layar hp susah digerakkan

Layar HP Susah Digerakkan? Ikuti 10 Trik Ini

Tentunya, penting bagi pengguna untuk mengetahui langkah-langkah mengatasi masalah layar HP yang tidak responsif. Layar sentuh pada HP seringkali mengalami berbagai kendala, salah satunya adalah ketidakresponsifan yang membuat pengguna kesulitan dalam mengoperasikan perangkat.

Masalah ini dapat muncul karena berbagai faktor, di antaranya adalah ketidakmampuan layar sentuh HP untuk merespons perintah pengguna. Ketika layar tidak bisa disentuh, pengguna akan mengalami kesulitan dalam menjalankan fungsi-fungsi dasar perangkat, yang membuatnya menjadi cukup merepotkan.

Penyebab Layar Hp Susah Digerakkan

Penting bagi pengguna untuk memahami penyebab umum ketidakresponsifan layar HP. Salah satunya adalah adanya debu atau cairan yang menempel pada permukaan layar, yang dapat mengganggu responsivitas layar sentuh.

Selain itu, penggunaan charger palsu atau tidak bermutu juga dapat menjadi penyebab lainnya. Charger yang tidak asli cenderung memberikan output daya yang tidak stabil, yang dapat mengakibatkan gangguan pada responsivitas layar sentuh.

Untuk mengatasi masalah ini, pengguna perlu memiliki pemahaman yang baik mengenai cara memperbaiki layar HP yang tidak bisa disentuh. Langkah-langkah perbaikan tersebut perlu diterapkan dengan cermat agar masalah dapat diatasi secara efektif dan layar HP kembali berfungsi dengan baik.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan selengkapnya di bagian berikut tentang cara mengatasi masalah layar HP yang tidak bisa disentuh atau mengalami ketidakresponsifan.

Selain itu, ketidakresponsifan layar HP dapat disebabkan oleh kerusakan komponen di bagian dalam perangkat. Hal ini seringkali terjadi akibat penggunaan yang kurang hati-hati, seperti HP terjatuh atau tertekan.

Penyebab lain dari ketidakmampuan layar HP untuk merespons sentuhan adalah adanya bug pada sistem perangkat lunak. Selain itu, pemasangan screen guard atau lapisan pelindung layar yang tidak sesuai juga dapat menjadi faktor penyebab ketidakresponsifan layar.

BACA JUGA  Smartphone Baru Tak Perlu Lagi Dicas 8 Jam Dulu Sebelum Dipakai

Dengan mengetahui beberapa penyebab tersebut, kita dapat lebih memahami mengapa layar HP menjadi tidak bisa disentuh. Untuk mengatasi permasalahan ini, berikut adalah penjelasan lengkap tentang cara memperbaiki layar HP yang tidak bisa disentuh secara mudah dan praktis.

Cara Mengatasi Layar Hp Susah Digerakkan

Cara mengatasi layar HP yang tidak bisa disentuh ternyata cukup sederhana, tergantung pada faktor penyebab masalah tersebut. Ada beberapa metode yang dapat dilakukan oleh pengguna untuk mengatasi ketidakresponsifan layar HP.

Salah satu cara yang dapat dicoba adalah membersihkan layar HP dari debu atau cairan yang menempel. Debu atau cairan ini dapat mengganggu responsivitas layar sentuh, sehingga membersihkannya dengan kain lembut dan non-korosif dapat membantu mengatasi masalah ini.

Jika masalah disebabkan oleh perangkat lunak, pengguna dapat mencoba melakukan restart pada HP atau masuk ke Safe Mode pada HP Android. Ini dapat membantu mengidentifikasi apakah masalahnya terkait dengan perangkat lunak atau tidak.

Beberapa cara praktis lainnya untuk mengatasi layar HP yang tidak bisa disentuh antara lain:

1. Bersihkan Permukaan Layar HP

Seperti yang sudah dibahas diatas, langkah pertama yang bisa dilakukan pengguna adalah membersihkan layar HP dari debu atau cairan dengan menggunakan kain yang lembut dan tidak bersifat korosif.

Langkah sederhana Ini diyakini membantu memulihkan responsivitas sentuhan layar seperti semula.

membersihkan-layar-handphone

2. Lepas Screen Guard

Melepas screen guard yang terpasang juga dapat menjadi solusi. Meskipun screen guard melindungi layar dari goresan, terkadang ketebalannya dapat menghambat responsivitas layar. Melepaskannya bisa menjadi langkah untuk memperbaiki masalah tersebut.

3. Hubungkan HP ke Charger Jika Daya Rendah

Layar HP yang tidak responsif dapat disebabkan oleh daya HP yang rendah. Ketika daya HP turun di bawah 10 persen, responsivitas layar seringkali terganggu.

Jika layar tidak responsif karena daya rendah, pengguna dapat mencoba mengisi daya HP dengan menghubungkannya ke charger. Setelah diisi daya, coba lagi untuk menggunakan layar HP.

4. Jangan biarkan HP Kepanasan

Suhu panas berlebih dapat mengganggu kinerja layar HP. Jika HP terlalu panas, responsivitas layar biasanya menurun.

Pengguna disarankan untuk menghindari paparan HP pada suhu panas yang berlebihan, misalnya dengan menggunakan HP di tempat yang sejuk atau memberikan istirahat saat penggunaan berat.

BACA JUGA  4 OPPO Find X3 Resmi Dirilis, Ini Spek Singkat dan Harganya

5. Restart HP

Salah satu cara yang efektif untuk mengatasi masalah layar HP yang tidak bisa disentuh adalah dengan melakukan restart. Restart dapat menyegarkan sistem HP yang mungkin mengalami gangguan, memungkinkan layar untuk kembali responsif.

Pengguna dapat mematikan HP dengan menekan tombol power, menunggu beberapa saat, dan kemudian menyalakan kembali dengan menekan tombol power.

6. Selalu Gunakan Charger Asli

Penting untuk memastikan bahwa anda selalu menggunakan charger asli, karena penggunaan charger yang tidak resmi dapat memengaruhi responsivitas layar.

Untuk memeriksa apakah masalahnya terkait dengan charger, pengguna dapat mencoba mengisi daya HP menggunakan charger yang berbeda-beda. Jika layar tetap tidak responsif, sebaiknya beralih ke charger resmi dari pabrikan HP.

ilustrasi-charger-hp

7. Masuk ke Safe Mode

Jika layar HP terus mengalami masalah ketidakresponsifan, pengguna dapat mencoba mengatasi dengan memasuki Safe Mode pada HP Android. Safe Mode memungkinkan perangkat berjalan dengan aplikasi dan layanan bawaan, tanpa melibatkan aplikasi pihak ketiga.

Hal ini dapat membantu mengidentifikasi apakah masalah disebabkan oleh aplikasi yang baru diunduh. Untuk masuk ke Safe Mode, tekan tombol power hingga muncul opsi mati, lalu tekan dan tahan opsi “Matikan” hingga muncul pilihan Safe Mode.

Jika layar berfungsi normal di Safe Mode, kemungkinan ada masalah dengan aplikasi pihak ketiga yang perlu dihapus.

8. Lakukan Factory Reset HP

Jika semua upaya sebelumnya tidak berhasil, pengguna dapat mempertimbangkan melakukan factory reset pada HP. Langkah ini akan mengembalikan perangkat ke pengaturan pabrik, menghapus semua data pengguna.

Proses ini dapat dilakukan melalui menu “Setelan” > “Tentang Telepon” > “Setel Ulang Pabrik” > “Hapus Data”. Sebelum melakukan factory reset, disarankan untuk mencadangkan data yang penting.

9. Update Sistem Operasi

Perbarui sistem operasi HP ke versi terbaru yang mungkin mencakup pembaruan perangkat lunak untuk mengatasi masalah layar. Pengguna dapat melakukan pembaruan perangkat lunak melalui menu “Pembaruan Perangkat Lunak” di pengaturan HP.

10. Bawa ke Tempat Servis Terpercaya

 Jika semua langkah di atas tidak memberikan solusi, dan masalah layar tidak bisa disentuh terus berlanjut, sebaiknya bawa HP ke tempat servis terpercaya.

Layar yang mengalami kerusakan fisik atau masalah teknis yang lebih kompleks mungkin memerlukan perhatian ahli untuk perbaikan atau penggantian komponen.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pengguna dapat mencoba mengatasi sendiri masalah layar HP yang susah digerakkan. Namun, jika semua upaya tersebut tidak berhasil, konsultasikan dengan profesional di tempat servis untuk solusi lebih lanjut.