Cara Memperjelas Foto yang Buram Online di Google

Cara Memperjelas Foto yang Buram Online

Pernahkah ketika Anda sedang mengambil gambar atau take off sebuah foto tetapi hasilnya sangat mengecewakan, gelap? Jika benar, maka Anda bisa menemukan solusinya dengan membaca artikel cara memperjelas foto yang buram online berikut ini.

Penyebab Pengambilan Foto Menjadi Buram

Sebelum memahami tentang tata cara memperjelas foto yang buram online. Anda harus lebih tahu terlebih dahulu “apa saja penyebab pengambilan foto menjadi buram?” Maka dengan begini, Anda akan terhindar dari pengerjaan take foto berkali-kali.

1.     Posisi Shutter yang Melambat

Jika Anda akan memotret dengan menggunakan kamera, pastikan agar posisi pergerakan shutter stabil. Ini karena jika shutter pada kamera melambat, maka objek gambar yang akan Anda hasilkan menjadi blur.

Demikian sangat penting untuk memeriksa posisi gerakan shutter stabil, salah gerakan sedikit saja maka hasil yang keluar akan kurang bagus. Rata-rata untuk gerakan shutter lebih besar daripada panjang lensa kamera. Jika kurang besar, sudah pasti jepretan yang tercipta akan kurang maksimal.

2.     Terpaku pada Stabilizer

Stabilizer memang dapat membantu Anda saat pengambilan gambar, namun penggunaan stabilizer hanya akan terasa pada objek yang sifatnya statis saja. Selain itu, resiko blur dan foto yang hasilnya kurang maksimal bisa saja terjadi, jika Anda hanya terpaku pada penggunaan stabilizer.

Namun jangan khawatir, Anda bisa menyiasati hasil foto blur dan kurang maksimal tersebut dengan cara mengatur dan memeriksa posisi gerakan shutter. Usahakan tetap pada kecepatan yang stabil. Jika Anda memotret objek yang bergerak, alangkah baiknya untuk menaikan ISO.  Menaikan ratio ISO dalam angka yang seimbang.

3.     Pengaturan ISO yang Terlalu Tinggi

Mengambil objek gambar, maka Anda perlu memperhatikan pengaturan ratio ISO. Atur saja di angka yang standar dengan gambar. Jangan terlalu tinggi, sebab jika ISO semakin tinggi, menimbulkan resiko foto yang akan Anda hasilkan akan kurang jelas dan pecah.

4.     Memegang Kamera dengan Posisi Tidak Benar

Posisi Anda dalam memegang kamera sangat mempengaruhi kualitas foto yang tercipta. Beberapa orang kurang menyadari hal ini, dan menganggapnya sepele. Maka dari itu, bagi Anda yang masih awam dalam mengambil gambar kuncinya adalah terus melakukan latihan.

BACA JUGA  5 Cara Kembalikan File Foto Terhapus di Android, iOS, dan Laptop

Lakukan latihan dalam memotret sebuah objek. Dari latihan yang paling dasar yakni memegang kamera hingga memahami teknik-teknik pencahayaan dan pengambilan gambar dari berbagai angle.

5.     Fokus yang Keliru

Beberapa kamera yang beredar di masyarakat saat ini lengkap dengan fitur pengaturan fokus pada objek. Tetapi fitur fokus tersebut hanya berlaku untuk foto objek umum-umum saja. Beberapa pengambilan gambar objek lain harus Anda atur secara manual. Sehingga dari sini agar hasil foto maksimal, Anda harus membiasakan diri untuk mengatur fokus secara manual.

6.     Lensa Berdebu

Lensa yang berdebu atau kotor juga bisa menyebabkan hasil foto menjadi buram. Ada beberapa faktor seperti kamera keseringan di pakai di luar, terkena debu saat disimpan. Maka dari itu Anda perlu membersihkannya. Terlebih Anda juga harus hati-hati jangan biarkan lensa terkena air karena beresiko mengakibatkan kerusakan pada lensa.

7.     Pencahayaan Pengambilan Gambar yang Rendah

Foto yang buram juga bisa akibat pencahayaan yang rendah. Apalagi jika kamera Anda menggunakan kamera ponsel yang sensor gambarnya jelas lebih kecil daripada DSLR atau mirrorless.

Guna menyiasati perihal pencahayaan yang kurang terang, apabila Anda menggunakan kamera ponsel maka Anda bisa memotret objek pada siang hari, menambah lampu atau menambah ring light sehingga pencahayaan lebih kentara.

8.     Keseringan Melakukan Zoom Saat Memotret

Ada 2 cara dalam melakukan zoom yakni dengan memfokuskan pada objek yang akan Anda foto dan memotong gambar ke area yang lebih kecil saat pemotretan. Tapi Anda perlu berhati-hati sebab zoom yang berlebihan bisa mengakibatkan kualitas gambar berkurang.

Maka dari itu, lebih baik saat melakukan pengambilan gambar, maka Anda mencari posisi angle yang tepat dan mengambil gambar secara detail saja. Cara lain yang bisa Anda lakukan disini adalah mengedit foto setelah pemotretan berlangsung.

Cara Memperjelas Foto yang Buram Online Di Sini

Setelah memahami penyebabnya, kini Anda bisa mengira-ngira alasan yang tepat mengapa objek foto yang Anda hasilkan justru buram. Lantas jika Anda ingin tahu cara memperjelas foto yang buram online secara mudah.  Maka perhatikan pembahasan berikut ini.

1.      Big Jpg

Solusi pertama untuk cara memperjelas foto yang buram online Anda bisa memanfaatkan Big Jpg sebagai salah satu layanan memperjelas gambar blur. Caranya pun cukup sederhana, Anda tinggal mengikuti arahan yang diberikan situs tersebut setelah selesai mendaftar akun.

BACA JUGA  OPPO A56 5G Rilis dengan Baterai 5.000 mAh RAM 6GB, Harganya?

Perlu Anda ketahui juga bahwa kualitas foto yang buram bisa karena banyak hal, kurang lebih seperti pemaparan sebelumnya. Seperti pencahayaan kurang baik, pergerakan kamera saat menangkap gambar, atau fokus kamera yang kurang tepat.

Oleh karena itu, Anda memanfaatkan situs Big Jpg sebagai opsi solutif untuk  memperbaiki  foto objek buram tersebut. Adapun langkah-langkahnya, perhatikan poin-poin sebagai berikut :

  • Membuka situs Big Jpg (https://bigjpg.com/), pastikan sinyal internet lancar.
  • Kemudian lakukan klik ‘Pilih Gambar’ pada menu yang tertera di layar handphone.
  • Lalu pilih gambar buram yang ingin Anda perjelas.
  • Setelahnya bisa lakukan klik ‘Mulailah’.
  • Anda juga bisa menyesuaikan resolusi pengaturan dengan kebutuhan.
  • Tunggu sejenak proses gambar sampai sukses.
  • Setelahnya, foto dapat Anda unduh jika selesai.

2.     Upscale Pics

Rekomendasi cara memperjelas foto yang buram online selanjutnya bisa menggunakan situs Upscale Pics. Situs ini sama seperti Big Jpg. Memiliki fungsi untuk memperjelas foto yang blur atau buram secara virtual.

Bahkan situs yang satu ini biasanya muncul pada barisan paling atas di mesin pencarian seperti Google jika menulis keyword ‘cara memperjelas gambar blur.’ Dengan begitu, situs Upscale Pics dapat menjadi solusi alternatif sebagai cara mempertajam foto atau menghilangkan blur pada gambar tanpa bantuan aplikasi.

Adapun untuk caranya sendiri Anda bisa mengikuti langkah berikut :

  • Carilah situs Upscalepics pada mesin pencarian (https://upscalepics.com/).
  • Kemudian buka situs tersebut lalu klik ”Upload Image” pada menu layar.
  • Anda bisa melanjutkannya dengan mengklik pilihan yang tersedia di samping foto sesuai dengan kebutuhan gambarmu.
  • Setelahnya tekan tulisan “Start Processing”.
  • Tunggulah proses beberapa saat hingga sukses, baru kamu bisa “Download foto”.

3.     Waifu2x

Cara memperjelas foto yang buram secara online sebagai solusi selanjutnya, Anda dapat menggunakan situs Waifu2x. Situs ini sama seperti layanan Big Jpg dan Upscale Pics yang memiliki fungsi untuk memperjelas gambar blur secara online tanpa aplikasi.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda terapkan dengan tata  cara berikut :

  • Bukalah situs Waifu2x pada laman (https://waifu2x.booru.pics/)
  • Kemudian tekan pilih file atau choose file.
  • Anda bisa memilih foto dari galeri laku masukan ke menu tersebut, tetapi pastikan ukurannya tidak lebih dari 8MB.
  • Kemudian tekan Waifu2x.
  • Tunggu proses perbaikan hingga Waifu2x selesai memperjelas foto.
  • Apabila sudah selesai. Anda bisa memilih format file sesuai kebutuhan antara JPG dan PNG.
  • Setelah itu Anda secara otomatis akan masuk ke laman preview.
  • Kemudian tinggal tekan tahan foto untuk opsi “Download Image.”
  • Foto tersebut tentu akan tersimpan dalam galeri.

Dengan demikian, itulah cara memperjelas foto yang buram online sebagai pengetahuan untuk Anda.  Kira-kira apakah Anda sudah dapat penyebab dari foto buram serta kira-kira cara manakah yang akan Anda gunakan untuk memperbaiki foto buram tersebut?