Contoh Amplop Lamaran Kerja yang Benar dan Menarik

Contoh Amplop Lamaran Kerja

Mencari pekerjaan yang sesuai kemampuan memang tergolong susah, terlebih semakin banyak perusahaan yang melakukan PHK besar-besaran. Oleh karena itu, Anda harus membuat surat lamaran pekerjaan yang menarik dengan melihat contoh amplop lamaran kerja yang tepat.

Setiap perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan tentu memiliki kriteria calon karyawan masing-masing. Tidak hanya perihal masalah pendidikan dan pengalaman, surat lamaran kerja para pelamar juga bisa mempengaruhi keputusan pihak perusahaan.

Tips Menulis Amplop Lamaran Kerja

Bagaimana cara membuat lamaran kerja yang menarik? Tentunya penulisan surat lamaran dapat mempengaruhi keputusan perusahaan. tidak hanya dari kelengkapan berkas surat lamaran, namun amplop lamaran kerja juga harus tepat dan menarik.

Biasanya para pelamar kerja hanya berfokus dengan berkas-berkas lamaran tanpa memperhatikan penulisan amplop. Oleh karena itu, berikut beberapa tips menulis amplop lamaran kerja yang baik dan benar.

●       Identitas Pelamar

Sudah banyak contoh amplop lamaran kerja yang bisa Anda lihat melalui internet sehingga bukan hal yang sulit lagi. Pasalnya, penulisan amplop lamaran kerja juga harus benar dan jelas agar bisa menarik pihak HRD perusahaan yang bersangkutan.

Pastikan untuk mencantumkan identitas pelamar secara lengkap dan benar pada bagian depan amplop lamaran. Identitas tersebut meliputi nama lengkap pelamar, alamat, nomor telepon. Dan alamat email yang aktif.

●       Posisi yang Dilamar

Mencantumkan identitas pengirim surat tentu sudah menjadi standar umumketika hendak dalaidentitas sjaa yang harus tertera pada amplop lamaran.

Perlu Anda ketahui, kelengkapan identitas pelamar sangat penting bagi perusahaan, termasuk posisi yang akan dilamar. Cantumkan pula posisi jabatan yang ingin Anda lamar agar erusahaan lebih mudah dalam menyeleksi surat lamaran anntinya.

●       Alamat Perusahaan secara Lengkap

Jika bingung dalam membuat surat lamaran, Anda bisa melihat contoh amplop lamaran kerja yang tersedi di media online. Ada banyak contoh amplop maupun format lamaran yang baik dan benar sehingga lebih mudah membuatnya.

Bagian yang tidak boleh ketinggalan atau terlupakan untuk Anda tulis pada amplop lamaran adalah alamat perusahaan terkait. Tulis alamat perusahaan yang Anda ingin lamar secara jelas dan spesifik agar lebih cepa terkirim.

●       Hindari Typo

Tidak jarang masih banyak orang yang bingung tentang cara menulis alamat di amplop coklat lamaran kerja. Oleh karena itu, tidak ada salahnya melihat contoh yang benar terlebih dahulu sebelum membuatnya sendiri.

BACA JUGA  5 Kebiasaan Sederhana Setiap Senin Pagi Ini Bisa Diterapkan, Bikin GoodMood!

Hal yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan dalam membuat amplop lamaran kerja adalah tulisan itu sendiri. Usakan lebih cermat dan teliti dalam menulis kata serta kalimat untuk menghindari typo atau salah pengejaan.

●       Rapi dan Bersih

Lamaran kerja ada berbagai jenis tergantung bidang yang akan Anda lamar sehingga harus cermat memilih contoh amplop lamaran kerja. Jika salah melihat contoh, maka amplop yang Anda buat tentu juga salah.

Selain cermat dalam menyusun kata dan kalimat, Anda juga harus menjaga kerapian serta kebersihan amplop lamaran tersebut. Tentunya perusahaan tidak akan tertarik membuka amplop tersebut jika memiliki cover tidak rapi dan bahkan kotor.

Tata Letak Penulisan pada Amplop Lamaran

Amplop lamaran kerja harus tulis tangan atau ketik komputer? Tentunya banyak pula yang asih emmpertanyakan hal tersebut. Biasanya perusahaan lebih menyukai surat lamaran kerja dari tulisan tangan ketimbang ketikan komputer.

Terlebih menulis dengan tangan lebih mudah daripada harus mengetik di komputer karena perlu mencetaknya terlebih dahulu. Selain menggunakan tulisan tangan, posisi penyusunan pada amplop lamaran kerja juga tidak boleh sembarangan.

●       Bagian Kiri Atas

Tata letak yang pertama adalah bagian kiri atas, pada bagian ini bisa Anda isi dengan identitas pelamar secara lengkap. Untuk lebih jelas, Anda bisa melihat semua contoh amplop lamaran kerja mencantumkan identitas pelamar pada bagian kiri atas.

Identitas biasanya berisi nama lengkap pelamar, alamamat lengkat termasuk RT RW dan nomor rumah. Tidak hanya itu saja, kecamatan, kelurahan hingga kode pos juga harus tercantum pada amplop lamaran.

●       Bagian Kanan Atas

Jika Anda mengirim surat lamaan dengan amplop kosong tentu saja lamaran tersebut tidak akan sampai ke perusahaan. Bahkan pihak HRD perusahaan terkait juga tidak akan tertarik untuk membaca surat lamaran tersebut.

Apakah amplop lamaran kerja harus ditulis tangan? Membuat lamaran kerja dengan tulisan tangan memberikan pengaruh besar. Termasuk menulis posisi dan kode jabatan yang akan Anda lamar pada bagian kanan atas amplop lamaran juga sangat penting.

●       Bagian Kanan Bawah

Mengapa petlu mencantumkan posisi atau kode jabatan? Pasalnya, beberapa perusahaan sering membuka lowongan untuk beberapa bagian sekaligus. Oleh karena itu, pastikan untuk menulis posisi atau kode sebelum mengirim surat lamaran tersebut.

Pada bagian kanan bawa bisa Anda isi dengan nama dan alamt lengkap perusahaan yang bersangkutan. Penulisan alamat perusahaan juga sangat penting sehingga harus lengkap dan jelas seperti yang tertera pada contoh amplop lamaran kerja.

Contoh Amplop Lamaran Kerja

Dengan mempelajari tentang cara membuat amplop lamaran kerja tentu mengiirm surat lamaran bukan lagi hal yang sulit. Bahkan akan lebih mudah untuk mengirim surat tersebut melalui Kantor pos atau jasa pengiriman terdekat.

Dalam membuat lamaran kerja tentu banyak hal yang perlu Anda perhatikan dan pahami agar lebih mudah lolos. Oleh karena itu, silakan perhatikan beberapa contoh amplop lamaran pekerjaan berikut agar lebih paham.

1.      Amplop Lamaran Kerja Lulusan SMK

Contoh aplop yang pertama adalah amplop lamaran lulusan SMK yang bisa melamar pekerjaans esuai latar belakang. Jika Anda lulusan SMK bisa mencantumkan keterangan SMK jurusan tertentu pada bagian kanan atas di bawa posisi jabatan.

BACA JUGA  Begini Cara Menghilangkan Bau Sepatu dalam Waktu Semalam

Contoh amplop lamaran kerja lulusan SMK sebagai berikut:

(Nama Pelamar)                                                                                 (Posisi Dilamar atau Kode)

(Alamat Lengkap)                                                                                SMK Jurusan Administrasi

(No. HP dan Email)

 

 

 

Kepada Yth

Bapak/Ibu HRD

(Nama dan Alamat Instansi)

2.      Amplop Lamaran Kerja Guru

Tidak semua kalimat penyusun dalam amplop lamaran kerja sama, termasuk lamaran kerja lulusan SMK dengan lamaran guru. Amplop lamaran guru SD menggunakan format penulisan sebagai berikut:

(Nama Pelamar)                                                                                 (Kode Posisi Jabatan)

(Alamat Lengkap Pelamar)                                                                 (Posisi yang Dilamar)

 

Kepada Yth

Bapak/Ibu Personalia

(Nama Sekolah)

(Alamat Sekolah)

3.      Amplop Lamaran Kerja Marketing

Ada berbagai macam contoh amplop lamaran kerja yang bisa Anda lihats ebelum mengirim lamaran pekerjaan. salah satunya contoh susunan peulisan pada amplop untuk melamar pekerjaan marketing.

(Nama Pelamar)                                                                                 Posisi: Marketing

(Alamat Lengkap)                                                                                Lulusan: D3 Marketing

(No. Hp dan Email)

 

 

Kepada Yth

Bapak/Ibu HRD

(Nama dan Alamat Perusahaan)

 

4.      Amplop Lamaran Kerja di Pabrik

Tidak hanya bisa melihat contoh amplop lamaran guru dan lulusan SMK saja, namun masih banyak contoh yang lainnya. Seperti contoh tulisan di amplop lamaran kerja pabrik yang bisa menggunakan format berikut.

(Nama Pelamar)                                                                                 (Posisi yang Dilamar)

(Alamat Lengkap )                                                                               (Kode)

 

 

Kepada Yth

Bapak/Ibu HRD

(Namadan Alamat Perusahaan)

5.      Amplop Lamaran Kerja Driver

Contoh amplop lamaran kerja berikutnya adalah contoh amplop lamaran pekerjaan driver yang tidak jauh berbeda dengan format lainnya. Untuk lebih jelasnya bisa menyimak contoh format amplop berikut ini:

Driver

Nama Lengkap   :

Alamat Lengkap :

Nomor HP          :

Email                  :

 

Kepada Yth

Bapak/Ibu HRD

(Nama dan Alamat Perusahaan)

 

8 Berkas Isi Amplop Lamaran Kerja

Selain memahami tentang contoh amplop lamaran pekerjaan, Anda juga harustahu terkait berkas lamaran yang perusahaan butuhkan. Lantas, apa saja berkas lamaran itu? Berkas lamaran pekerjaan tidak hanya mencakup surat lamaran pekerjaan.

Mungkin Anda sudah mengetahui sekilas tentang berkas lamaran sebelum melihat contoh amplop lamaran kerja. Biasanya berkas lamaran pekerjaan terdiri dari beberapa macam sesuai ketentua perusahaan terkait.

1.      Daftar Riwayat Hidup atau Currivulum Vitae (CV)

Daftar riwayat hidup atau CV merupakan salah satu syarat berkas lamaran pekerjaan yang harus ada dan memiliki pengaruh besar. Daftar riwayat hidup biasanya berisi tentang data prbadi, riwayat pendidikan, pengalamn kerja, dan informasi pendukung lainnya.

2.      Surat Lamaran Kerja

Melamar kerja tentu tidak afdhol jika tidak menggunakan surat lamaran kerja sehingga tidak boleh terlewatkan. Untuk penulisan surat lamaran kerja ini bisa menggunakan tulisan tangan yang rapi dan sesuai EYD agar lebih menarik perhatia HRD.

3.      Portofolio

Setelah melihat contoh amplop lamaran kerja tentu Anda juga perlu mendalami tentang susunan berkas lamaran kerja. Termasuk mencantumkan portofolio sesuai keahlian atau kemampuan bisa menjadi nilai plus bagi pelamar.

4.      Ijazah dan Transkip Nilai

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat lamaran pekerjaan adalah penulisan surat lamaran kerja dan kelengkapan berkas pendukung. Salah satunya fotokopi ijazah dan transkip nilai dari pendidikan terakhir sebagai bahan penilai saat seleksi.

5.      Pas Foto dan Identitas Pribadi

Berkas lain yang tidak kalah penting adalah pas foto biasanya menggunakan ukuran 4×6 dan juga fotokopi EKTP. Selain itu, Anda juga harus melampirkan SKCK serta sertifikat jika memilikinya agar lebih menarik perhatian HRD.

Demikian beberapa contoh amplop lamaran kerja yang benar dan mudah serta cara penulisannya. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah membuat surat lamaran pekerjaan dan bisa memiliki peluang lebih untuk mendapatkan pekerjaan sesuai keinginan.