Bingung Microsoft Office Versi Web dan Desktop? Ini Penjelasannya

Nama Microsoft Office tentunya sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang, khususnya untuk mereka yang berkecimpung di dunia perkantoran maupun dunia pendidikan. Microsoft Office ini merupakan sebuah perangkat lunak yang menampung berbagai aplikasi perkantoran yang umum digunakan, seperti menulis teks, mengolah data, membuat presentasi hingga bisa digunakan untuk mengirim email.

Pada umumnya Microsoft Office ini akan di install di perangkat PC atau laptop, namun sebenarnya aplikasi ini sendiri juga bisa digunakan tanpa di install dengan cara mengakses online yakni melalui laman office.com. Hanya saja kelemahannya jika anda menggunakan cara ini maka harus selalu terhubung ke internet agar bisa menjalankannya, tentu hal ini bakal cukup merepotkan jika tiba-tiba internet mengalami gangguan saat pekerjaan belum selesai.

Namun dengan menggunakan Microsoft Office versi web ini anda diberi kemudahan yakni bisa mengaksesnya kapanpun dan dimanapun serta memiliki fungsi yang sama layaknya Office versi offline. Meskipun serupa namun keduanya tentu berbeda, dan perbedaan ini paling mencolok adalah cara mengakses kedua layanan tersebut.

Untuk bisa menikmati layanan Microsoft Office secara offline maka anda haruslah menginstall aplikasi tersebut kedalam perangkat PC maupun laptop terlebih dahulu. Anda pun juga diharuskan untuk membeli lisensi resminya untuk bisa menjalankan semua fitur keren yang disediakan, jika anda tidak membelinya pun juga tidak masalah karena aplikasi ini masih bisa dijalankan untuk keperluan seadanya.

Sementara untuk Microsoft Office versi web atau online ini, maka anda bisa mengaksesnya secara gratis melalui aplikasi browser yang ada baik menggunakan Chrome dan lain sebagainya tanpa harus membeli lisensi terlebih dahulu. Sebagai gantinya maka anda perlu login terlebih dahulu menggunakan akun Microsoft sebelum bisa mengakses layanan Microsoft Office secara online tersebut, tanpa menggunakan akun ini anda tidak akan bisa mengaksesnya nanti.

Tidak hanya melalui PC saja, namun layanan Microsoft Office ini sekarang juga sudah bisa anda akses melalui perangkat smartphone. Meskipun lebih mudah, namun untuk fitur yang diberikannya pun juga sangat terbatas, berbeda dengan versi desktop yang dibekali dengan fitur yang sangat lengkap.

BACA JUGA  Cara Hapus Akun Kredivo dengan Mudah dan Praktis

Nah yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, apa perbedaan dari Microsoft Office versi web dengan versi desktop tersebut ? perbedaan yang paling mencolok tentu terdapat pada cara akses yang sudah dibahas diatas tadi, dimana untuk web anda harus terhubung ke internet, sementara secara offline anda harus menginstallnya terlebih dahulu. Namun masih ada perbedaan lain yang mungkin belum anda ketahui.

Berikut ini perbedaan fitur yang ada didalam tiga aplikasi Microsoft Office yang sering kali digunakan yakni Microsoft Word, Excel, dan Power Point yang perlu anda ketahui.

Microsoft Word

Microsoft Word ini adalah sebuah program pengolah kata yang masuk dalam kategori Microsoft Office, dimana aplikasi ini biasa digunakan untuk menulis dokumen, laporan, dan lain sebagainya. Dalam Ms.Word versi web ini anda bisa membuka seluruh dokumen Word yang dibuat dengan aplikasi Microsoft Word desktop verso 2.0 atau versi yang paling baru.

Dalam mode melihat dokumen saja (View Mode) maka format file yang mendukung pada versi Web ini adalah docx, doc, docm, dotm, dotx, dan juga odt. Sementara dalam Mode Edit maka format yang didukung diantaranya docx, doc yang dikonversikan kedalam format docx, docm, dan juga odt.

Namun kelemahannya, untuk aplikasi Microsoft Word versi web ini tidak bisa anda gunakan untuk membuka atau mengedit dokumen yang memiliki format pdf. Sementara untuk Microsoft Word versi desktop ada banyak fitur yang tidak akan anda temui seperti pada versi web yang bisa anda simak pada tabel dibawah ini:

Microsoft Excel

Untuk aplikasi kedua adalah Microsoft Excel yang merupakan software pengolah angka dari Microsoft Office. Untuk Ms. Excel versi web ini bisa anda gunakan untuk membuka seluruh dokumen Microsoft Excel yang dibuat pada aplikasi versi desktop Excel 97 atau versi yang lebih baru.

Nah dalam Microsoft Excel versi Web dalam View Mode, format file yang mendukung dalam Microsoft Excel ini diantaranya adalah xlsx, xlsb, xls, xlsm, dan juga ods. Sementara dalam Edit Mode ini format yang didukung diantaranya adalah xlsx, xlsb, xls yang dikonversikan dulu ke xlsx, xlsm, dan juga ods.

BACA JUGA  Kumpulan Desain Bingkai Ekslusif Sambutan Ramadhan 1444H

Masih saja aplikasi Microsoft Excel versi web ini memiliki kelemahan, dimana anda tidak bisa menggunakan untuk membuka ataupun mengedit file dengan format xlt dan xltx. Sementara beberapa fitur yang tidak anda temui dalam Microsoft Excel versi desktop bisa anda simak dibawah ini:

Microsoft OneNote

Microsoft OneNote versi web ini bisa anda gunakan untuk membuka seluruh dokumen OneNote yang dibuat dengan aplikasi Microsoft OneNote versi 2010 ataupun versi yang lebih baru. Dalam View Mode dan Edit Mode aplikasi ini bisa digunakan untuk membuka file berformat one nantinya.

Sementara dalam Microsoft OneNote versi desktop, berikut sejumlah fitur yang tidak akan anda temui diantaranya:

Microsoft PowerPoint

Untuk aplikasi Microsoft PowerPoint versi web ini bisa anda gunakan untuk membuka file yang dibuat pada aplikasi Microsoft PowerPoint desktop versi 97 maupun versi yang lebih baru. Dalam View Mode, aplikasi Microsoft PowerPoint versi web ini bisa anda gunakan untuk membuka file dengan format pptx, ppsx, ppt, pps, pot, potx, pptm, potm, pps, dan juga odp.

Sementara untuk Edit Mode pada Microsoft PowerPoint versi web ini bisa digunakan untuk membuka file dengan format pptx, ppsx, ppt, odp, ataupun pps yang dikonversikan dalam format pptx maupun ppsx. Sementara kelemahannya Microsoft PowerPoint versi web ini tidak bisa anda gunakan untuk membuka file dengan format ppa dan juga ppam nantinya.

Dan berikut ini sejumlah fitur yang tidak akan anda temukan dalam Microsoft PowerPoint versi desktop diantaranya:

Dengan ulasan diatas tadi, diharapkan anda kini bisa memahami perbedaan kedua layanan dari Microsoft PowerPoint baik versi desktop maupun web. Dengan begini maka anda tidak hanya sekedar menggunakannya saja, namun lebih dari itu paham mengenai sejumlah fitur yang tidak tersedia pada kedua versi aplikasi tersebut.