fbpx
download aplikasi facebook lite
Unsplash/Solen Feyissa

Kelebihan dan Kekurangan Download Aplikasi Facebook Lite

LiputanTimes.com – Mau download aplikasi Facebook Lite? Tunggu dulu. Sebelum kamu download, cari tahu perbedaannya dengan Facebook biasa.

Facebook merupakan salah satu aplikasi media sosial terbesar yang ada di dunia. Sejak diluncurkan pada tahun 2004, kepopulerannya terus meningkat.

Hingga tahun 2021 saja, sudah ada sekitar 2,6 milyar pengguna aktif Facebook baik yang menggunakannya untuk usaha atau sekadar bersosial media.

Selain itu, Facebook juga merupakan induk dari aplikasi sehari-hari yang sering digunakan orang seperti WhatsApp dan Instagram. Tak heran jika makin hari, makin banyak penggunanya.

Akan tetapi, banyak pengguna yang tidak bisa menggunakan Facebook entah karena konsumsi data atau ukuran file yang besar.

Itulah mengapa kamu bisa download aplikasi Facebook Lite sebagai alternatif. Lalu, apa sebenarnya aplikasi Facebook Lite? Apakah lebih baik dari versi regulernya? Simak informasinya di sini ya.

BACA JUGA  Cara Unduh Video Facebook Kualitas HD Lewat Aplikasi dan WEB

Apa Itu Facebook Lite?

Seperti namanya, Facebook Lite adalah versi yang lebih ringan dari aplikasi Facebook.

Aplikasi ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2015 agar bisa dipakai oleh pengguna yang memiliki ponsel low-end dan koneksi internet yang lemah.

Bayangkan saja, jika kamu download aplikasi Facebook Lite, kamu masih bisa menggunakannya di ponsel dengan koneksi 2G dan RAM 2GB.

Meskipun begitu, kamu tetap bisa menggunakan Facebook Lite sesuai dengan fungsinya, sebagai aplikasi untuk bersosial media.

Tentunya, Facebook Lite juga memiliki beberapa perbedaan dengan aplikasi Facebook. Berikut beberapa di antaranya.

Perbedaan Facebook dan Facebook Lite

download aplikasi facebook lite
Unsplash/Firmbee

Fitur yang lebih sedikit

Sebagai aplikasi untuk bersosial media, Facebook Lite tidak kehilangan fitur utamanya. Perbedaannya hanya di jumlah fitur yang diberikan.

Bahkan, fitur yang mungkin dianggap sampingan seperti News Feed, Marketplace, Stories, dan Grup masih tersedia.

Berikut fitur yang tersedia jika kamu download aplikasi Facebook Lite.

  • Ads Manager
  • Dark mode
  • Events
  • Gaming
  • Jobs
  • Groups
  • Pages
  • Live videos
  • Most recent feed
  • Marketplace
  • Memories
  • React, comment, tag, and share

Hanya saja, fitur baru akan dipasang terlebih dulu di aplikasi Facebook. Namun, jika kamu tidak peduli dengan update dan hanya ingin fitur standar, Facebook Lite adalah jawabannya.

Tampilan yang lebih sederhana

Perbedaan lain antara aplikasi Facebook dan Facebook Lite ada pada tampilannya. Bisa dibilang, perbedaannya cukup signifikan.

Facebook Lite bukan hanya versi ringan dari aplikasi Facebook. Ini adalah aplikasi yang sepenuhnya didesain ulang untuk memberikan tampilan yang lebih sederhana.

User Interface Facebook Lite jauh lebih rapi. Menu dan search bar Facebook Lite berada di atas layar, sedangkan aplikasi Facebook standar menempatkannya di bagian bawah.

Kamu juga akan jarang menemukan komentar di Beranda karena Facebook Lite menyembunyikannya agar terlihat rapi.

Notifikasi juga tampak jauh lebih disederhanakan, dan lebih banyak yang benar-benar muat dalam satu layar, sehingga kamu tidak perlu banyak melakukan scroll.

Di panel notifikasi bawah, Facebook Lite menampilkan foto profil kecil beresolusi rendah untuk menunjukkan apakah seseorang menyukai atau mengomentari sesuatu.

Selain itu, teksnya juga jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan aplikasi Facebook.

Teks dan tombol yang lebih kecil ini ditujukan untuk perangkat dengan layar beresolusi rendah. Meskipun begitu, desainnya masih terlihat modern dengan ciri khas Facebook pada umumnya.

Akan tetapi, scrolling menggunakan aplikasi Facebook Lite akan terasa sedikit lebih lambat.

Pasalnya, Facebook membuat beberapa pemotongan supaya aplikasinya berfungsi dengan baik di perangkat dengan RAM rendah dan koneksi internet yang buruk.

Meskipun begitu, bukan berarti tampilan Facebook Lite lebih buruk. Bahkan, kamu mungkin akan lebih menyukai desain dan estetika Facebook Lite yang lebih sederhana.

BACA JUGA  Cara Mengaktifkan Tema Star Wars di Facebook Messenger

Penggunaan data yang lebih minim

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, alasan utama banyak pengguna download aplikasi Facebook Lite adalah penggunaan data yang minim.

Beberapa orang tidak perlu mnegkhawatirkan penggunaan data apalagi jika mereka tinggal di negara maju atau bisa membeli kuota yang banyak.

Meskipun jaringan 4G dan 5G sudah menjadi hal yang umum, masih banyak daerah yang memiliki jaringan terbatas.

Facebook Lite dibuat untuk bekerja dengan baik bahkan pada kecepatan 2G. Aplikasi ini melakukan beberapa hal untuk membuatnya bekerja.

Salah satunya adalah, Facebook Lite tidak memuat semua gambar sekaligus. Gambar akan dimuat dan diunduh apabila kamu menggulir halamannya ke bawah.

Ini bagus untuk menghemat kuota, tetapi juga membuat pemuatan halaman sedikit lebih lambat.

Selain itu, video tidak akan diputar secara otomatis di Facebook Lite, kecuali ponselmu terhubung ke Wi-Fi.

Menggunakan lebih sedikit memori

Saat download aplikasi Facebook Lite, kamu akan melihat perbedaan yang cukup signifikan. Aplikasi Facebook memiliki ukuran di atas 100 MB, cukup besar untuk sebuah aplikasi.

Di sisi lain, aplikasi Facebook Lite memiliki ukuran 10 kali lebih rendah dibandingkan aplikasi Facebook, yaitu sebesar 1,6 MB saja.

Hal ini disebabkan oleh beberapa hal seperti pemuatan gambar, perubahan font, desain, dan lain-lain.

Ornamen yang dianggap remeh di Facebook reguler ternyata bisa sangat berpengaruh di Facebook Lite lho.

Nah, dari segi penyimpanan Facebook Lite adalah pilihan yang tempat untuk ponsel low-end dengan penyimpanan rendah.

Cara Download Aplikasi Facebook Lite

download aplikasi facebook lite
Unsplash/Timothy Hales Bennett

Kamu bisa download aplikasi Facebook Lite baik di Android maupun iOS. Hanya saja, untuk saat ini Facebook Lite untuk iOS masih terbatas di beberapa negara.

Ada dua cara untuk download aplikasi Facebook Lite yaitu melaui situs web atau Google Play Store.

Jika kamu ingin download melalui situs web, masuk ke https://www.facebook.com/lite.

Kemudian, kamu akan melihat ikon “Download” di bagian kiri banner.

Klik “Download”.

Setelah proses download selesai, pasang aplikasi sesuai instruksi.

Cara kedua adalah melalui Google Play Store.

Masuk ke Google Play Store lali ketik Facebook Lite di kolom pencarian.

Setelah itu, klik “Install”.

Facebook Lite berhasil terpasang di ponselmu.

BACA JUGA  Facebook Download Video HD Apk Untuk Android

Penutup

Itulah informasi seputar kelebihan dan kekurangan download aplikasi Facebook Lite. Gimana, sudah menentukan mau download yang mana?

Pada dasarnya, Facebook Lite adalah pilihan yang tepat jika kamu memiliki ponsel low-end dan tinggal di daerah dengan koneksi internet lambat.

Apabila kamu hanya ingin menghemat data, aplikasi ini juga layak kamu download, terutama jika kamu menggunakan Facebook untuk hal sederhana saja.

Tentu saja, gambar dan video tidak akan terlihat sebagus aplikasi Facebook reguler. Namun, tampilan Facebook Lite juga tidak terlalu buruk.

Hanya saja, penghematan data membuat aplikasi Facebook Lite berjalan sedikit lebih lambat sekitar satu atau dua detik.

Mungkin hal tersebut akan mengganggumu. Namun, kamu tidak akan menyadari pemuatan halaman yang sedikit lebih lama jika sudah terbiasa.

Jadi, mau download aplikasi Facebook Lite atau Facebook reguler, semua tergantung kebutuhanmu. Yang penting, tetap bijak dalam bersosial media.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir. Nantikan informasi menarik lainnya dari LiptanTimes. Selamat mencoba.

***