Layar iPhone 14 Bakal Punya Dua Lubang untuk Kamera Selfie?

Beberapa tahun lamanya ini, iPhone sering tampil dengan layar berponi atau (notch). Hal itu dimulai dari iPhone X (2017) hingga yang terbaru iPhone 13 series (2021). Tetapi, kemungkinan akan ada perubahan desain poni pada perangkat Apple yang terbaru ini. Sebut saja iPhone 14yang bakal dirilis tahun ini mempunyai desain hole atau layar berlubang. Rumor tersebut di sampaikan oleh Ross Young selaku CEO Display Supply Chain Consultants (DSCC), yang juga dikenal sebagai salah satu pembocor gadget ternama.

Young menyebut bahwa ia meyakini layar iPhone 14 Pro akan tampil bergengsi dan berbeda dari biasanya, yakni dengan kehadiran dua lubang layar untuk satu bulat dan satu lubang berbetuk pil. Dua lubang tersebut mempunyai ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan notch di iPhone yang selama ini ada. Dengan begitu maka tampilan layar akan lebih luas.

“Kini kami percya Apple akan memiliki desain lubang dan pil untuk model iPhone 12 Pro dan Pro Max. Lubang yang kecil tidak akan begitu terlihat. Konsep dua lubang ini akan unik bagi Apple, sebagaimana poni, bentuk lubang pilnya tidak sama seperti semua model lubang dari Huawei,” jelas Ross Young dalam twitnya.

Dalam unggahan serupa, Young turut serta menunjukkan gambar render iPhone Pro dengan dua lubang layar yang sama, yang sebelumnya dibagikan di Twitter oleh ShrimpApplePro dengan handle @VNchocoTaco. Adapun lubang tersebut bakal menampung berbagai sensor serta kamera depan ponsel.

Menurut Young, lubang layar berbentuk pil itu akan menampung kamera depan dan juga sensor inframerah. Lalu untuk lubang layar bulat akan menjadi tempat dot projector (proyektor) Face ID, yang tugasnya memproyeksikan titik inframerah guna mengenali wajah pengguna.

Apabila bocoran dari Ross Young akurat, ini menjadi jawaban atas rumor yang menyebutkan bahwa Apple akan merombak serta memindahkan sejumlah sensor Face ID di bawah layar. Kabar sebelumnya, Apple disebut-sebut akan memindahkan sensor Face ID ke bawah layar iPhone 14.

Akan tetapi tentu saja, kepastiannya baru bisa dilihat jelang acara peluncuran nantinya. Sementara untuk desain iPhone 14 Pro yang akan membawa punch hole, kabarnya akan dipasok oleh Samsung. Untuk rumor tersebut datang dari media Business Korea bahwa tiga vebdir potensial yang memasok layar bolong  termasuknya Apple pada iPhone generasi 14 varian Pro. Selain vendor Korea Selatan, nama pemasok lain yang disebut dalam laporan itu juga mencakup bagian keluarga satu negara yakni LG dan yang lainnya BOE (Best on Earth).

BACA JUGA  Karya Anak Bangsa, Tablet Android Kubik Genta 10 Buatan Pemuda Asal Garut

Perangkat iPhone 14 dilaporkan bakal hadir ke dalam dua model  yakni layar seluas 6,1 inci untuk iPhone 14 udan iPhone 14 Max 6,7 inci. Begitupun dengan iPhone 14 Pro yang disebut bakalan hadir dalam dua model, yakni mecakup iPhone 14 Pro 6,1 inci dan iPhone 14 Pro Max 6,7 inci.

Mengutip dari Kompas Tekno Minggu (16/01/2022), iPhone 14 varian Pro kemungkinan hadir dengan kamera utama sebesar 48 MP. Tentu saja resolusi itu telah meningkat jika dibandingkan dengan iPhone 13 Pro yang hanya membawa kamera beresolusi 12 MP. Sementara untuk dapur pacu, mereka mengandalkan chip A16 Bionic besutan Apple.

Untuk saat ini belum diketahui kapan Apple akan merilis iPhone 14. Tetapi jika mengacu pada riwayat peluncuran iPhone generasi sebelumnya, kemungkinan lini iPhone 14 akan diperkenalkan akhir tahun ini.