fbpx
aplikasi terjemah bahasa inggris
Unsplash/Firmbee

9 Aplikasi Terjemah Bahasa Inggris Selain Google Translate

LiputanTimes.com – Ketika membicarakan aplikasi terjemah bahasa Inggris, Google Translate pasti yang pertama kali muncul di pikiran kamu.

Jelas saja, aplikasi ini sudah ada sejak lama dan telah digunakan oleh banyak orang. Baik pelajar maupun pekerja profesional pasti pernah menggunakan Google Translate.

Namun, ternyata banyak lho aplikasi terjemah bahasa Inggris yang mumpuni selain Google Translate. Apa saja ya kira-kira? Yuk langsung simak daftar di bawah ini.

BACA JUGA  11 Aplikasi Desain Rumah Gratis untuk Android, PC, dan iOS

Aplikasi Terjemah Bahasa Inggris untuk Android

Microsoft Translator

aplikasi terjemah bahasa inggris
PlayStore

Siapa sangka, selain menguasai dunia software dengan Microsoft Office, perusahaan software asal Amerika ini juga memiliki aplikasi terjemah bahasa Inggris. Namanya adalah Microsoft Translator.

Tidak hanya Inggris ke Indonesia dan sebaliknya. Aplikasi ini juga dapat menerjemahkan teks dan suara ke lebih dari 70 bahasa.

Tidak melulu perlu internet, semua bahasanya bisa kamu download sehingga kamu bisa menerjemahkan kapan saja kamu perlu.

Selain itu, aplikasi terjemah bahasa Inggris ini juga memiliki beragam fitur menarik. Ada fitur terjemahan kamera untuk menerjemahkan teks dalam foto dan tangkapan layar.

Ada juga fitur penerjemahan percakapan yang memungkinkan kamu untuk mengobrol langsung dengan hingga 100 orang dalam berbagai bahasa

iTranslate

aplikasi terjemah bahasa inggris
PlayStore

iTranslate adalah aplikasi terjemah bahasa Inggris yang mudah untuk digunakan. Antarmukanya sederhana sehingga kamu tidak perlu banyak mempelajari aplikasi ini sebelum memulai.

Lewat versi gratisnya, kamu bisa menerjemahkan tulisan dari bahasa Indonesia ke lebih dari 100 bahasa.

Mau belajar cara pengucapannya? Bisa juga. Aplikasi terjemah bahasa Inggris ini memiliki suara pria atau wanita yang bisa kamu setel sesuka hati. Bahkan, kamu bisa menggunakan dialek yang berbeda lho.

Kalau kamu butuh fitur tingkat lanjut seperti konjugasi kata kerja dalam tenses yang berbeda dan mode terjemahan offline untuk lebih dari 40 bahasa, kamu bisa memperbarui status aplikasi menjadi premium.

Reputasi aplikasi terjemah bahasa Inggris ini juga cukup baik. Beberapa media besar seperti The Hufftington Post dan Time memberikan ulasan positif tentang aplikasi ini. Tertarik untuk mencoba?

SayHi

aplikasi terjemah bahasa inggris
PlayStore

SayHi adalah aplikasi terjemah bahasa Inggris keluaran perusahaan raksasa e-commerce, Amazon. Keuntungan dari aplikasi ini adalah gratis, tidak ada versi premium, dan tidak ada iklan.

Ukurannya pun terbilang cukup kecil yaitu 11 MB saja. Jadi, jika memori ponsel kamu sudah penuh, mengunduh SayHi bisa menghemat cukup banyak ruang di memori.

Selain itu, ukurannya yang kecil juga membuat aplikasi terjemah bahasa Inggris ini lebih cepat dalam memuat data sehingga nyaman untuk digunakan saat terburu-buru.

Ada ratusan bahasa yang bisa kamu gunakan di sini, tak hanya bahas Inggris, dan didukung oleh kemampuan menerjemahkan dalam percakapan.

Sayangnya, jika kamu menjeda percakapan, aplikasi ini sering mengalami masalah ketika kamu ingin melanjutkan percakapan dengan orang lain.

BACA JUGA  5 Alasan Aplikasi Opera Mini Harus Jadi Browser HP Utamamu

Papago

aplikasi terjemah bahasa inggris
PlayStore

Aplikasi terjemah bahasa Inggris selanjutnya yang cocok untuk traveler adalah Papago. Mau menerjemahkan selama jalan-jalan atau perjalanan bisnis, Papago bisa jadi pilihan.

Papago mendukung 13 bahasa dalam aplikasinya yaitu Korea, Inggris, Jepang, Cina, Spanyol, Prancis, Vietnam, Thailand, Indonesia, Rusia, Jerman, dan Italia.

Papago memiliki fitur seperti real time terjemahan teks untuk frasa dan kata dan penerjemahan otomatis dari teks dalam gambar.

Selain itu, Papago juga mendukung terjemahan suara real time ke teks dan audio serta terjemahan percapakan secara bersamaan.

TextGrabber

aplikasi terjemah bahasa inggris
PlayStore

Berbeda dari aplikasi terjemah bahasa Inggris sebelumnya, TextGrabber berfungsi sesuai namanya. Aplikasi ini hanya memungkinkan kamu untuk menerjemahkan teks.

Aplikasi ini berguna saat kamu sedang mengerjakan karya tulis yang membutuhkan sumber dari jurnal-jurnal internasional.

Atau, jika kamu hanya sedang bingung saat sedang baca buku namun malas mengetik, aplikasi ini bisa kamu gunakan.

Yang perlu kamu lakukan hanya mengarahkan kamera ke potongan teks yang dicetak dan aplikasi ini akan menerjemahkannya dengan cepat.

Selain itu, TextGrabber bisa kamu gunakan tanpa koneksi internet! Hemat kuota banget kan?

Yandex Translate

aplikasi terjemah bahasa inggris
PlayStore

Yandex Translate adalah layanan web yang disediakan oleh Yandex. Namun, ada juga lho versi aplikasinya.

Aplikasi terjemah bahasa Inggris ini mampu menerjemahkan ke lebih dari 100 bahasa dalam mode terjemahan teks.

Sayangnya, fitur penerjemahan visual menggunakan kamera hanya bisa digunakan untuk 12 bahasa yaitu Ceko, Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Polandia, Portugis, Rusia, Spanyol, Turki, Cina, dan Ukraina.

BACA JUGA  6 Cara Download Video Instagram Tanpa Aplikasi Untuk Feed, Story, Reels

Aplikasi Terjemah Bahasa Inggris untuk iOs

TripLingo

Jika kamu pengguna iPhone dan suka jalan-jalan, TripLingo adalah aplikasi terjemah bahasa Inggris yang cocok buat kamu.

Bahkan, tidak hanya bahasa Inggris. Aplikasi ini juga bisa menerjemahkan ke lebih dari ratusan bahasa.

Sesuai namanya, TripLingo ditujukan untuk pelancong yang ingin jalan-jalan namun belum menguasai bahasa tempat yang dikunjungi.

Aplikasi terjemah bahasa Inggris ini memiliki fitur menarik seperti Voice Translator. Kamu bisa berkomunikasi dengan mudah sambil langsung menerjemahkan suara kamu ke bahasa lain.

Lalu, tanggapan orang yang kamu ajak bicara juga akan diterjemahkan kembali ke dalam bahasamu.

Selain itu, TripLingo juga memiliki daftar ungkapan yang mencakup frasa formal, santai, dan gaul. Ada lebih dari 2.000 frasa per bahasa!

Jadi, traveler, tertarik untuk coba aplikasi terjemah bahasa Inggris ini?

iHandy

aplikasi terjemah bahasa inggris
iHandy

Jika kamu perlu berkomunikasi dengan orang yang berbicara bahasa lain melalui media sosial, iHandy adalah aplikasi terjemah bahasa Inggris yang bisa kamu pertimbangkan.

Aplikasi gratis ini mampu menerjemahkan konten ke dalam 52 bahasa dan menawarkan integrasi bawaan untuk Facebook dan Twitter.

Selain itu, fitur riwayat iHandy juga sangat membantu karena memungkinkan kamu menghemat waktu dengan menelusuri riwayat kamu untuk terjemahan yang baru saja digunakan.

Speak and Translate

aplikasi terjemah bahasa inggris
App Store

Seperti namanya, Speak and Translate memungkinkan kamu untuk menerjemahkan suara ke dalam 54 bahasa.

Aplikasi ini akan segera menangkap suara kamu dan akan menerjemahkannya ke dalam bahasa yang diinginkan. Mirip seperti interpreter.

Aplikasi terjemah bahasa Inggris ini cukup efisien untuk mengenali bahasa sumber dan dengan cepat mengubahnya ke dalam bahasa target.

Meski begitu, Speak and Translate tidak hanya berfungsi sebagai aplikasi penerjemah suara. Fitur terjemahan teksnya bisa kamun gunakan untuk lebih dari 117 bahasa.

Akan tetapi, aplikasi terjemah bahasa Inggris ini tidak tersedia untuk perangkat Android karena Speak and Translate hanya bisa kamu download di perangkat iOs.

BACA JUGA  9 Aplikasi Edit Video PC Gratis Untuk Pemula, Vlogger, YouTuber

Penutup

Itu dia sembilan aplikasi terjemah bahasa Inggris selain Google Translate. Ternyata banyak juga ya pilihannya. Ada yang buat profesional, buat traveling, atau belajar bahasa sehari-hari.

Menggunakan aplikasi terjemahan adalah cara yang efisien untuk menghilangkan hambatan bahasa dan memastikan komunikasi antara orang-orang yang berbicara bahasa yang berbeda.

Baik komunikasi tersebut berupa pesan sederhana antara teman atau sesuatu yang lebih rumit, seperti untuk melakukan bisnis atau melakukan perjalanan ke luar negeri.

Terima kasih telah membaca artikel ini sampai akhir. Nantikan informasi menarik lainnya dari LiputanTimes.

***