fbpx

Viral! Ratusan Burung Pipit Mati di Area Pekuburan Bali! Ini Fakta-Faktanya!

Hari Kamis, sebuah video yang diunggah di jejaring sosial Facebook mendadak viral karena kontennya yang tidak biasa. Di dalam video berdurasi singkat ini, terlihat ratusan burung pipit tergeletak dan banyak yang mati.

Video yang menjadi viral ini diunggah oleh Kadek Sutika, seorang warga Desa Pering, Kecamatan Blahbatu, Gianyar Bali. Fenomena tidak biasa ini diabadikan Kadek Sutika ketika ia hendak pergi bekerja.

Tidak heran kalau video yang diunggah oleh Kadek Sutika ini langsung mencuri perhatian. Pasalnya, burung pipit yang tergeletak di video tersebut terbilang sangat banyak, bahkan terkesan menyedihkan.

Kenapa kematian ratusan burung pipit ini bisa terjadi? Apa sebetulnya fenomena yang melatarbelakangi kejadian misterius ini? Berikut informasi selengkapnya.

 

Video Diunggah Jam 8 Pagi dan Langsung Tersebar di Berbagai Media

 

 

Seperti yang diungkap sebelumnya, video misterius ini diunggah Kadek Sutika ketika ia hendak berangkat bekerja. Berdasarkan pemaparan yang diberikan, video ini diunggah di bawah jam 08.30 pagi.

Tidak berapa lama, video yang diunggah oleh Kadek Sutika ini viral dan tersebar ke berbagai jejaring sosial. Selain itu, beberapa media nasional pun sempat mengangkat fenomena ini.

Awalnya, Kadek Sutika melihat beberapa orang anak yang membawa burung pipit di tangan mereka. Karena penasaran, dirinya menghampiri sumber keanehan tersebut dan melihat ratusan burung pipit tergeletak di sana.

 

Burung Pipit Bersarang di Pohon Asem Sudah Beberapa Hari

Sumber foto: areahewan.com

Dari keterangan yang diberikan oleh Kadek Sutika, burung pipit memang banyak yang bersarang di area pekuburan. Tepatnya, di atas pohon Asem besar di tengah pekuburan.

Ditambahnya lagi, burung-burung ini baru sekitar lima hari menetap di pohon asem tersebut dan pada hari Kamis lalu tiba-tiba banyak yang tergeletak dan mati di area pekuburan.

BACA JUGA  Tabrak Kakek Nenek Pemuda Ngebut Malah Dipuji Netizen, Ada Apa?

Di malam sebelumnya, hujan lebat sempat mengguyur wilayah setempat termasuk di area pekuburan. Burung-burung yang tergeletak dan mati pun hampir semuanya basah kuyup.

 

Tanggapan Dinas BKSDA Setempat Mengenai Fenomena Aneh Ini

 

Setelah informasi ini tersebar, warga bergotong royong menguburkan ratusan burung pipit yang mati secara misterius ini. Beberapa sampel burung yang mati pun ada yang dibawa ke laboratorium untuk diteliti lebih lanjut.

Menurut Kepala Bidang Kesehatan Jewan dan Kedehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian Gianyar, kesimpulan sementara kematian burung pipit ini dikarenakan perubahan cuaca.

Hujan yang sangat deras menyebabkan tekanan udara rendah dan burung-burung ini menjadi enggan mencari tempat lain untuk berteduh. Akibatnya, banyak yang basah kuyup, kedinginan, lalu mati.

 

Sumber Berita

https://www.merdeka.com/peristiwa/viral-burung-pipit-berjatuhan-di-gianyar-warga-kubur-ratusan-bangkai.html

https://news.detik.com/berita/d-5717286/kesaksian-perekam-video-viral-burung-burung-pipit-berjatuhan-di-bali/