Super Privasi, Smartphone Benco V80s Rilis Tanpa Kamera dan GPS

Melihat kehebohan para vendor yang antusias berlomba memberikan ponsel mumpuni, termasuk dalam sektor kamera. Berbeda halnya dengan Benco, produsen smartphone asal China yang justru mewujudkan hasilnya lebih sederhana namun menarik.

Benco dikabarkan merilis ponsel dengan nama Benco V80s yang tampil tanpa keberadaan kamera dan GPS. Hal itu karena Benco beralasan ingin membuat perangkat yang fokus untuk melindungi privasi dan keamanan pengguna. Artinya, smartphone Benco V80s lebih unggul dibagian privasi pengguna agar lebih aman.

“Dengan desain ini, Anda dapat menikmati kehidupan yang lebih aman dan bebas tanpa khawatir akan malware yang memantau dari kamera atau lokasi GPS,” demikian keterangan yang ditulis Benco Mobile pada situs resminya.

Absen dari fotografi, pengguna smartphone Benco nantinya juga tidak perlu khawatir terhadap malware “mata-mata” yang bisa mengakses kamera tanpa izin. Bahkan penjahat “Cyber” pun juga tidak dapat mengakses data lokasi, lantaran tak ada dukungan chip GPS di V80s.

Secara umum tampilan Benco V80s memang mirip seperti smartphone pada umumnya. Pada bagian depan mempunyai poni (notch) yang menampung sensor carak dan cahaya, demikian alih-alih penempatan kamera depan. Luas layarnya yakni 6,5 inci dibentangkan dengan aspek rasio 20:9 dan mampu menampilkan resolusi 1600 x 720 piksel. Dibagian sektor pacu, Benco V80s bertenaga chipset octa-core Unisoc SC9863A dengan clockspeed 1,6 GHz.

Dukungan chipset kemudian dipadupadankan dengan kapasitas RAM sebesar 4 GB dan penyimpanan 64 GB. Bahkan perangkat Benco tersebut menyediakan opsi konfigurasi 3 GB/32 GB. Selain itu pngguna juga masih bisa memperluas penyimpanan dengan menggunakan slot microSD.

Sebagai jantung smartphone, kapasitas baterainya memiliki kapasitas 5.000 mAh. Beberapa fitur dukungan lainnya meliputi jaringan 4G, wifi dual-band, sensor pemindai sidik jari di bagian punggung serta dukungan kartu SIM ganda.

Ponsel yang dipasarkan di market China itu menggunakan sistem operasi Android 11. Varian warna yang di hadirkan Benco V80s yakni biru dan silver. Meskipun telah marak kabarnya, sampai rumor perilisannya tetapi harga maupun ketersediaan Benco V80s belum di umumkan oleh perusahaan.

BACA JUGA  Xiaomi Redmi Note 10 5G Dipastikan Mendarat di Indonesia Minggu Depan