Mulung Habis Sekolah, Riko Bocah Yatim ini Kadang Ambil Sisa Makanan di Tempat Sampah

Disaat banyak anak dimanjakan dengan gadget dan fasilitas lainnya dan kasih sayang orang tua, hal tersebut ternyata tidak bisa dirasakan oleh Riko sang pejuang kecil yang harus menghadapi kerasnya kehidupan diusianya yang masih dini.

Sejak ditinggal sang ayah saat masih dalam kandungan Riko tumbuh menjadi anak yang mandiri, ingin membahagiakan ibu dan menjadi seorang pemadam kebakaran itulah cita-cita mulianya.

Setiap sepulang sekolah ia rela panas-panasan memungut sampah demi membantu keuangan sang ibu. Terik matahari yang begitu menyengat ia lawan, tak ada sedikitpun keterpaksaan dalam dirinya untuk bekerja sebagai pemulung.

 

Sampah yang diambil berupa kaleng bekas, botol, kotak. Barang tersebut kemudian ditimbun dalam keranjang. Sekitar 1-2 bulan ketika sudah banyak mereka jual. Penghasilan yang Riko dapatkan sekitar 20-25 ribu per harinya. Pendapat segitu Alhamdulillah masih cukup untuk mereka membeli beras seadanya.

Alangkah sedihnya lagi, Riko pernah mengambil sisa-sisa makanan yang dibuang orang seperti Roti, Ayam, maupun sayuran. Makan tersebut ia bawa pulang, apabila masih bagus, maka ia makan bersama sang Ibu.

 

Sudah 3 tahun lamanya Riko membantu sang ibu mulung di TPS, bukan tanpa alasan ia tak ingin melihat sang ibu menderita karenanya.

 

Riko tidak pernah pernah berputus asa, antusias sangat luar biasanya sekali, yang terkadang ia juga pernah berangkat sendiri ke TPS. Jujur saja Riko sebenarnya hanya ingin bermain dan fokus sekolah namun karena keterbatasan ekonomi Riko tak bisa berbuat apa-apa selain membantu sang ibu bekerja.

Tak terbayang, betapa tangguhnya bocah yatim berusia 8 tahun ini. Jauh dari kata layak, kehidupannya begitu memprihatinkan. kerasnya kehidupan menjadi teman tumbuhnya saat ini. Jangankan bermanja, Riko sudah harus menjadi tulang punggung keluarga.

 

#PejuangKebaikan Bocah yatim ini sudah harus memikirkan bagaimana caranya untuk bertahan hidup. Ia tak berpikir tentang bermain baginya mencari uang untuk makan Ibunya jauh lebih penting. Maukah sisihkan sedikit rezeki untuk membantu meringankan beban Riko, yatim tangguh ini?

BACA JUGA  Menantikan Gerhana Bulan Total 8 November 2022 Mendatang di Indonesia

 

Untuk Donasi bisa klik https://www.donasionline.id/kisahriko/