fbpx

Ngeri! Kakek 79 Tahun Meninggal Disengat Tawon Vespa

LiputanTimes.com – Seorang kakek yang merupakan warga asal Gedangsari, DIY, meninggal akibat disengat tawon vespa pada Rabu (05/01/2022).

Kakek berusia 79 tahun yang bernama Harsono Suwarno meninggal disengat tawon vespa saat sedang mencari rumput pada sore hari.

Sebelum meninggal disengat tawon vespa, ia sempat ditolong oleh warga dan dilarikan ke rumah sakit Rumah Sakit Islam Cawas.

Seperti apa kronologinya? Apakah sengatan tawon vespa berbahaya? Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA  4 OPPO Find X3 Resmi Dirilis, Ini Spek Singkat dan Harganya

Kronologi Kakek Meninggal Disengat Tawon Vespa

Nasib nahas menimpa kakek Harsono yang sedang merumput di sekitar SDN Gumpit Gedangsari. Tanpa sadar, aritnya mengenai sarang tawon vespa.

Sontak, ratusan tawon vespa mengamuk dan menyengat dirinya tanpa ampun. Ia pun berlari menjauh hingga 100 meter untuk menyelamatkan diri.

Meskipun begitu, kawanan tawon vespa masih terus mengejarnya. Warga yang melihat kejadian itu bahkan sempat takut untuk menolong.

Kemudian, salah satu dari warga mengenakan pakaian pelindung sambil membawa obor yang disiram bensin untuk mengusir kawanan tawon vespa itu.

Setelah diasapi dengan obor oleh warga, kawanan tawon vespa berhasil diusir. Namun, tubuh Harsono sudah dipenuhi banyak luka sengatan.

Warga pun segera membawa Harsono ke Rumah Sakit Islam Cawas untuk diberi pertolongan lebih lanjut oleh petugas medis.

Meskipun telah mengusahakan yang terbaik, nyawa Harsono rupanya tidak berhasil diselamatkan. Ia meninggal pada malam harinya.

Jasadnya kemudian dibawa ke rumah untuk dimakamkan. Diduga, Harsono meninggal akibat banyaknya sengatan tawon di tubuhnya.

BACA JUGA  Download Soul Knight Mod Apk 3.4.2 Android, Unlimited Gem!

Apakah Sengatan Tawon Vespa Berbahaya?

Dilansir dari situs resmi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, populasi tawon vespa atau tawon ndas cukup banyak ditemukan di Indonesia.

Tawon vespa merupakan serangga berukuran 3 senti dengan tubuh berwarna hitam dan ciri gelang berwarna kuning atau jingga di bagian perutnya.

Sengatan tawon ini dapat menyebabkan reaksi alergi pada tubuh manusia berupa bengkak pada bagian yang terkena sengatan.

Sementara itu, jika sengatan cukup banyak, tubuh akan mengalami reaksi alergi berat yang berisiko merusak organ dalam tubuh.

Organ dalam yang rusak akibat sengatan yang terlalu banyak bisa menyebabkan edema paru akut dan gagal ginjal akut hanya dalam hitungan hari.

BACA JUGA  Buruan Cek Daftar Bantuan Rp1 Juta dari Pemerintah untuk Pelajar SD, SMP, SMA dan Mahasiswa, Yuk Cari Tahu Cara Ceknya

Penutup

Kakek Harsono, yang merupakan warga Gedangsari, DIY, dinyatakan meninggal disengat tawon vespa pada Rabu (05/01/2022) malam.

Hal itu terjadi lantaran luka sengatan yang cukup banyak. Secara umum, sengatan dari 1 tawon vespa hanya akan menyebabkan reaksi alergi ringan.

Meskipun begitu, tetap waspada dan berhati-hati jika ada sarang tawon vespa di sekitar tempat tinggalmu. Semoga informasi ini bermanfaat!

***