fbpx
aplikasi desain rumah
Unsplash/Spacejoy

11 Aplikasi Desain Rumah Gratis untuk Android, PC, dan iOS

LiputanTimes.com – Apa kamu sedang membangun rumah? Atau hanya renovasi. Jika iya kamu perlu aplikasi desain rumah untuk memudahkan tata letaknya.

Terlepas dari proyek apa yang sedang kamu kerjakan, kamu pasti ingin mengomunikasikan ide-ide dengan semua orang yang terlibat seakurat mungkin. Nah aplikasi desian rumah bisa membantu kamu melakukan hal tersebut.

Alih-alih menceritakan ide abstrak, dengan menggunakan aplikasi desain rumah kamu bisa langsung menunjukkan gambar yang kamu inginkan.

Kamu tidak perlu menggambar dengan tangan lagi. Semuanya sudah serba digital. Tinggal download aplikasinya dan langsung rancang.

Selain itu, aplikasi desain rumah di bawah ini juga grartis lho. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk simak daftarnya berikut ini.

BACA JUGA  6 Cara Download Video Instagram Tanpa Aplikasi Untuk Feed, Story, Reels

Aplikasi Desain Rumah untuk Pemula

aplikasi desain rumah
Unsplash/Theme Photos

Floorplanner

Jika kamu ingin mendesain rumah tanpa aplikasi, Floorplanner bisa jadi solusi. Floorplanner memungkinkan kamu untuk mendesain dan mendekorasi ruangan dalam tampilan 2D dan 3D.

Menariknya, kamu bisa melakukannya secara online tanpa harus mengunduh perangkat lunak apa pun.

Fitur unggulan dari aplikasi desain rumah ini adalah dekorasi interiornya. Akan tetapi, kamu juga bisa menggunakan fitur perencana lantai yang tak kalah oke.

Setelah denah lantai selesai, kamu bisa bersenang-senang dan mendekorasi ruangan dalam mode 3D. Aplikasi desain rumah ini juga cukup mudah digunakan, terutama jika kamu baru mulai masuk ke dunia desain.

My Virtual Home

Mau merancang rumah sambil main game? Bisa banget. My Virtual Home adalah game sekaligus aplikasi desain rumah untuk Windows yang berfungsi sebagai ‘blok bangunan’ untuk membuat atau memodifikasi interior dan eksterior rumah.

Aplikasi ini juga mudah untuk digunakan, memiliki berbagai macam produk, dan memiliki fungsi penelusuran untuk melihat desain dalam tampilan 3D. Kekurangan dari aplikasi ini yaitu tak bisa digunakan di macOS.

Roomstyler 3D Home Planner

Roomstyler adalah aplikasi desain rumah untuk kamu yang ingin serba mudah dan cepat. Aplikasinya sangat intuitif sehingga kemungkinan besar kamu tidak membutuhkan video tutorial untuk memulai.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah kamu bisa membuat ruang khusus hanya dalam sejekap. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk menghias ruangan menggunakan produk merek asli.

Aplikasi Desain Rumah Android

aplikasi desain rumah
Unsplash/Fakurian Design

HomeByMe

HomeByMe adalah situs yang menjual berbagai macam furnitur. Namun, situs ini juga menyediakan aplikasi desain rumah yang gratis dan memiliki banyak fitur.

Cara kerjanya cukup sederhana. Dalam aplikasi desain rumah HomeByMe, kamu akan melihat sejumlah produk mereka.

Kemudian, kamu bisa mendesain ruangan sesuka hati baik dalam mode 2D atau 3D setelah menyelesaikan denah lantai dan mendesain tampilan setiap ruangan.

Menariknya, saat mendesain ruangan, kamu akan menggunakan barang-barang yang memang mereka jual sehingga desain kamu akan terlihat lebih nyata.

Houzz

Houzz adalah aplikasi desain interior berbasis Android dan iOS yang bisa kamu gunakan untuk merancang rumah.

Selain gratis, kelebihan lain dari Houzz adalah aplikasi desain rumah ini memiliki referensi desain yang sangat beragam.

Jadi, kamu bisa menggunakan referensi tersebut untuk membangun rumah impianmu. Hanya saja, Houzz tidak memiliki fitur seperti aplikasi desain rumah lain. Houzz lebih cocok sebagai aplikasi pembuat suasana alih-alih desain rumah.

Magicplan

Aplikasi desain rumah berikutnya adalah Magicplan. Melalui ponsel, kamu bisa membuat denah lantai berdimensi menggunakan kamera atau GPS. Menariknya, kamu tak perlu mengukur denahnya terlebih dulu.

Aplikasi ini akan secara otomatsi mengukur ruangan melalui foto yang digabungkan yang kemudian menghasilkan denah 3D. Selain itu, denah lantai juga dapat disesuaikan tergantung kebutuhan.

Aplikasi desain rumah ini juga memiliki fitur praktis tambahan seperti pipa ledeng, kelistrikan, dan lain-lain. Hanya saja, untuk berjaga-jaga kamu perlu mengukur denahmu untuk mengantisipasi salah ukur dari aplikasi.

BACA JUGA  Brawlhalla Mod Apk v 6.02 Download untuk Unlimited Money dan Coins

Aplikasi Desain Rumah Interior

aplikasi desain rumah
Unsplash/ConvertKit

Carpetright visualizer

Lantai adalah salah satu aspek penting dalam rumah. Lantai yang berbeda dapat memberikan mood yang berbeda pada seisi rumah.

Nah, apabila kamu berpikir untuk mengganti lantai, aplikasi desain rumah ini bisa membantu membayangkan seperti apa ruangan kamu jika sudah dipasang karpet, vinil, kayu, atau lantai laminasi.

Caranya mudah. Cukup ambil foto kamar yang mau kamu coba lalu unggah ke aplikasi. Setelah itu, kamu juga bisa menyesuaikan warna dinding dan jenis lantai.

Jika sudah selesai, kamu bsia menyimpan hasilnya uantuk ditunjukkan ke orang yang terlibat.

DFS room planner

DFS adalah merek sof yang berbasis di Inggris. Melalui situs mereka, banyak jenis sofa yang mereka jual dengan kualitas yang baik.

Namun, untuk mempermudah pelanggannya dalam memilih sofa, DFS menyediakan aplikasi desain rumah untuk merancang rumah idamanmu.

Sofa adalah elemen penting yang bisa membuat rumah kamu menjadi lebih nyaman. Untuk mengetahui apakah sofanya cocok dengan rumahmu, kamu bisa menggunakan tampilan 2D atau tampilan 3D di aplikasi desain rumah ini.

Kemudian, pilih bentuk ruangan, masukan ukuran, dan tentukan warna dinding dan lantai. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan aksesoris untuk mempercantik ruangan.

BACA JUGA  7 Cara Download Aplikasi Di Laptop dan Cara Menjalankannya

Aplikasi Desain Rumah untuk Profesional

aplikasi desain rumah
Unsplash/Daniel McCullough

Planner 5D

Planner 5D adalah aplikasi desain rumah yang komplit dengan segudang fitur menarik. Tampilannya pun sangat imersif. Kamu bisa menjelajahi hasil desainmu seperti sedang benar-benar berada di dalam bangunannya.

Dengan Planner 5D, kamu bisa mulai mendesain dari awal atau menggunakan template yang sudah disediakan, cocok jika kamu tidak punya waktu untuk membuat desain yang rumit.

Mulai dari bentuk lantai, ukuran, bahan, warna, jendela, pintu, furnitur hingga aksesoris, semuanya bisa kamu temukan di aplikasi desain rumah ini.

Hanya saja, kamu perlu mengeluarkan uang lebih jika ingin menggunakan furnitur yang disediakan dalam aplikasi.

SketchUp

SketchUp adalah salah satu aplikasi top of mind jika bicara soal aplikasi desain rumah. Selain gratis, SketchUp juga cukup lengkapn dan mendalam dari segi fitur. Aplikasi desain rumah ini membuat kamu seperti sedang berada benar-benar berada di rumah masa depan.

SmartDraw

SmartDraw adalah aplikasi desain rumah lain yang cocok untuk perencanaan lantai. Aplikasi ini cukup mudah untuk dipelajari sehingga cocok untuk pemula, namun fasilitas desain rumit yang disediakan juga cocok bagi desainer yang lebih mahir.

Dengan pilihan furnitur, mobil, bahan bangunan, dan ribuan template desain, kamu bisa berkreasi sejauh apa pun yang kamu mau tanpa batas.

Namun, satu-satunya kekurangan dari aplikasi ini adalah hanya gratis selama tujuh hari pertama. Jadi, jika mau menggunakan aplikasi ini lebih lama, kamu harus upgrade ke versi premium.

BACA JUGA  9 Cara Download Video YouTube Tanpa Aplikasi, Mudah dan Anti Ribet

Penutup

Itulah beberapa aplikasi desain rumah yang bisa kamu coba. Mau desain dapur? Bisa. Mau desain kamar tidur? Tentu bisa. Bebaskan kreativitasmu saat merancang rumah impian menggunakan aplikasi-aplikasi di atas.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir. Nantikan berita menarik lainnya dari LiputanTimes. Selamat mencoba.

***