menu buka puasa untuk diet
Vegetables on round chopping board, symbol for intermittent fasting

8 Ide Menu Buka Puasa untuk Diet di Bulan Ramadan

Tak sedikit orang yang tergoda untuk makan banyak ketika waktu berbuka tiba setelah seharian berpuasa di Bulan Ramadan. Namun, Anda wajib waspada jika saat ini tengah menjalani rangkaian program diet. Sebab, makan terlalu banyak bisa mengakibatkan berat badan naik dan menggagalkan usaha diet tersebut. Kecuali, Anda mengonsumsi menu buka puasa untuk diet.

Di samping membatasi asupan makanan, memilih menu buka puasa untuk diet juga bisa membantu kesuksesan program diet Anda di Bulan Ramadan. Kendati demikian, makanan tersebut tidak bisa dipilih secara sembarangan supaya hasil yang diperoleh pun sesuai keinginan.

Pilihan menu buka puasa untuk diet

Berikut ini ada beberapa ide menu buka puasa untuk diet yang sehat dan aman selama menjalankan ibadah di Bulan Ramadan.

Ikan tuna panggang

menu buka puasa untuk diet

Tuna merupakan salah satu jenis ikan yang mengandung protein tinggi, tetapi rendah kalori sehingga cocok dijadikan menu buka puasa untuk diet. Seperti yang telah dijelaskan di atas, asupan makanan tinggi kalori bisa membantu Anda mendapatkan tubuh yang ideal selama menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Anda disarankan untuk memasak daging ikan tuna dengan cara dipanggang sehingga tidak membutuhkan terlalu banyak minyak sekaligus lebih sehat. Tambahkan juga beberapa potong wortel ataupun kentang rebus supaya menu buka puasa untuk diet Anda kali ini semakin lezat menggugah selera.

Kentang tumbuk

menu buka puasa untuk diet

Nasi dan kentang jadi sumber karbohidrat yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Akan tetapi, jika Anda lihat dari segi nutrisinya, kentang ternyata mengandung lebih sedikit kalori, karbohidrat, dan lemak daripada nasi. Inilah yang membuat kentang jadi menu buka puasa untuk diet yang tepat saat berpuasa.

Bukan itu saja, kandungan serat pada kentang dan nasi pun cukup berbeda. Di setiap 100 gr kentang terdapat sekitar 2,2 gr serat. Sementara nasi mengandung sekitar 0.4 gr serat. Jadi jangan heran, jika Anda bakal merasa lebih kenyang saat mengonsumsi kentang sebagai menu buka puasa untuk diet dibandingkan nasi.

Kurma 3 buah

menu buka puasa untuk diet

Ramadan identik dengan kurma karena selalu disajikan sebagai menu buka puasa. Tahukah Anda, ternyata kurma juga bisa dijadikan menu buka puasa untuk diet yang praktis dan lezat. Dalam satu buah kurma terdapat kandungan 1 sendok teh gula, 5,3 gr karbohidrat, serat, dan 20 kalori. Kandungan serat inilah yang berperan dalam menghambat sinyal lapar dalam tubuh sehingga Anda merasa kenyang lebih lama ketika buka puasa tiba.

BACA JUGA  Awas! Terlalu Panas-panasan Bisa Bikin Tubuh Drop

Menurut sebuah penelitian, jenis makanan yang kaya serat memang ampuh untuk membantu menurunkan berat badan. Namun, bukan berarti Anda boleh makan terlalu banyak kurma ketika buka puasa demi menurunkan berat badan ya! Sebaiknya, konsumsi kurma sebanyak tiga buah sebagai menu buka puasa untuk diet harian Anda.

Ingat, segala sesuatu yang berlebihan sudah pasti tidak akan berdampak baik. Apalagi, kurma mengandung tinggi gula dan kalori sehingga bisa memicu kenaikan berat badan sekaligus kadar gula dalam darah jika dikonsumsi sembarangan.

Nasi merah

menu buka puasa untuk diet

Bagi Anda yang sudah sering menjalani program diet, pasti tak asing lagi dengan yang namanya nasi merah. Oleh sebab itulah, nasi merah juga bisa dijadikan ide menu buka puasa untuk diet yang sehat selama Ramadan.

Dibandingkan dengan nasi putih, jenis nasi satu ini memang seringkali jadi pilihan tepat untuk diet karena mengandung lebih sedikit kalori, tapi lebih banyak serat. Dengan demikian, menu buka puasa untuk diet satu ini bakal membuat Anda merasa lebih cepat kenyang dan tidak makan berlebihan saat berbuka puasa.

Meski kalorinya terbilang sedikit, bukan berarti Anda bisa lebih cepat menurunkan berat badan hanya dengan mengonsumsi menu buka puasa untuk diet ini ya! Anda tetap harus menyeimbangkan asupan lainnya sekaligus berolahraga secara teratur untuk membakar lebih banyak kalori di dalam tubuh.

Salad buah

menu buka puasa untuk diet

Jika Anda penggemar makanan manis dan saat ini tengah mencari ide menu buka puasa untuk diet yang tepat, maka semangkuk salad buah bisa jadi jawaban terbaik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Journal of Nutrition, orang yang mengonsumsi banyak buah di setiap harinya memiliki risiko lebih rendah mengalami obesitas. Selain itu, buah juga tinggi akan serat sehingga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Cukup dengan mengonsumsi menu buka puasa untuk diet berupa salad buah, Anda bakal lebih mampu mengendalikan nafsu makan yang menggila setelah seharian berpuasa. Dengan begitu, berat badan Anda pun tidak akan cepat naik saat menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Sup ayam makaroni

menu buka puasa untuk diet

Banyak orang beranggapan, bahwa daging ayam tidak baik dikonsumsi saat diet. Sebab, daging ayam mengandung lemak cukup tinggi. Padahal, daging ayam merupakan sumber protein yang bisa dijadikan menu buka puasa untuk diet sekaligus membantu menurunkan berat badan.

BACA JUGA  Cara Sulap Daging Sisa Qur’ban Menjadi Masakan Kekinian

Ketahuilah, ketika Anda memutuskan untuk mengonsumsi menu buka puasa untuk diet yang tinggi protein, maka ada sekitar 80-100 kalori tubuh yang terbakar setiap harinya.

Daging ayam merupakan salah satu sumber makanan yang cukup mudah disajikan. Ada banyak jenis olahan yang bisa Anda pilih sesuai selera, tetapi yang paling disarankan adalah sup ayam. Bukan hanya mampu mendongkrak energi tubuh, menu buka puasa untuk diet ini juga bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang hilang ketika Anda berpuasa.

Jika Anda ingin rasa menu buka puasa untuk diet ini lebih sehat dan lezat, tambahkan saja beberapa potong wortel ke dalam sup tersebut. Tak ada salahnya juga menambah beberapa gram makaroni sebagai asupan karbohidrat di dalamnya.

Telur dadar bayam

menu buka puasa untuk diet

Bagi Anda yang tengah menjalankan program penurunan berat badan selama Bulan Ramadan, coba perbanyak asupan protein sebagai menu buka puasa untuk diet Anda. Salah satu sumber protein yang bisa Anda coba adalah telur. Sebab, protein yang terkandung dalam sebutir telur mampu meningkatkan rasa kenyang dengan cara mengendalikan hormon lapar dan nafsu makan.

Tentu saja, Anda bisa mengolah menu buka puasa untuk diet ini dalam berbagai sajian masakan. Baik itu diceplok, didadar, ataupun orak-arik. Jika ingin lebih sehat, tambahkan saja segenggam bayam rebus untuk meningkatkan cita rasanya.

Yogurt

menu buka puasa untuk diet

Ternyata, yogurt juga bisa dijadikan salah satu menu buka puasa untuk diet yang praktis sekaligus sehat. Apalagi untuk Anda yang sering terjebak macet di jalan sehingga tak sempat untuk berbuka di rumah.

Pada dasarnya, yogurt merupakan salah satu menu buka puasa untuk diet yang kaya akan probiotic atau bakteri baik guna menjaga kesehatan pencernaan tubuh. Bukan itu saja, probiotic juga mampu meningkatkan sistem imun dan juga metabolisme tubuh sehingga stamina Anda jadi lebih prima meski berpuasa di tengah padatnya aktivitas sehari-hari.

Namun, Anda harus berhati-hati dalam memilih jenis yogurt sebagai menu buka puasa untuk diet. Sebab, ada beberapa jenis yogurt yang justru mengandung terlalu banyak gula sehingga tidak aman bagi para pelaku diet sehat.

Dari sekian banyak produk yogurt yang dijual di pasaran, sebaiknya pilih yogurt tanpa rasa alias tawar. Jika ingin meningkatkan cita rasa menu buka puasa untuk diet ini, tambahkan saja beberapa potong buah-buahan segar.

Demikian tadi beberapa ide menu buka puasa untuk diet yang patut Anda coba. Ingat ya, program diet tidak bisa dilakukan sembarangan sehingga Anda perlu mengetahui dulu kondisi tubuh supaya tidak berdampak buruk nantinya.

 

Tentang nezzumia

Check Also

tips nggak kalap saat berbuka

Tips Nggak Kalap Saat Berbuka Agar Bentuk Tubuh Tetap Ideal

Pada dasarnya, cobaan puasa yang paling besar bukan pada rasa lapar dan haus yang dirasakan, …