Yuk Baca! 4 Tips Mendapatkan Beasiswa S1 Untuk Kamu Lulusan SMA/SMK/MA Sederajat

Beberapa hari ini sering melihat status galau siswa yang baru lulus SMA/SMK/MA Sederajat karena mereka merasa bingung untuk menentukan tujuan hidup kedepannya. Mau kuliah harus ada biaya atau ingin dengan mendapatkan beasiswa S1, sedangkan untuk kerja mereka merasa belum siap karena minimnya kemampuan dan keahlian di bidang tertentu.

Kabar baiknya untuk kamu yang ingin kuliah sekarang Beasiswa S1 sudah banyak tidak seperti admin ketika kuliah sangat sulit mencari beasiswa S1 karena masih sedikit sekali saat 2008. Sekarang 2022 sudah banyak beasiswa dari Pemerintah, Lembaga Swasta dan lembaga lainnya yang siap mewujudkan impian kamu untuk kuliah.

Yuk kita simak Tips Mendapatkan Beasiswa S1 dari Tim Liputantimes :

1. Persiapkan Sejak masih kelas X atau 1 SMA

Kamu pasti merasa tim liputantimes lebay kan? tapi menurut tim Liputantimes yang berpengalaman dapat beasiswa S1 dan S2 adalah siswa yang sudah persiapan sejak awal. Karena salah satu yang wajib menonjol adalah nilai rapor untuk syarat beasiswa yang poin utamanya nilai tersebut. kalaupun kamu tidak mempunyai kemampuan akademik yang bagus maka berprestasilah di bidang lain seperti Olahraga, Seni dan lainnya.

Tentunya nilai rapor dan prestasi itu tidak bisa kamu dapatkan dengan cepat karena butuh usaha yang keras menjalaninya. Banyak juga yang akhirnya menyerah. Harus kamu pahami Beasiswa itu menerima yang karakter penerimanya sesuai dengan visi misi mereka jadi kamu harus siap dengan kondisi apapun.

Tapi saya sudah lulus dan tidak punya nilai rapor yang baik serta prestasi juga tidak ada. Jangan Menyerah masih ada beberapa beasiswa yang tidak terlalu ketat dan kemampuannya bisa kamu kejar tapi tetap harus melewati tahapan seleksi.

2. Rajin Membaca dan Mengumpulkan Informasi

Tips Beasiswa S1 yang penting adalah pengetahuan informasi. Salah satu kelemahan para pencari Beasiswa adalah bertanya “beasiswa apa, kapan tanggalnya?, syaratnya apa?” tidak salah sebenarnya namun pertanyaan itu kamu harus cari tahu sendiri dan kumpulan setiap informasinya. Karena Guru atau Mahasiswa tidak tahu pastinya setiap tahun jadwal, syarat dan beasiswa yang selalu berubah-ubah.

BACA JUGA  Viral Dua Anggota Polri Berantem karena Klakson di Bandung! Salah Satunya Impostor!

Bisa dikatakan kunci utama mendapatkan beasiswa adalah pengetahuan informasi kamu tentang Beasiswanya. Sempat beberkali membimbing peserta yang ingin beasiswa saat saya tanya jadwal dan syarat beasiswanya dia tidak tahu sama sekali. Ternyata waktu pendaftaran beasiswanya sudah lewat yang akhirnya dia harus mencari beasiswa lain atau mengikuti periode pembukaan selanjutnya yang mungkin bisa saja tahun depan.

Termasuk bertanya ke kakak kelas yang mendapatkan beasiswa atau cukup banyak informasi di Youtube untuk mengetahuinya.

3. Siapkan Syarat satu Bulan sebelum jadwal Penutupan Beasiswa

Menunda-nunda mengumpulan berkas syarat beasiswa adalah salah satu penyakit pencari beasiswa yang pada akhirnya mereka panik dan terburu-buru ketika waktu pentutupan jadwal pendaftaran semakin dekat.

Dengan berbagai dalih alasan kebanyakan menunda waktu karena mudah dilakukan ternyata sulit dan kadang ada faktor nonteknis yang bisa saja menghambat prosesnya.

Nilai rapor, Ijazah, piagam-piagam segera buat salinan legalisirnya agar saat dibutuhkan tinggal menyusun sesuai kebutuhan dan tidak perlu lagi kejadian panik karena masalah nonteknis. Nonteknis seperti apa sih kak? misalnya butuh tanda tangan kepala sekolah, ternyata kepala sekolah dinas keluar kota, sakit atau hal lainnya. Bisa juga jasa fotocopy yang ternyata tutup atau rusak padahal h-1 pengumupulan berkas dan banyak masalah yang kadang tidak kita duga.

4. Jangan takut Gagal

Saya ingin ikut beasiswa tapi takut gagal. Banyak yang berpikiran seperti ini tapi coba deh pikir kalau daftar ada peluang lolos, kalau tidak daftar sudah pasti tidak lolos. Jika kamu mencermati banyak juga yang sebelumnya gagal tapi setelah mencoba lagi dengan beasiswa lama atau yang lain berhasil. Jadi kalau gagal segera “move on” dan sadari kalau kamu belum lolos. Segera cari informasi beasiswa lain dan daftar. Begitulah sebuah perjuangan jika kita ingin mendapatkan yang kita inginkan.

Itulah 4 tips mendapatkan Beasiswa S1 dirangkum dari pengalaman tim Liputantimes. Jadi kunci utamanya memang dari persiapan, informasi Beasiswa, dan mental adalah hal yang sangat penting. Jadi tidak heran kadang siswa yang pintar  saja tidak lolos mendapatkan beasiswa sedangkan yang kerja keras lolos dan dapat mewujudkan impiannya.

BACA JUGA  Bansos BBM: Pekerja dengan Gaji Dibawah Rp3,5 Juta Dapat Bantuan Rp600 Ribu Pekan Ini

Sekian Informasi dari Admin, Terima Kasih.