Andalkan Anak, Pengemis Punya Mobil dan Motor Baru

LiputanTimes.com – Sepasang pengemis punya mobil ketika rumahnya di Sampit, Kalimantan Tengah didatangi oleh Dinas Sosial.

Diketahui pengemis punya mobil tersebut dulunya memang terpaksa mengandalkan iba dari warga Sampit untuk menyambung hidup.

Selain Pengemis punya mobil dia juga memiliki sepeda motor baru yang diparkir di depan rumahnya.

Seperti apa kondisi rumah dan cerita dibalik kekayaan keluarga pengemis tersebut? Berikut kisah lengkapnya.

BACA JUGA  Beli Motor Pakai Uang Koin, Sampai Harus Kerahkan 8 Orang untuk Hitung!

Pengemis Punya Mobil dan Motor

Anggota Polisi Pamong Praja dan Dinas Sosial Kabupaten Kotawaringin TImur terkejut ketika mengunjungi rumah keluarga pengemis di Sampit pada Sabtu (29/01/2022).

Pada hari Kamis (27/01/2022) pekan yang sama mereka baru saja menjaring sembilan bocah ketika melaksanakan penertiban pengemis dan gelandangan yang ternyata masih satu keluarga.

Diketahui keluarga tersebut hidup dengan cukup layak dan bahkan memiliki barang-barang mewah dari hasil mengemis di kota.

“Walaupun bukan mobil baru, tapi tetap saja itu bukan barang murah. Juga ada sepeda motor baru. Mereka juga mengenakan perhiasan emas dan handphone android.

Kehidupan mereka tidak menggambarkan orang tidak mampu yang terpaksa meminta-minta,” tutur Kepala Satpol PP Kotawaringin Timur Marjuki ketika menjelaskan kondisi keluarga tersebut.

BACA JUGA  Sempat Dikira Pengemis dan Diremehkan, Kakek Lusuh Beli Harley Tunai Bikin Kaget!

Pengemis Punya Mobil dan Motor Hasil Gunakan Anak

Ternyata, keluarga 12 anak ini pendatang asal Kabupaten Seruyan yang merantau. Mereka pernah terjaring razia serupa dan dipulangkan sebelum kembali lagi ke Sampit.

Tadinya sang ibu juga ikut mengemis dan ayahnya bekerja sebagai buruh tetapi sekarang anak-anaknya yang bertugas untuk turun ke jalanan.

Dari kesaksian salah satu anak, mereka sendiri rela bekerja hingga malam karena bisa mendapatkan hingga ratusan ribu rupiah setiap harinya dan enggan meninggalkan kehidupan jalanan.

Kondisi mental para anak yang lebih memilih uang ketimbang sekolah atau bahkan bermain pun bikin geleng-geleng para petugas yang hanya bisa berharap ada perubahan setelah kejadian ini.

BACA JUGA  Banyak Yang Mendoakan, Potret Bocah Ajari Adik Ngaji Sambil Jualan Balon di Pinggir Jalan Bikin Haru

Penutup

Tidak dapat dipungkiri, akan ada saatnya ketika anak-anak ini harus menghidupi diri sendiri atau keluarga, tetapi untuk sekarang kewajiban itu jatuh kepada kedua orang tua mereka.

Mirisnya lagi, mereka menolak untuk meninggalkan gaya hidup tersebut karena terlanjur mengenal uang di usia dini.

Semoga kisah viral ini dapat meningkatkan kesadaran kita terhadap peran orang tua dalam mendidik dan menafkahi keluarganya. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel viral berikutnya.

***