Urutan Kabel UTP Straight dan Cross

Urutan Kabel UTP

Kabel UTP adalah jenis kabel yang paling populer dan banyak berlaku untuk keperluan jaringan komputer karena kemampuan transmisi datanya yang kredibel dan harga yang murah. Urutan kabel UTP terdiri dari susunan warna yang polos dan bergaris.

Definisi Kabel UTP

Bagi Anda yang berasosiasi dengan dunia IT (Information Technology) pasti sudah familiar dengan kabel ini. Terkenal sebagai kabel yang biasa masyarakat gunakan dalam jaringan komputer untuk menghubungkan perangkat jaringan seperti switch, dan router.

Kabel UTP merupakan kepanjangan dari Unshield Twisted Pair, atau kabel jaringan terdiri dari banyak pasang kabel yang dipilin atau dililit menjadi satu dan dilindungi oleh bahan isolasi tanpa lapisan alumunium sebagai pelindung kabel.

Pada dasarnya kabel ini Unshield, sudah jelas jika daya tahan kabel ini tidak sekuat daya tahan kabel router lain. Kabel UTP kurang tahan terhadap interferensi elektromagnetik daripada kabel lain seperti kabel yang memiliki pelindung atau shield.

Namun, masih banyak yang senang menggunakan kabel UTP. Itu karena fiturnya yang bagus dan kemudahan dalam pemasangannya. Dalam sistem urutan kabel UTP, terdapat beberapa jenis pemasangan kabel yang biasa digunakan untuk jaringan internet, antara lain, Straight Through Cable dan Crossover Cable.

Fungsi Umum dari Kabel UTP

Kabel UTP seringkali untuk menghubungkan perangkat yang menggunakan jaringan seperti komputer, switch dan router ke LAN (Local Area Network) atau WAN (Wide Area Network).

Dalam artikel ini untuk lengkapnya, mari kita bahas lebih lanjut terkait fungsinya yaitu sebagai berikut:

1.      Penghubung Komputer dengan Perangkat Lainnya

Dalam hal ini, UTP dapat menghubungkan antar komputer dengan computer lain, komputer dengan router, komputer dengan mesin printer/fotokopi, komputer dengan scanner, dan lain sebagainya.

2.     Penghubung Router dengan Perangkat Lainnya

Fungsi kedua yaitu kabel UTP dapat menghubungkan router dengan hub ethernet, dengan susunan Straight Through.

3.     Selaku USB Extender

Kemudian kabel UTP sebagai pihak yang mengulurkan jarak kabel dari port ke connector. Selain itu, dapat juga mengulurkan jarak kabel printer agar terhubung ke komputer, dengan jack yang sesuai dengan printer.

Fungsi Khusus dari Kabel UTP

Ketiga fungsi tersebut merupakan fungsi kabel UTP secara umum. Namun untuk fungsi khususnya justru menyesuaikan berdasarkan warna yang ada pada kabel UTP sendiri, dengan kategori sebagai berikut:

  1. Kabel UTP yang memiliki warna Putih-Jingga, kabel UTP Jingga, kabel UTP hijau dan kabel UTP Putih-Hijau sebagaimana berfungsi sebagai perantara untuk menghantarkan arus kuota data.
  2. Sementara kabel UTP biru dan kabel UTP dengan warna Putih Biru, berfungsi menghantarkan arus kuota suara.
  3. Kemudian kabel UTP coklat dan kabel UTP yang memiliki warna Putih Coklat memiliki fungsi untuk menghantarkan tegangan arus direct current/DC.
BACA JUGA  Tau Nggak Si? Headphone Ternyata Dulu Bukan Untuk Dengerin Musik Loh!

Jenis-Jenis Kabel UTP

Berdasarkan beberapa sumber terkait, selain berbeda warna, kabel UTP juga memiliki jenis yang berbeda. Berikut ini jenis-jenis kabel UTP yang patut Anda tahu seperti halnya:

  1. Jenis Kabel UTP dalam kategori CAT3. Biasanya Kabel ini untuk penggunaan saluran telepon. Kecepatan CAT3 dengan ukuran 10 Mbps dalam jarak sejauh 100 meter.
  2. Jenis Kabel UTP kategori CAT4. Biasanya penggunaan jenis ini untuk token berbentuk ring. Modifikasi kabel dengan ukuran kecepatan sebesar 16 Mbps hingga 100 meter.
  3. Jenis Kabel UTP dengan kategori CAT5 yang berbentuk saling terpasang dan bengkok. Memiliki kecepatan yakni sejauh 100 meter dengan ukuran sebesar 100 Mbps. Kabel CAT5 mode biasa ini.
  4. Jenis Kabel UTP CAT5e, hampir mirip dengan versi CAT5, perbedaannya hanya terdiri dari empat pasangan serta kecepatannya yang lebih besar yakni 1Gbps per 100 meter.
  5. Jenis terakhir dari kabel UTP ini yakni CAT6 yang biasa untuk Enternet serta jaringan data di pusat. Terdiri dari keempat pasangan yang saling berlilitan satu sama lain. Kabel ini terdiri dari ukuran 100 Gbps per 100 meter serta 10 Gbps per 50 meter.

Perbedaan antara Kabel UTP dengan Kabel STP

Hal yang patut Anda tahu sebelum membahas urutan kabel UTP yakni perbedaan antara kabel UTP serta STP. Guna mencegah terjadinya kesalahan saat memilih kabel. Anda perhatikan secara seksama perbedaan antara keduanya.

Kabel UTP jelas berbeda dengan STP. Sesuai dengan singkatannya UTP (Unshielded Twisted Pair) maka kabel tidak memiliki pelindung sama sekali. Sementara STP (Shielded Twisted Pair) merupakan kabel dengan pelindung dari elektromagnetik dan interferensi gelombang radio.

Dari segi harga kabel STP lebih mahal, namun kekurangannya sulit untuk terpasang, sehingga untuk pemasangannya harus menggunakan bantuan tenaga yang berkompeten di ranah instalasi kabel dan listrik.

Inilah Urutan Kabel UTP

Urutan kabel UTP harus tersusun secara straight dan cross. Urutan ini harus berlaku sebagaimana mestinya, karena jika tidak justru akan berakibat fatal. Susunan straight dan cross memiliki makna yang berbeda.

1.     Susunan Straight

Maksud dari susunan straight yakni kabel UTP harus terpasang sejajar antara ujung satu dengan ujung kabel yang lainnya. Biasanya kabel ini untuk instalasi perangkat yang non sejenis. Susunan kabel ini sangat banyak dipakai karena sangat multi fungsi.

Multi fungsi yang terdiri dari kegunaannya untuk terhubung dari komputer ke jaringan, menghubungkan komputer ke bagian hub suatu jaringan, menghubungkan komputer ke LAN, melakukan switch ke hub, maupun switch ke area router.

BACA JUGA  Cara Membisukan Telepon WA dengan Mematikan Nada Dering

2.     Susunan Cross

Merupakan susunan kabel dengan warna berbeda di setiap sisi ujungnya. Fungsi dari susunan cross adalah menghubungkan antar perangkat yang sejenis. Tidak seperti susunan Straight, susunan cross malah jarang dipakai.

Walaupun masyarakat jarang memakai susunan UTP Cross, namun masih memiliki kegunaan atau fungsi antara lain sebagai sarana penghubung antara komputer satu dengan komputer lainnya. Mengaitkan antar hub serta penghubung antar router.

3.     Kategori Urutan Kabel UTP

Saat digunakan, urutan kabel UTP memiliki ketentuan dalam susunan kabelnya berdasarkan tujuan penggunaannya. Ada beberapa tipe warna urutannya, yang bisa Anda perhatikan sebagaimana berikut:

  1. Tata urutan berdasarkan kabel LAN straight yang terdiri dari
  • Warna Putih – Orange
  • Warna Orange
  • Warna Putih – Hijau
  • Warna Biru
  • Warna Putih – Biru
  • Warna Hijau
  • Warna Putih – Coklat
  • Warna Coklat
  1. Tata urutan berdasarkan kabel LAN jenis cross dengan sisi ujung 1 yang mana terdiri dari:
  • Warna Putih – Orange
  • Warna Orange
  • Warna Putih – Hijau
  • Warna Biru
  • Warna Putih – Biru
  • Warna Hijau
  • Warna Putih – Coklat
  • Warna Coklat
  1. Tata urutan berdasarkan kabel LAN jenis cross dengan sisi ujung 2 yang mana terdiri dari:
  • Warna Putih – Hijau
  • Warna Hijau
  • Warna Putih – Orange
  • Warna Biru
  • Warna Putih – Biru
  • Warna Orange
  • Warna Putih – Coklat
  • Warna Coklat

Mengapa Urutan Kabel UTP harus Sesuai dengan Susunannya ?

Kabel UTP yang terpasang memang warnanya harus sesuai dengan urutan maupun jenisnya. Jika tidak terpasang sesuai sistem yang berlaku maka resiko yang timbul adalah kabel UTP tidak bisa Anda gunakan.

Kalau begini, akan sangat sayang sebab  sudah membeli kabel justru produknya tidak bisa Anda pergunakan.

Kelebihan Kabel UTP

Penggunaan kabel UTP untuk LAN atau Local Area Network, tentunya dengan memperhatikan beberapa keunggulannya yang terdiri dari:

  • Masyarakat dapat menggunakan kabel ini secara mudah, bahkan bisa melakukan instalasi kabel sendiri.
  • Harga dari kabel UTP lebih terjangkau, daripada harga kabel STP.
  • Peredaran kabel UTP sangat luas. Bisa masyarakat temukan secara mudah karena kabel ini bukanlah jenis barang langka. ‘
  • Memiliki diameter yang sangat ramping, mudah untuk Anda pasang dan kaitkan dengan perangkat lain.
  • Pemasangan sangat mudah untuk Anda lakukan, apalagi saat kabel berada pada situasi crimping.
  • Kualitas kabel yang sudah tidak perlu Anda pertanyakan lagi. Sehingga tidak heran penjualan kabel ini sangat manis di pasaran.

Kekurangan Kabel UTP

Walau ada berbagai kelebihan. Dilain sisi, kabel UTP tetap memiliki kekurangan diantaranya yakni:

  • Memiliki jarak yang terbatas, dengan kapasitas 100 meter dalam jangkauan instalasinya.
  • Sudah banyak beredar kabel UTP yang palsu.
  • Tidak bisa mengakomodir gangguan yang ada dari luar seperti kerusakan akibat cuaca, gangguan hewan.
  • Kurang bisa berfungsi di wilayah dengan area yang sulit seperti halnya pegunungan atau perbukitan.
  • Kabelnya sangat lentur, jika tidak ada perawatan yang instan maka kerusakan sangat mudah terjadi.

Demikianlah informasi cukup lengkap tentang urutan kabel UTP. Semoga memberikan petunjuk bagi Anda yang ingin melakukan pembenahan listrik sendiri. Jika masih merasa kesulitan, Anda bisa meminta bantuan untuk memasangkan kabel kepada sosok yang profesional seperti tukang listrik.