fbpx
cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami

7 Cara Menghilangkan Bau Mulut Selamanya Secara Alami dan Praktis

Salah satu indikator penampilan yang menarik dan memesona adalah napas segar dan tubuh bebas dari bau tak sedap. Apabila mulut mengeluarkan bau yang busuk, tentu bisa memengaruhi aspek sosial siapa saja, tak terkecuali Anda. Oleh sebab itu, tak sedikit orang yang penasaran dengan cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami dan praktis.

Dalam bahasa medis, bau mulut dikenal sebagai halitosis yang terkenal jadi musuh utama dalam dunia pergaulan. Bukan tidak mungkin jika Anda dijauhi banyak orang hanya karena memiliki bau mulut yang beraroma kurang sedap. Dengan kondisi mulut yang bau, tentu ada rasa sungkan untuk bicara sehingga cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami adalah jalan keluarnya.

cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami

Tahukah Anda, masalah bau mulut ini ternyata dialami sebagian besar penduduk dunia yang disebabkan karena kurang menjaga kebersihan mulut. Bukan itu saja, bau mulut juga kerap jadi pertanda buruk adanya gangguan kesehatan di dalam tubuh seseorang. Inilah mengapa cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami perlu dilakukan.

Namun sayangnya, bau mulut terkadang tak disadari oleh penderitanya. Sebab itulah, Anda juga patut mengetahui apakah mulut mengeluarkan bau tidak sedap. Cara mengetahuinya cukup mudah, yaitu dengan menjilat pergelangan tangan dan membiarkannya kering. Apabila Anda mencium aroma tidak sedap, maka besar kemungkinan Anda mengalami masalah bau mulut.

Nah, sebelum Anda mengetahui cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami yang akan kita bahas di bawah ini, coba ketahui dulu apa sih penyebab utama masalah ini.

Penyebab bau mulut tak sedap yang mengganggu penampilan

cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami

Sebelum mengetahui cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami dan permanen, ketahui dulu berbagai faktor penyebabnya berikut ini.

Kesehatan mulut dan gigi yang tidak terjaga

Tahukah Anda, kebersihan mulut yang kurang terjaga dengan baik bisa mengakibatkan napas berbau. Apalagi, sisa-sisa makanan yang melekap pada gigi dan gusi bisa berubah menjadi senyawa berbau menyengat karena bakteri anaerob dalam mulut sehingga cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami adalah solusi terbaik.

Ada beberapa jenis bakteri gram-negatif yang jadi penyebab bau mulut, seperti misalnya Centipeda periodontii, Prevotella melaninogenica, Fusobacterium periodonticum, dan Poorphyromonas gingivalis. Selain itu, ada juga Prevotella intermedia, Bacteroides loescheii, Porphyromonas endodontalis, dan lain sebagainya.

BACA JUGA  10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik yang Wajib Dicoba

Bakteri-bakteri tersebut yang menjadikan Anda harus mencari cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami. Sebab jika tidak, bakteri tersebut bisa menyebabkan pembentukan plak sekaligus senyawa berbau. Apalagi jika makanan yang Anda konsumsi mengandung tinggi protein dan juga sulfur.

Makanan dan minuman yang dikonsumsi

Perlu Anda ketahui, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang ternyata bisa jadi pemicu munculnya bau mulut sehingga Anda harus mencari cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami. Salah satunya adalah makanan berkadar sulfur tinggi seperti bawang merah dan juga bawang putih. Itulah sebabnya, kedua bahan tersebut sebisa mungkin harus Anda hindari.

Begitu juga dengan kopi dan alkohol yang dinilai mampu merangsang aktivitas bakteri penyebab bau dalam mulut. Percayalah, lebih baik mencegah daripada Anda nantinya harus repot mencari cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami, bukan?

Apabila Anda mengalami halitosis dan sedang bingung mencari cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami, sebaiknya batasi juga konsumsi makanan tinggi protein. Baik itu ikan, daging, telur, dan lain sebagainya. Sebab, protein dan karbohidrat merupakan nutrisi yang paling disukai oleh bakteri. Jika tidak dibersihkan, sisa makanan ini bisa berupa menjadi senyawa volatile sulfur compounds penyebab bau mulut tak sedap.

Cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami

Setelah mengetahui beberapa penyebab terjadinya bau mulut, berikut ini ada 7 cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi masalah tersebut.

Activated charcoal

cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami

Bubuk arang aktif atau activated charcoal kerap digunakan sebagai pasta gigi untuk mendapatkan gigi putih sekaligus senyum berkilau. Namun siapa sangka, jika activated charcoal ini juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami dan permanen.

Cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami dengan bantuan activated charcoal mudah kok. Siapkan saja setengah sendok teh activated charcoal dan juga sikat gigi bersih. Balurkan bubuk arang tersebut secara merata pada sikat sebelum Anda menyikat gigi. Kemudian, kumur menggunakan air bersih hingga seluruh bubuk tersebut hilang.

Gunakan cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami dengan activated charcoal ini minimal dua kali seminggu hingga bau napas tak sedap benar-benar hilang. Anda bisa membeli bahan satu ini di beberapa toko online ataupun marketplace.

Kumur menggunakan cuka apel

Cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami yang paling mudah adalah berkumur menggunakan cuka apel yang telah dicampur air. Caranya mudah kok, Anda hanya perlu menyiapkan 1-2 sendok makan cuka apel dan juga segelas air tentunya.

BACA JUGA  Penyebab Bau Mulut Selama Puasa Beserta Cara Mencegah dan Menghilangkan

Kemudian, tuang dan campurkan kedua bahan tersebut ke dalam gelas. Gunakan untuk berkumur selama 3-5 menit di pagi dan malam hari sebagai cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami. Setelah itu, bilas mulut dengan berkumur menggunakan air biasa hingga benar-benar bersih.

Cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami satu ini akan membuat napas Anda segar seketika. Jangan lupa lakukan secara rutin supaya mendapat hasil yang permanen.

Minyak kelapa

cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami

Ternyata, bahan dapur satu ini sudah sejak lama digunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami sekaligus perawatan kecantikan tubuh. Demi mendapatkan napas segar dan bebas dari bakteri penyebab bau, sediakan satu sendok makan minyak kelapa dan gunakan untuk berkumur sekitar 5-10 menit, lalu buang. Setelah itu, bilas mulut menggunakan air hangat sampai bersih.

Garam Epsom

Mencampurkan segelas air hangat dengan sedikit garam Epsom juga bisa jadi cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami. Bahkan, garam Epsom diketahui bersifat anti-bakteri dan penghilang racun berbahaya dalam tubuh.

Cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami dengan garam Epsom sangat mudah. Ambil satu sendok teh garam tersebut, campur dengan segelas air hangat untuk dijadikan cairan berkumur.

Jahe

cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami

Bukan sekadar untuk mengobati tenggorokan yang sakit, air perasan jahe juga bisa dijadikan cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami. Parut saja jahe secukupnya, lalu campur parutan tersebut dengan air supaya Anda mendapatkan jus alami jahe. Campurkan lagi dengan segelas air hangat untuk dipakai berkumur.

Lakukan cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami ini setelah makan. Tidak perlu melakukannya setiap hari, cukup sesekali saja dalam beberapa hari hingga napas kembali segar.

Daun mint dan parsley

Cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami berikutnya adalah menggunakan daun mint dan juga parsley. Siapkan saja beberapa lembar daun mint dan dua sendok makan parsley serta secangkir air di dalam blender. Haluskan semua bahan tersebut sekitar dua menit, setelah itu masukkan ke dalam sebuah botol menggunakan saringan.

Ramuan tradisional ini bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami. Tuangkan satu sendok makan dan campur dengan air untuk membilas mulut yang bau secara rutin setiap hari.

Demikian tadi beberapa cara menghilangkan bau mulut selamanya secara alami yang bisa Anda coba untuk membantu mengembalikan kepercayaan diri Anda. Jika bau mulut tak kunjung hilang, segera konsultasi dengan dokter untuk mendapat penanganan terbaik.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci
cara menghilangkan bau mulut untuk selamanya

Tentang nezzumia

Check Also

penyebab bau mulut selama puasa

Penyebab Bau Mulut Selama Puasa Beserta Cara Mencegah dan Menghilangkan

Menahan rasa lapar dan haus ketika puasa di Bulan Ramadan kerap mengakibatkan munculnya bau mulut …