fbpx
cara menghilangkan ngantuk saat berpuasa

Wajib Tahu Nih, 7 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Berpuasa

Tantangan paling berat yang umum dirasakan sebagian besar orang selama berpuasa selain lapar dan haus di siang hari adalah rasa kantuk yang begitu hebat. Tak heran jika banyak orang yang akhirnya mencari cara menghilangkan ngantuk saat berpuasa supaya bisa tetap produktif bekerja, beribadah, dan beraktivitas lainnya.

Ketika Anda mengetahui cara menghilangkan ngantuk saat puasa, maka rutinitas sehari-hari bisa tetap dilakukan dengan sehat tanpa terganggu rasa malas.

Penyebab timbulnya kantuk saat berpuasa

cara menghilangkan ngantuk saat berpuasa

Namun perlu Anda ketahui, rasa ngantuk dan lemas yang muncul di siang hari apalagi saat puasa merupakan suatu hal yang lumrah. Hal ini disebabkan tubuh yang tengah bekerja dengan energi lebih sedikit dari biasanya ditambah lagi dengan pola tidur yang terganggu.

Selama berpuasa di Bulan Ramadan, jadwal tidur Anda sudah pasti terganggu karena harus bangun sahur di jam-jam sepertiga malam terakhir. Cara menghilangkan ngantuk saat berpuasa sudah pasti jadi solusi terbaik apalagi jika tidak dikompensasi dengan tambahan jam tidur.

Para ahli juga mengungkap, bahwa kadar gula yang menurun saat berpuasa bisa jadi penyebab munculnya rasa kantuk terutama pada jam-jam tertentu di siang hari. Nah, gejala turunnya kadar gula darah ini biasanya diiringi dengan perasaan gemetar, lemas, dan sulit berkonsentrasi. Itulah sebabnya, Anda patut tahu bagaimana cara menghilangkan ngantuk saat berpuasa yang tepat.

Cara menghilangkan ngantuk saat berpuasa

cara menghilangkan ngantuk saat berpuasa

Berikut ini beberapa cara menghilangkan ngantuk saat berpuasa supaya tetap produktif dan ibadah Anda pun lancar.

Mengatur jam tidur

Ketika berpuasa, Anda akan mengalami perubahan pola tidur karena harus bangun sebelum subuh untuk menyantap makanan sahur. Inilah salah satu alasan mengapa Anda sering merasa ngantuk karena tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup. Namun sebaiknya, Anda juga tidak menghabiskan sepanjang waktu berpuasa untuk tidur.

Sebab, terlalu sedikit atau terlalu banyak tidur justru memicu kelelahan, lemas, pusing, dan rasa kantuk cukup parah di siang hari. Sebuah penelitian menunjukkan, setiap orang patut menjaga kualitas tidur yang ternyata juga sama pentingnya dari jam tidur itu sendiri. Inilah yang kemudian dianggap sebagai salah satu cara menghilangkan kantuk selama berpuasa.

Mandi air dingin

cara menghilangkan ngantuk saat berpuasa

Salah satu cara menghilangkan ngantuk saat berpuasa adalah mandi menggunakan air dingin sehingga tubuh menjadi lebih segar dan rasa kantuk pun hilang. Di samping itu, suhu air yang dingin juga bisa membantu melancarkan sirkulasi darah sekaligus memberi energi pada tubuh. Apalagi jika Anda memiliki masalah kesulitan bangun lebih awal.

BACA JUGA  Mantap! Cara Makan Burger Ini Asli Tak Bikin Isi Berantakan

Air dingin juga diketahui mampu mencerahkan kulit dan mengurangi peradangan sehingga baik dalam mengatasi masalah pembengkakan yang mungkin saja muncul di area wajah. Jadi sebelum mandi, Anda bisa coba mengguyur wajah dengan air dingin sebagai cara menghilangkan kantuk selama berpuasa.

Melakukan peregangan sederhana

Rata-rata orang cenderung mudah merasakan kantuk apabila kurang bergerak atau sekadar duduk diam dalam waktu lama. Rasa lelah dan kantuk ini bukan hanya diakibatkan karena terlalu banyak gerak, tapi juga justru karena sedikit atau bahkan tak ada gerakan sama sekali. Salah satu cara menghilangkan ngantuk saat berpuasa adalah melakukan peregangan sederhana.

Dengan cara menghilangkan ngantuk saat berpuasa tersebut, Anda bisa sejenak menghilangkan tanda-tanda mengantuk sekaligus melemaskan otot supaya tidak kaku. Selain itu, Anda juga bisa membuat tubuh bergerak dengan cara berjalan selama beberapa menit sambil menghirup udara segar.

Ketahuilah, cara menghilangkan ngantuk saat berpuasa seperti ini bisa memperlancar aliran darah sekaligus meningkatkan asupan oksigen ke otak sehingga rasa kantuk pun lenyap seketika.

Melatih pernapasan

cara menghilangkan ngantuk saat berpuasa

Bukan hanya melakukan peregangan tubuh, cara menghilangkan ngantuk saat berpuasa yang bisa Anda lakukan adalah melatih pernapasan dengan baik. Ada tiga praktek dasar yang paling penting sekaligus dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi rasa kantuk ini. Mulai dari menarik napas melalui hidung, menghirup napas dalam-dalam menggunakan diafragma, dan bernapas secara perlahan.

Penerapan teknik bernapas semacam ini sebenarnya memiliki banyak manfaat. Apalagi jika Anda sering melakukannya supaya meningkatkan kualitas dan kapasitas oksigen yang masuk ke dalam paru-paru. Ketahuilah, bernapas ala kadarnya tanpa diselingi tarikan napas dalam dan perlahan justru membuat asupan oksigen lebih sedikit mencapai sel, otak, dan juga hati.

Ketika oksigen dalam tubuh terbatas, maka organ-organ di dalamnya akan kesulitan menjalankan fungsi sebagaimana mestinya. Bukan itu saja, cara menghilangkan ngantuk saat berpuasa ini juga bisa menstabilkan tekanan darah, detak jantung, dan mengurangi stres. Dengan demikian, Anda bisa tetap fokus dan berenergi dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Menyalakan lampu super terang

Tahukah Anda, bahwa tubuh kita lebih cepat merespon sinyal dari lingkungan seperti sinar cahaya dan juga kegelapan. Inilah alasan mengapa di tempat yang kurang pencahayaan, baik yang berasal dari lampu atau sinar matahari membuat mata kita jadi lebih mudah mengantuk. Jadi tak heran, jika cara menghilangkan ngantuk saat berpuasa adalah menyalakan lampu super terang.

BACA JUGA  Tips Nggak Kalap Saat Berbuka Agar Bentuk Tubuh Tetap Ideal

Suasana remang kerap memberikan efek menenangkan, sementara cahaya yang terang bisa membuat tubuh lebih sadar sekaligus waspada. Anda bisa menerapkan cara menghilangkan ngantuk saat berpuasa ini dengan cara membuka semua korden atau menambah cahaya lampu supaya meningkatkan semangat dan memicu rasa waspada.

Melakukan olahraga ringan

cara menghilangkan ngantuk saat berpuasa

Jangan sembarangan berolahraga saat puasa karena bisa jadi penyebab turunnya kadar gula darah yang memicu pusing sekaligus lemas sehingga berpotensi cedera. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk memilih jenis olahraga dengan intensitas sekaligus berisiko rendah seperti yoga atau jalan santai sebagai cara menghilangkan ngantuk saat berpuasa.

Ada beberapa gerakan yoga sederhana yang bisa Anda lakukan sebagai cara menghilangkan ngantuk saat berpuasa. Di antaranya adalah membungkuk dan bersujud yang menyerupai gerakan salat. Gerakan seperti ini ternyata bermanfaat untuk mengompresi pembuluh darah sehingga membantu meningkatkan sirkulasi sekaligus jadi metode terapi sakit punggung.

Apabila Anda melakukan olahraga ringan ini dengan tepat, alih-alih merasa lemas, Anda justru akan mendapat dorongan energi dan bebas dari rasa kantuk yang mendera. Jadi, mulai sekarang coba jadwalkan olahraga ke dalam rutinitas Ramadan Anda yang dilakukan setelah sahur atau jelang berbuka sebagai cara menghilangkan ngantuk saat berpuasa.

Selain itu, jangan pernah tinggalkan salat karena bukan hanya sebagai bentuk ketaatan kita dalam beribadah tapi setiap gerakannya ternyata bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya sebagai cara menghilangkan ngantuk saat berpuasa.

Tidur siang

Mengingat Anda tak perlu menggunakan waktu istirahat di kantor untuk makan siang, maka Anda bisa memanfaatkan kesempatan satu ini untuk tidur siang dengan nyenyak. Namun jangan sampai kebablasan ya! Anda cukup tidur siang selama 20 menit setelah salat dzuhur sebagai cara menghilangkan ngantuk saat berpuasa.

Ketahuilah, cara menghilangkan ngantuk saat berpuasa satu ini bisa mengembalikan semangat, pikiran yang lebih segar, dan lebih produktif dalam menjalankan aktivitas sehari-hari selama Ramadan.

Demikian tadi beberapa cara menghilangkan ngantuk saat berpuasa yang bisa Anda coba terapkan. Menjalankan ibadah di Bulan Ramadan memang kerap membuat tubuh merasa lelah dan mengantuk. Namun, Anda tak seharusnya menjadikan itu semua sebagai alasan untuk tidak produktif dan hanya tidur saja sepanjang hari tanpa melakukan kegiatan yang berguna.

 

Tentang nezzumia

Check Also

tips nggak kalap saat berbuka

Tips Nggak Kalap Saat Berbuka Agar Bentuk Tubuh Tetap Ideal

Pada dasarnya, cobaan puasa yang paling besar bukan pada rasa lapar dan haus yang dirasakan, …