fbpx
manfaat minum air hangat saat berbuka

Segudang Manfaat Minum Air Hangat Saat Berbuka Puasa

Tahukah Anda, ternyata ada banyak manfaat minum air hangat saat berbuka puasa. Memang tak bisa dipungkiri, air adalah nutrisi penting yang berfungsi melancarkan sistem kerja organ tubuh manusia. Nah, ketika Anda menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadan seperti saat ini, tubuh bisa kehilangan air sehingga memicu dehidrasi.

Air putih hangat jadi salah satu jenis minuman yang sangat direkomendasikan untuk menemani buka puasa. Meski tidak menyegarkan seperti halnya jenis minuman dingin, manfaat air hangat saat berbuka puasa setelah perut kosong seharian nyatanya bagus untuk pencernaan.

Ketika berpuasa, tubuh mengalami perubahan kebiasaan makan sehingga memengaruhi sistem pencernaan tubuh. Tak jarang, banyak orang yang justru mengalami diare, konstipasi, dan gangguan pencernaan lainnya saat menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadan. Di sinilah manfaat air hangat saat berbuka puasa sangat berperan.

Ini lho manfaat minum air putih hangat saat berbuka yang bisa didapatkan secara maksimal

Berikut ini ada beberapa manfaat minum air putih hangat saat berbuka bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui lebih lanjut.

Menyehatkan sistem pencernaan tubuh

manfaat minum air hangat saat berbuka

Seperti yang telah disebutkan di atas, salah satu manfaat minum air hangat saat berpuasa adalah membantu menenangkan sekaligus mengaktifkan saluran pencernaan. Sebab, air berperan sebagai pelumas yang membuat makanan dalam tubuh mengalir lancar dari perut hingga usus. Selain itu, air putih hangat mampu menghidrasi kulit dengan baik.

Mencegah sakit perut setelah berpuasa seharian

Saat waktu berbuka tiba, banyak orang yang cenderung makan secara berlebihan. Padahal saat berpuasa, tubuh kita sedang berusaha menyesuaikan pola makan yang baru. Ketika Anda makan berlebihan, perut lebih sulit dalam mencerna makanan yang dikonsumsi. Nah, manfaat minum air hangat saat berbuka dalam keadaan perut kosong bisa membantu meningkatkan rasa kenyang sehingga Anda tak akan makan secara berlebihan.

Menjaga sistem saraf dalam tubuh

manfaat minum air hangat saat berbuka

Manfaat minum air hangat saat berbuka berikutnya adalah membantu menjaga sistem saraf pada tubuh. Dengan mengonsumsi segelas air putih hangat, sistem saraf dalam tubuh lebih terjaga sekaligus melumasi tubuh yang seharian mengalami dehidrasi karena puasa.

BACA JUGA  10 Menu Sahur untuk Diet yang Bikin Puasa Awet Seharian

Ketahuilah, sistem saraf yang dehidrasi berisiko mengalami peradangan sehingga terasa nyeri pada bagian tertentu. Bukan itu saja, dehidrasi juga bisa menyebabkan sakit kepala dan migrain jika tidak segera ditangani. Nah, manfaat minum air hangat saat berbuka puasa salah satunya bisa mengatasi kedua penyakit tersebut secara efektif.

Mencegah konstipasi atau sembelit

Manfaat minum air hangat saat berbuka puasa selanjutnya adalah membantu mencegah konstipasi atau sembelit yang kerap terjadi akibat sistem pencernaan yang tidak lancar. Ketika Anda meminum segelas air hangat setelah seharian berpuasa, maka akumulasi limbah pada tubuh akan terkikis secara perlahan sekaligus membantu penyerapan nutrisi lebih cepat.

Manfaat minum air hangat saat berbuka puasa juga membantu usus berkontraksi sehingga konstipasi tersebut tidak akan terjadi. Sistem pencernaan tubuh pun bisa bekerja lebih baik dan Anda semakin prima meski menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Mencegah terjadinya dehidrasi

manfaat minum air hangat saat berbuka

Ketika Anda berpuasa, tubuh jelas bakal mengalami dehidrasi karena kurangnya cairan tubuh. Nah, salah satu manfaat minum air hangat saat berbuka puasa adalah membantu supaya tubuh tidak mengalami dehidrasi yang terlalu parah. Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan asupan air yang masuk saat berbuka demi menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Jadi mulai sekarang, biasakan mengonsumsi air hangat ketika keadaan perut kosong untuk mendapatkan manfaat minum air hangat saat berbuka puasa yang maksimal. Dengan begitu, tubuh bisa tetap terhidrasi dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

Membantu menurunkan berat badan

Siapa sangka, puasa bisa dijadikan waktu paling tepat untuk menurunkan berat badan. Hal ini bisa Anda dapatkan dari manfaat minum air hangat saat berbuka puasa. Sebab, air hangat terbukti mampu mengontrol suhu dan mengaktifkan metabolisme tubuh. Bukan itu saja, air putih membantu tubuh menyerap nutrisi secara maksimal sekaligus membuang limbah yang menumpuk.

Manfaat minum air hangat saat berbuka berikutnya adalah membuat perut mampu menahan rasa lapar lebih lama. Inilah yang membuat banyak orang berhasil menurunkan berat badannya setelah seharian berpuasa.

Meningkatkan sirkulasi darah

manfaat minum air hangat saat berbuka

Manfaat minum air putih hangat saat berbuka puasa di Bulan Ramadan selanjutnya adalah membantu meningkatkan sirkulasi darah. Diketahui, air hangat merupakan vasodilator yang mampu memperlancar sirkulasi darah sehingga otot menjadi lebih rileks dan mengurangi rasa sakit pada bagian tertentu.

Membantu mengatasi stres

Tak sedikit orang yang mengalami stres saat menjalankan ibadah puasa. Namun, hal ini bisa Anda cegah dengan mengonsumsi air hangat. Ya, salah satu manfaat minum air hangat saat berbuka puasa adalah meningkatkan sistem saraf pusat yang berperan untuk menenangkan tubuh dan membuatnya jadi lebih rileks.

BACA JUGA  Begini Cara Tepat Menghilangkan Dehidrasi Saat Puasa

Ketika tubuh Anda terasa lebih rileks, maka tingkat stres pun bakal berkurang. Manfaat minum air hangat saat berbuka lainnya adalah membantu menghilangkan kecemasan karena air terbukti mampu menyegarkan pikiran setelah lelah beraktivitas seharian.

Mencegah risiko keracunan

manfaat minum air hangat saat berbuka

Para ahli membuktikan, manfaat minum air hangat saat berbuka puasa bisa membantu proses detoksifikasi pada tubuh. Artinya, segelas air hangat yang Anda konsumsi ketika berbuka puasa mampu mengusir racun-racun berbahaya dalam tubuh. Pasalnya, suhu tubuh akan meningkat dan tubuh pun berkeringat.

Pada dasarnya, tubuh yang berkeringat sama seperti sedang mengeluarkan racun dalam tubuh melalui pori-pori kulit. Selain itu, racun juga akan keluar melalui urine. Itulah sebabnya, mengapa manfaat minum air hangat saat berbuka puasa dikatakan membantu mencegah keracunan.

Menjadikan tubuh lebih berenergi

Tak sedikit orang yang merasa lemas ketika sedang berpuasa. Bahkan, sebagian lainnya merasa kurang semangat dan tidak berenergi. Ternyata, kondisi semacam ini bisa diatasi dengan manfaat minum air hangat saat berbuka puasa sehingga Anda tidak akan mudah lelah meski beraktivitas seharian kala berpuasa.

Membantu mencerahkan warna kulit

manfaat minum air hangat saat berbuka

Banyak orang yang mengeluhkan kulit menjadi lebih kusam saat berpuasa akibat dehidrasi dan kekurangan cairan. Nah, ada lagi manfaat minum air hangat saat berbuka dan sahur yaitu, menjadikan kulit lebih cerah. Seperti yang telah dijelaskan di atas, mengonsumsi segelas air putih hangat bisa membantu menghidrasi kulit jika Anda rajin melakukan trik satu ini.

Perlu Anda ketahui, penyebab berbagai masalah kulit seperti halnya kulit kering ataupun jerawat adalah timbunan lemak dalam tubuh disertai kulit dehidrasi karena kekurangan cairan. Ketika Anda membiasakan diri untuk mengonsumsi segelas air hangat, maka lemak yang menumpuk bisa menghilang secara perlahan dan kulit pun terasa lebih lembap.

Dengan begitu, manfaat minum air hangat saat berbuka puasa yang bisa didapatkan adalah sel kulit jadi lebih gampang beregenerasi, kulit tak gampang keriput, dan tampak lebih bersih.

Mencegah penyakit tenggorokan

Manfaat minum air hangat saat berbuka puasa di Bulan Ramadan yang tak kalah penting adalah membuat tenggorokan jadi lebih nyaman dan terhindari dari serangan penyakit, seperti flu, hidung tersumbat, batuk, dan lain sebagainya.

Demikian tadi beberapa manfaat minum air hangat saat berbuka maupun sahur di Bulan Ramadan yang bisa mulai Anda jalankan dari sekarang. Selamat mencoba ya!

 

Tentang nezzumia

Check Also

Pilates

Pilates, Jadikan Gaya Hidup Lebih Sehat dan Jauh dari Stres

Pilates dan yoga kerap diartikan sebagai olahraga yang sama. Padahal, keduanya sangat berbeda jika dilihat …