fbpx

Alasan Pengguna iPhone Lebih ‘Setia’ Daripada Android!

Dalam industry smartphone saat ini ada dua sistem operasi yang menjadi idaman banyak pengguna, yakni Android dan iOS. Untuk sistem operasi iOS ini secara khusus hanya digunakan oleh perangkat iPhone besutan Apple saja, namun untuk OS android ini bisa digunakan oleh berbagai brand smartphone di seluruh dunia.

Meskipun secara kasat mata jumlah pengguna hp android ini lebih banyak dibandingkan iPhone, namun ternyata mereka ini tidak sesetia para pengguna ponsel besutan milik Apple tersebut. Hal ini dibuktikan dalam sebuah survey yang dilakukan oleg lembaga Consumer Intelligence Research Partner (CIRP) selama empat tahun terakhir.

Dan hasilnya loyalitas dari pengguna hp android ini telah menurun, sementara untuk kesetiaan pengguna iPhone ini justru mengalami peningkatan secara perlahan. Pada kuartul II tahun 2021 ini misalnya, dalam hasil riset yang dilakukan oleh CIRP tersebut telah menunjukkan jika loyalitas dari pengguna iPhone ini berada di angka 93 persen, sementara untuk pengguna android mencapai 88 persen.

Dengan begini maka bisa diartikan, jika 93 persen pengguna iPhone ini bakal tetap memilih perangkat dari Apple jika nantinya mereka akan membeli ponsel baru. Sementara untuk pengguna hp android ini kemungkinan hanya 88 persen saja yang akan tetap memilih android, sementara sisanya bakal pindah ke OS lain.

Alasan Pengguna iPhone Lebih ‘Setia’ Daripada Android! liputantimes.com

Dalam riset yang dilakukan oleh CIRP ini dilakukan pada April 2021 sampai Juni 2021 yang diikuti oleh 500 responden secara online. Tentu hasil ini menunjukkan bahwa situasi telah terbalik dibandingkan pada tahun 2017 lalu, yang mana tingkat kesetiaan pengguna android mencapai 91 persen dibandingkan iPhone yang hanya 86 persen saja.

Sebuah survey lain yang dilakukan oleh situs jual beli ponsel SellCell juga mengungkapkan jika tingkat kesetiaan pengguna smartphone dengan merek ponsel ini berbeda-beda. Sebuah survey yang dilakukan pada 5.000 partisipan di Amerika Serikat menunjukkan jika loyalitas pengguna iPhone ini sangatlah tinggi, dimana mencapai 92 persen.

Sementara itu di periode yang sama pengguna hp android dari vendor Samsung ini mengalami penurunan menjadi 74 persen, dengan begini menunjukkan  jika sebagian besar pengguna hp Samsung bakal memiliki merek lain ketika membeli ponsel baru. Adapun sebanyak 53 persen pengguna Samsung ini mengatakan jika mereka tertarik untuk pindah e iPhone.

BACA JUGA  5 Aplikasi Edit Foto Background Merah Untuk Pengguna Android

Selain Samsung, pengguna hp android lainnya juga tidak terlalu setia salah satunya adalah pengguna Pixel. Dimana pengguna ponsel besutan Google ini mengalami penurunan loyalitas menjadi 65,2 persen saja ditahun 2021.

Sementara itu vendor lain yang pernah Berjaya dulu seperti Motorola dan LG juga memiliki nasib buruk, mereka hanya memiliki loyalitas dari para pengguna sebesar 71 persen dan juga 62,6 persen. Salah satu alasan kenapa konsumen beralih pada merek lain ini ada kaitanya dengan privasi, dimana pengguna hp Samsung beralih ke iPhone karena alasan tersebut.