Skala Linier Google Form; Cara Membuat Jenis Pertanyaan

Skala Linier Google Form

 

Untuk memahami apa itu skala linier Google form, Anda mungkin perlu terlebih dahulu mengetahui apa saja pengertiannya menurut para ahli. Kemudian, baru Anda baru bisa memahami cara membuat, fungsi dan apa saja yang Anda perlukan untuk membuat Google form.

Dalam artikel ini, akan membahas seputar skala linier Google form dengan lengkap. Pertama, mulai dari pengertiannya, kedua cara membuat, dan ketiga jenis serta tipe pertanyaanbyang cocok untuk Anda gunakan di Google form.

Pengertian Skala Linier Menurut Para Ahli

Dalam hal pengertian skala linier Google form menurut para ahli, ada beberapa ahli yang mengemukakan pendapat.  Oleh karena itu, untuk memperkaya pengetahuan, Anda perlu menyimak pemaparan para ahli di bawah ini;

1.    Menurut Sugiyono (2009)

skala linier Google form dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu skala rasio dan skala interval. Skala interval memiliki jarak antar titik skala yang sama, sedangkan skala rasio memiliki titik nol yang dapat Anda gunakan untuk mengukur perbandingan. Sehingga, skala linier dapat Anda gunakan dalam berbagai format seperti bagan, tabel, dan grafik.

2.    Kerlinger & Lee (2000)

Pada tahun 2000, Kerlinger dan Lee mendefinisikan bahwa skala linier sebagai skala pengukuran hasil pengukuran jarak antara setiap titik pada skala tersebut adalah sama.

3.    Suharsimi Arikunto (2010 dan 2017)

Suharsimi Arikunto memberikan dua pengertian tentang skala linier Google form ini. Arikunto pada tahun 2010 menyatakan bahwa skala linier adalah skala pengukuran yang diklasifikasikan menjadi skala interval dan skala rasio, setiap titik pada skala memiliki arti dan jarak, serta dapat diukur secara numerik.

Sedangkan pada tahun 2017 Arikunto kembali berpendapat bahwa skala linier adalah jenis skala pengukuran yang mengukur suatu variabel dengan menggunakan angka berurutan pada setiap titik pada skala tersebut.

Tujuan Skala Linier di Google Forms Untuk Bisnis

Skala linier Google form untuk bisnis adalah jenis sistem peringkat yang menggunakan angka untuk mengukur emosi, kepuasan, sikap, dan persepsi. Sedangkan istilah skala numerik linier yang dikenal dengan sistem peringkat keseluruhannya dari 0 hingga 5 bintang, dengan 5 bintang sebagai yang terbaik untuk menilai berbagai hal dari film hingga restoran.

Meski tidak hanya untuk bisnis, akan tetapi Anda mungkin juga terbiasa dengan pertanyaan skala linier dari survei telepon layanan pelanggan. Pertanyaan ini memberikan angka yang sesuai dengan persepsi Anda tentang kualitas layanan

BACA JUGA  Begini Cara Mengubah TV Analog Agar Bisa Tangkap Siaran TV Digital

Dalam bisnis, skala linier Google form adalah dasar untuk Net Promoter Score. Metode ini mengukur kepuasan pelanggan dengan menanyakan, “Seberapa besar kemungkinan Anda merekomendasikan [merek] kepada teman atau kolega?” Konsumen akan memilih angka dari nol yang berarti sangat tidak mungkin, hingga angka 10 berarti sangat mungkin.

Jika Anda perlu memahami pendapat karyawan, klien baru atau yang sudah ada, klien, dan grup lain tentang layanan atau bisnis Anda secara keseluruhan, skala linier adalah cara mudah untuk melakukannya. Selama praktik terbaik Anda ikuti, responden dapat dengan mudah menjawab pertanyaan berskala linier, membuka jalan bagi fondasi berbasis data yang solid untuk membangun bisnis Anda.

Cara Membuat Survei Online dengan Google Forms

Setelah memahami pengertian skala linier Google form secara umum, cobalah untuk belajar membuat survei online dengan teori skala linier. Bagaimana langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk cara buat survey online? Simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Pertama, masuk terlebih dahulu ke form.google.com dengan akun Google Anda.
  2. Kemudian, masukkan judul formulir dan deskripsi survei yang akan Anda lakukan. Anda dapat mengubah teks “Untitled form” menjadi judul yang Anda inginkan lalu selanjutnya masukkan deskripsi.
  3. Setelah itu, Anda dapat menambahkan pertanyaan dan mengatur jenis jawaban. Silakan untuk mengklik tombol tambah untuk menambahkan pertanyaan. Buatlah pertanyaan yang mudah orang lain mengerti. Misalnya jika Anda ingin menanyakan tingkat pendidikan terakhir responden, maka Anda dapat menggunakan pilihan ganda dengan opsi jenjang pendidikan yang tersedia. Akan tetapi jika pertanyaan seputar kepuasan pelanggan maka gunakanlah skala linier Google form.
  4. Jika Ada pertanyaan lainnya, masukkan pertanyaan Anda di kolom Pertanyaan dan pilih jenis jawaban yang Anda inginkan.
  5. Kemudian tekan tombol tambah jika Anda ingin menambahkan jawaban lain lagi.
  6. Setelah itu, klik tombol kirim untuk membagikan formulir. Jika formulir dirasa cukup, Anda dapat menekan tombol kirim dan mengirimkannya melalui media sosial, email, atau menyalin URL dan menyematkannya di halaman web Anda.
  7. Lihat tanggapan dari responden survei Google Form. Semua respons atau tanggapan dari survei Google Formulir online dapat Anda lihat di halaman tanggapan.

Jenis Pertanyaan Google Formulir

Google Formulir memiliki sembilan jenis pertanyaan yang dapat Anda gunakan dalam bidang teks, gambar, dan video. Skala  linier Google form hanya salah satunya. Maka dari itu, Anda cukup klik opsi atau kolom yang Anda inginkan di tampilan menunya maka akan muncul jenis pertanyaannya.

1. Jawaban Singkat

Jawaban singkat sangat bagus untuk pertanyaan yang memerlukan jawaban singkat, seperti nama, alamat, email untuk penilai, dll. Selain itu, fitur ini juga lengkap dengan sistem validasi teks yang mengukur panjang teks, dan ekspresi yang umum Anda gunakan dalam email atau tautan.

2. Paragraf

Fitur ini sangat ideal jika Anda menginginkan penjelasan atau jawaban yang panjang dan detail. Sama halnya dengan kolom jawaban singkat, fitur ini memiliki sistem validasi data yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

3. Pilihan Ganda

Kolom jawaban ini dapat Anda gunakan bila ingin responden memilih salah satu jawaban yang tersedia. Responden juga dapat menavigasi ke bagian lain berdasarkan jawaban atau opsi yang mereka pilih. Misalnya pada survei pemesanan acara, survei disertasi, dll. adalah contoh formulir yang cocok untuk penggunaan pilihan ganda atau skala linier Google form.

BACA JUGA  Redeem Code MPL Season 8 2021, Bisa Untuk skin, EXP, dan diamond

4. Kotak Centang

Mirip dengan kolom pilihan ganda, kotak centang memungkinkan Anda membuat daftar tanggapan sehingga sebanyak mungkin responden dapat memberikan suara. Selain itu, kolom ini juga berisi sistem validasi data, yang memungkinkan responden untuk memilih opsi dalam jumlah tetap.

5. Menu Jawaban Dropdown

Jika Anda ingin pilihan jawaban yang beragam dalam satu bentuk, atau jika Anda ingin opsi jawaban lompat atau acak seperti pilihan ganda, kolom ini cocok untuk Anda. Daftar dropdown Google form juga membantu menjaga formulir tetap ringkas ketika sudah banyak pilihan jawaban yang tersedia.

6. Skala Linier

Opsi skala linier Google form dapat Anda gunakan untuk respons dalam rentang numerik tertentu. Opsi ini memungkinkan Anda mengatur skala dari 0 hingga 12. Selain angka, emoji juga bisa Anda gunakan untuk mengukur kepuasan atau ekspresi tertentu.

7. Multiple Choice Grid

Pilihan ini berupa tabel baris, dan pada setiap baris akan meminta responden untuk memilih range jawaban yang diberikan. Tipe jawaban ini seperti kombinasi tipe jawaban pilihan ganda dan skala linier.

8. Tanggal Dan Waktu

Tanggal dapat digunakan jika Anda ingin mengajukan pertanyaan khusus tentang kapan harus menjadwalkan acara atau aktivitas. Ingatlah untuk menyesuaikan pengaturan tanggal dan waktu di akun Google Anda sesuai dengan lokasi dan waktu acara Anda.

9. Berkas atau File

Selain teks, emoji, dan angka, Anda juga dapat menyertakan file seperti gambar dan video dalam formulir survei. Anda dapat menggunakan file yang tersimpan di gadget pribadi Anda atau mengambil foto secara gratis melalui Google Search atau Google Drive.

Kelebihan Google Formulir

Survei online yang telah menjamur tersebut memiliki beberapa kelebihan yang menarik banyak pengguna untuk menggunakannya. Apa saja manfaat atau kelebihan dari Google form bagi penggunanya? Berikut ini manfaat menggunakan Google Formulir adalah:

1. Mudah Anda Gunakan

Seperti yang telah Anda ketahui, software ini sangat mudah untuk Anda atau pengguna lain gunakan. Jika Anda mengalami kendala, maka terdapat banyak tutorial penggunaannya. Sebaiknya tonton dulu video tutorialnya agar tidak kewalahan saat baru memulai. Di internet informasi tentang skala linier Google form dan opsi jawaban lain juga lengkap.

2. Mudah Dibagikan

Keuntungan selanjutnya adalah Anda dapat dengan mudah membagikan software ini kepada informan. Mengklik tombol Kirim atau Kirim mengirim tautan formulir yang Anda buat langsung ke responden atau penyedia informasi yang telah Anda pilih.

3. Lihat Data Dari Responden yang Berbeda

Tampilan data yang terkumpul dari responden dapat Anda tampilkan dalam berbagai format. Kumpulan data tersebut dapat Anda lihat dalam bentuk bagan, atau bahkan dalam gaya spreadsheet. Jika Anda skala linier Google form maka hasil survei juga dapat tampil dalam bentuk emoji.

4. Gratis

Keuntungan lainnya adalah Google Forms adalah produk gratis yang boleh masyarakat manfaatkan kapan saja. Dengan kata lain, jika menggunakan software ini, maka Andabtidak perlu mengeluarkan biaya untuk pembuatan bahan survei. Jadi Anda tidak perlu menghitung anggaran setiap kali menggunakan Google Forms. Sangat menyenangkan, bukan?

Penutup

Google form akan membantu Anda dalam memahami keinginan publik melalui survei digital yang Anda lakukan. Untuk akurasi data, Anda bisa menyesuaikan tipe pertanyaan dengan tujuan survei Anda. Jika untuk bisnis, maka gunakanlah skala linier Google form.