7 Masakan Favorite Hari Raya Idul Fitri yang Bikin Kangen

Sudah satu minggu lebih bulan suci ramadhan berjalan, dilalui dengan kewajiban berpuasa untuk umat muslim semua. Ini merupakan moment paling ditunggu-tunggu.

Ada banyak kegiatan yang dilakukan selama bulan ramadhan seperti sholat tarawih, membaca al-qur’an, sahur, sampai dengan kegiatan rondha. Nah, satu hal yang paling penting di moment ini adalah menanti hari H, hari kemenangan. Ya, lebaran idul fitri 2022 adalah penantian setelah 30 hari menunggu. Setelah memberikan beragam ucapan melalui aplikasi edit video ataupun menggunakan beragam twibbon idul fitri 2022, anda bisa meramaikannya secara nyata dengan menerapkan menu berikut.

Apa sih yang dilakukan saat lebaran idul fitri? Tentunya, silaturahmi dengan keluarga besar atau saudara dan teman-teman. Salah satu yang terpenting yaitu saling bermaaf-maafan, bersalam-salaman sampai dengan memberikan kartu ucapan. Dalam momen tersebut setiap rumah ke rumah selalu memberikan jamuan khusus di hari lebaran.

Sebut saja menu khas lebaran. Apa saja sih nama-nama masakan favorite hari raya idul fitri? Yuk simak!

Makanan Favorite Hari Raya Idul Fitri

Jika melihat dari kebiasaan setiap lebaran, kita tahu akan ada beberapa menu yang paling populer. Namun kembali ke selera masing-masing juga pastinya. Berikut ini beberapa daftar masakan favorite di hari raya idul fitri.

  • Ketupat

Ketupat masuk daftar menu andalan kala lebaran. Makanan khas yang satu ini berasal dari beras yang merupakan makanan paling banyak diburu saat hari raya idul fitri. Bisa dibilang, ketupat merupakan makanan pengganti nasi yang berasal dari beras dengan proses di masak sampai matang di dalam bungkus daun atau plastik. Tapi biasanya, ketupat dibuat dari daun pohon kelapa.

Tekstur ketupat memang lebih padat, karena di masak dalam bentuk berat sampai beberapa jam hingga menghasilkan tekstur lunak. Tapi tanpa harus menunggu lebaran pun kita bisa menikmatinya, karena sekarang ini banyak yang berjualan ketoprak, ketupat sayur dan masih banyak lagi.

  • Opor Ayam

Selain ketupat, menu lainnya yakni opor ayam. Seolah serasi, hidangan ini selalu di pertemukan dan disatukan dengan ketupat. Makan ketupat kurang lengkap tanpa opor, begitulah perumpamaannya. Tapi semua kembali ke selera masing-masing mau menikmati ketupat atau kupat dengan sayur apapun.

BACA JUGA  Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras dengan Bahan Alami

Bicara soal opor ayam tersebut, masakan ini merupakan makanan yang sangat terkenal di Indonesia. Bukab saja ramai pada hari lebaran, opor ayam juga banyak di konsumsi sebagai menu sehari-hari. Opor ayam adalah makanan berkuah yang di buat dari daging ayam yang di rebus dalam kuah santan dan biasanya ada yang memberikan kunyit untuk kesan warna kuning sedap.

Kita pun bisa mencoba untuk membuat masakan tersebut, apalagi sudah banyak menu hidangan atau resep yang tersebar di internet atau buku-buku. Nah, buat kamu yang belum tahu bagaimana cara membuat opor ayam yuk belajar dari sekarang sebelum lebaran tiba.

  • Rendang

Namanya rendang, tentunya dari daging sapi. Meskipun sebenarnya semua tergantung selera masing-masing. Bisa juga menggunakan daging kamping, atau ayam apabila ingin sesuatu yang beda. Hanya saja terdengar tak biasa jika menggunakan ayam sebagai rendang. Tak penting untuk apapun jenis daging yang digunakan, baik ayam, kambing atau sapi.

Kebali pada pembahasan rendang, menu yang satu ini selalu update di hari raya idul fitri. Bahkan bisa dibilang kalau menu ini dikenal menjadi salah satu makanan terenak di dunia dari negara lain. Pengolahan rendang dimasak dengan berbagai bumbu rempah melalui proses masak yang di panaskan secara berulang-ulang dengan santan kelapa.

Adapun untuk bumbu-bumbu yang biasanya digunakan pada rendang yakni cabai, serai, lengkuas, kunyit, jahe dan bawang. Rendang mempunyai cita rasa khas campuran dari berbagai macam rempah, akan tetapi rasa yang dominan yakni asin, manis, dan gurih. Kini olahan rendang bukan saja ditemui di resto, atau rumah makan sederhana. Namun sekarang ini sudah banyak yang menjual masakan rendang instan dalam kemasan cub atau botol.

  • Sambal Goreng Kentang Ati

Sambal adalah menu yang paling di cari sebagai pendamping makan. Sebagian besar orang Indonesia menyukai masakan pedas, gurih. Nah, sambal goreng kentang ati adalah menu khas atau favorite hari raya idul fitri 2022 yang tidak lama lagi. Menu ini dibuat dari kentang yang dipotong dadu dipadukan dengan ati rempela ayam yang juga dipotong dadu. Masakan ini sangat cocok untuk dimakan dengan berbagai menu masakan lain khas Indonesia.

  • Semur

Semur merupakan masakan berkuah dari bahan utama daging, tetapi tak sedikit yang menggunakan bahan lain seperti jengkol, telor atau yang lainnya. Bebas. Semur dimasak dengan kuah coklat pekat dari kecap sehingga menghasilkan rasa manis gurih.

  • Kue Nastar

Kalau yang satu ini bukan kategori masakan, namun lebih ke camilan lebaran. Ya, kue nastar banyak di buru saat lebaran sebagai jamuan. Tekstur kue yang lembut dipadu dengan manisnya selai nanas di dalamnya membuat makanan yang satu ini nikmat. Apalagi sekarang mulai muncul jenis nastar variasi, mulai dari bertabur keju, tangkai cengkeh dan masih banyak lagi.

BACA JUGA  Cara Membuat Twibbon Sumpah Pemuda yang Mudah dan Cepat! Kurang dari 1 Menit Langsung Jadi!

Nah, kamu juga bisa membuat kue nastar dengan bentuk atau karakter sesuai dengan keinginan.

  • Kurma

Kurma bukan makanan olahan, tetapi ini salah satu buah yang selalu meruah saat puasa hingga lebaran. Tapi sekarang ini berbeda dengan dulu, kenapa?

Mungkin jika dulu jarang sekali muncul kurma, dan kalaupun ada tidak sebanyak sekarang. Tapi sekarang ini bahkan tidak saat ramadhan pun ada. Kurma merupakan makanan khas atau favorite saat lebaran. Jenis kurma juga bervariasi, umumnya tergantung dari merek yang dibeli.