ibadah puasa. Hal ini bertujuan untuk mengusir segala penyebab bau mulut selama puasa. Ketika menyikat gigi, tak ada lagi sisa makanan sahur ataupun berbuka yang tertinggal dan jadi sarang berkembangnya bakteri dalam mulut Anda.

Mengonsumsi air dengan volume yang cukup

Pastikan Anda meminum air antara 8-10 gelas sehari ketika buka puasa dan sahur untuk meminimalkan timbulnya penyebab bau mulut selama puasa. Segelas air yang Anda konsumsi mampu membantu meningkatkan produksi air liur di dalam mulut sehingga kebersihannya tetap terjaga.

Bukan hanya untuk mengusir penyebab bau mulut selama puasa, minum sekitar 8 gelas air juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh ketika berpuasa. Dijamin, Anda bisa tetap segar sembari melakukan rutinitas sehari-hari.

Memilih jenis makanan yang tepat untuk mencegah bau mulut

penyebab bau mulut selama puasa

Sebaiknya, konsumsi sayur dan buah ketika sahur maupun berbuka puasa. Sebab, sayur dan buah bisa membuat mulut Anda terasa segar setelah berpuasa sehari penuh. Jika mungkin, konsumsi buah yang mengandung banyak air, seperti semangka dan melon sehingga penyebab bau mulut selama puasa tidak menghantui Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi yogurt karena terbukti mampu mengatasi bakteri penyebab bau mulut selama puasa. Namun, pastikan Anda memilih yogurt plain supaya kadar gula dalam tubuh tetap stabil.

Rajin berkumur supaya mulut tetap bersih dan segar

Rajin berkumur dengan cara yang tepat merupakan salah satu trik mengusir penyebab bau mulut selama puasa. Namun pastikan, Anda tidak menelan air ketika berkumur agar puasa tidak batal di tengah jalan.

Selain menggunakan air biasa, Anda juga boleh berkumur dengan obat kumur atau mouthwash. Akan tetapi, pilih produk obat kumur yang tidak mengandung alkohol. Sebaiknya, pilih produk yang mengandung antiseptik untuk membantu membersihkan mulut. Sebab, antiseptik bisa dimanfaatkan untuk membunuh kuman sekaligus bakteri penyebab bau mulut selama puasa.

BACA JUGA  Jangan Abai, Ini 7 Risiko Konsumsi Makanan Pedas Saat Sahur dan Berbuka

Meninggalkan kebiasaan merokok

penyebab bau mulut selama puasa

Ketika Anda tengah fokus menjalankan ibadah puasa Ramadan, sebaiknya kurangi atau tinggalkan kebiasaan merokok karena bisa memicu masalah pada kesehatan gigi dan mulut. Rokok bisa jadi penyebab bau mulut selama puasa karena rokok mampu menjadikan rongga mulut Anda terasa lebih kering.

Bukan itu saja, penyebab bau mulut selama puasa ini juga mengandung nikotin yang melekat di sekitar gigi dan berubah menjadi plak yang menimbulkan bau mulut. Tak cukup sampai di situ, rokok juga bisa meningkatkan risiko pada gusi.

Jangan malas berolahraga

Tentu saja, puasa di Bulan Ramadan tidak bisa dijadikan alasan bagi Anda untuk tidak berolahraga. Ketahuilah, olahraga bisa jadi cara paling tepat untuk menghilangkan penyebab bau mulut selama puasa. Sebab, olahraga sama artinya dengan memaksa tubuh untuk bergerak sekaligus mengeluarkan racun yang ada di dalamnya.

Ketika racun dari dalam tubuh Anda berhasil keluar, maka penyebab bau mulut selama puasa pun turut lenyap. Sebab, mulut kembali netral dari gas-gas negatif yang merugikan.

Namun, Anda tak boleh sembarangan melakukan olahraga untuk menghilangkan penyebab bau mulut selama puasa ini. Lakukan saja olahraga ringan di dalam rumah sebelum waktu berbuka tiba sekitar 15-20 menit saja.

Bukan hanya mengurangi penyebab bau mulut selama puasa, berolahraga ringan secara rutin bisa membuat tubuh terasa bugar untuk menjalankan seluruh rangkaian ibadah di Bulan Ramadan.

Mengonsumsi buah jeruk segar

penyebab bau mulut selama puasa

Di samping kaya akan vitamin C, buah jeruk juga bisa meningkatkan produksi air liur yang sangat berperan dalam mengusir bakteri penyebab bau mulut selama puasa. Buah yang dikenal mengandung banyak vitamin C ini juga sangat Anda butuhkan demi menjaga kesehatan gigi dan gusi yang rentan bermasalah.

Demikian tadi beberapa penyebab bau mulut selama puasa beserta tips paling tepat untuk mengatasinya. Jadi ingat ya, Anda tak boleh malas menjaga kebersihan gigi dan rongga mulut supaya napas tetap segar di segala kesempatan.

Apabila masalah ini tak kunjung usai setelah Anda mencoba cara-cara di atas, maka sudah saatnya pergi ke dokter. Hal ini dikarenakan penyebab bau mulut selama puasa juga bisa hadir karena adanya gangguan pencernaan, seperti maag atau gangguan pernapasan.

 

Tentang nezzumia

nezzumia

Check Also

cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami

7 Cara Menghilangkan Bau Mulut Selamanya Secara Alami dan Praktis

Salah satu indikator penampilan yang menarik dan memesona adalah napas segar dan tubuh bebas dari …