fbpx
tips minum kopi saat puasa

Tips Minum Kopi Saat Puasa Agar Tidak Mengganggu Pencernaan

Tips minum kopi saat puasa Ramadan kerap menjadi tanda tanya besar bagi para penikmatnya. Memang, minum kopi selama bulan puasa tidak dilarang. Namun yang perlu diketahui, Anda tak bisa sembarangan menikmati minuman pahit tersebut. Apalagi jika melakukannya saat santap sahur tanpa memakan menu lain terlebih dulu.

Seperti yang telah disebutkan di atas, salah satu tips minum kopi saat puasa adalah harus menyantap makanan berat terlebih dulu supaya tidak mengganggu sistem pencernaan tubuh. Pasalnya, kopi mengandung zat yang mampu meningkatkan produksi asam klorida dalam lambung.

Nah, ketika perut Anda kosong, zat inilah yang kemudian muncul sehingga menimbulkan iritasi dan juga maag. Oleh sebab itu, Anda tidak disarankan untuk meminum kopi saat baru bangun sahur.

Kendati demikian, kopi mengandung kafein yang bersifat stimulan sehingga mampu menangkal rasa kantuk sekaligus membantu tubuh melawan radikal bebas. Bagi sebagian orang yang sudah kecanduan minum kopi, berhenti minum kopi secara tiba-tiba juga menyebabkan timbulnya efek samping. Mulai dari badan yang terasa lemas hingga sakit kepala.

Oleh sebab itu, Anda patut tahu tips minum kopi saat puasa Ramadan untuk menghindari berbagai efek samping yang telah disebutkan tadi. Penasaran apa saja tipsnya? Berikut ulasan selengkapnya untuk Anda.

Memperhatikan waktu untuk menikmati secangkir kopi

tips minum kopi saat puasa

Sebagai penggemar kopi yang sedang menjalankan ibadah puasa, Anda harus tahu dulu kapan saat yang paling tepat untuk menikmatinya. Perlu Anda ingat, kopi bersifat diuretic yang menyebabkan produksi urine jadi lebih banyak sehingga berisiko memicu dehidrasi. Itulah sebabnya, salah satu tips minum kopi saat puasa adalah tidak melakukannya saat sahur.

Anda disarankan untuk menyeruput secangkir kopi sekitar satu atau dua jam setelah berbuka puasa. Namun Anda juga harus memastikan bahwa perut yang tadinya kosong sudah diisi lebih dulu dengan makanan pembuka.

Selain itu, kopi mengandung kafein yang bisa membuat Anda jadi lebih sulit tidur. Oleh karenanya, Anda tidak disarankan untuk meminum kopi terlalu malam. Tips minum kopi saat puasa lainnya adalah tidak terlalu banyak mengonsumsinya supaya kesehatan tubuh tetap terjaga dengan baik.

Mengurangi asupan kafein pada kopi yang dikonsumsi

Tips minum kopi saat puasa selanjutnya adalah mengurangi asupan kopi itu sendiri. Pada dasarnya, dosis aman kafein untuk dikonsumsi dalam sehari sekitar 400 miligram bagi orang dewasa. Dosis ini setara dengan 2-3 cangkir kopi hitam. Kendati demikian, dosis ini sangat tidak dianjurkan bagi orang yang tengah menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadan.

BACA JUGA  Bunda Wajib Tau, Ini Penyebab Anak Tidak Mendengarkan Perkataan Orang Tua

Anda bisa mulai mengurangi asupan kafein dalam kopi dengan cara meminum cukup satu gelas saja setiap hari. Selain menjadikan tubuh jauh lebih bugar, tips minum kopi saat puasa ini juga bisa menghindarkan Anda dari sejumlah efek samping di baliknya.

Memilih jenis kopi yang tepat

tips minum kopi saat puasa

Tips minum kopi saat puasa selanjutnya adalah memilih jenis kopi yang benar-benar tepat. Hal ini biasanya dilakukan jika Anda memang tidak bisa mengurangi jumlah kopi yang diminum setiap harinya. Ketahuilah, kopi murni biasanya mengandung lebih banyak kafein sehingga Anda bisa mulai mencoba minum kopi yang sudah dicampur dengan bahan lain seperti susu untuk mengurangi jumlah kafein di dalamnya.

Salah satu alternatif lain adalah mengonsumsi kopi decaf. Secara garis besar, kopi decaf merupakan kopi yang telah diambil kandungan kafeinnya bayak 90% sehingga jenis kopi satu ini sangat aman dikonsumsi. Itulah sebabnya, salah satu tips minum kopi saat puasa adalah mengonsumsi kopi decaf ini.

Di samping itu, tips minum kopi saat puasa lainnya adalah tidak dianjurkan untuk meminum kopi yang memberikan efek asam. Pasalnya, jenis kopi seperti ini tidak baik untuk lambung. Apalagi bagi para penderita maag yang tengah berpuasa.

Efek samping langsung minum kopi saat sahur

Seperti yang telah disebutkan di atas, bagi Anda para penggemar kopi sebaiknya mengatur konsumsi minuman favorit tersebut selama berpuasa. Sebab, langsung minum kopi ketika sahur bisa membahayakan kesehatan sehingga Anda harus benar-benar memperhatikan sejumlah tips minum kopi saat puasa.

Diketahui, kopi merupakan salah satu minuman berkafein yang paling populer di seluruh dunia. Minuman satu ini terdiri dari berbagai jenis. Mulai dari cappuccino, latte, espresso, dan americano yang tentu saja bisa memenuhi beraneka jenis selera penikmatnya. Memang tak bisa dipungkiri jika kopi memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. Namun, mengonsumsi kopi tanpa memperhatikan tips minum kopi saat puasa bisa memperburuk kondisi kesehatan Anda nantinya.

Secara garis besar, tips minum kopi saat puasa yang dijalankan dengan tepat bisa memberi manfaat berupa pencegahan penyakit diabetes tipe 2, kanker hati, hingga Parkinson. Bukan itu saja, kopi mengandung zat antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun Anda harus tahu efek buruk apa saja yang bakal terjadi ketika minum kopi dalam kondisi perut kosong apalagi setelah berpuasa sehari penuh.

BACA JUGA  Jangan Abai, Ini 7 Risiko Konsumsi Makanan Pedas Saat Sahur dan Berbuka

Merusak sistem pencernaan tubuh

tips minum kopi saat puasa

Tahukah Anda, tips minum kopi saat puasa di atas ternyata mencegah Anda mengalami kerusakan sistem pencernaan tubuh. Ketika Anda minum kopi tanpa mengonsumsi makanan lain terlebih dulu, asam klorida dan cairan lambung di perut akan meningkat sehingga merusak bagian dalam perut dan memicu terjadinya iritasi sekaligus maag.

Efek kecanduan kopi ini juga memicu mulas, kembung, gangguan pencernaan hingga menyebabkan muntah dalam situasi yang jauh lebih parah. Tentu saja, hal ini memengaruhi aktivitas Anda sehari-hari sehingga Anda patut melakukan tips minum kopi saat puasa di atas dengan hati-hati.

Bagi Anda yang sensitif terhadap gastritis bakal merasakan efek samping ini dengan cepat. Bahkan, perut yang sehat pun juga bakal merasakan dampak negatifnya. Nah, untuk menangani hal semacam ini, Anda bisa menambahkan sedikit susu pada secangkir kopi yang akan dikonsumsi. Jangan lupa juga untuk melakukan tips minum kopi saat puasa lainnya.

Membuat tubuh terasa lemas dan lesu

Saat terbangun dari tidur, tubuh Anda akan memproduksi sejumlah hormon kortisol yang bisa membuat lebih terjaga dan fokus. Hormon ini akan berkurang sedikit demi sedikit menjelang siang sampai sore hari. Jika Anda mengonsumsi kopi di pagi hari dengan keadaan perut kosong bisa mengganggu produksi hormon kortisol ini sehingga tubuh terasa lemas dan lesu. Itulah sebabnya tips minum kopi saat puasa harus benar-benar Anda perhatikan.

Tentu saja, perasaan lesu dan lemas ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Jadi, pastikan Anda sudah mengonsumsi makanan padat sebelum minum kopi supaya lebih bersinergi selama sehari penuh, terutama saat berpuasa.

Minum kopi saat puasa bisa menyebabkan perubahan suasana hati

tips minum kopi saat puasa

Kopi ternyata memicu tubuh untuk melepaskan hormon seperti epinefrin dan norepinefrin yang bisa membuat Anda mengalami perubahan suasana hati. Tentu saja, kebiasaan ini bisa jadi efek negatif yang memengaruhi seluruh tubuh dan memberikan efek psikologis yang merugikan. Parahnya, minum kopi dalam keadaan perut kosong bisa menghilangkan nafsu makan sehingga Anda harus tetap memperhatikan tips minum kopi saat puasa demi menjaga kesehatan.

Itu tadi beberapa tips minum kopi saat puasa sekaligus fakta di balik konsumsi kopi yang patut Anda perhatikan supaya tidak mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sebenarnya, Anda tak perlu khawatir mengonsumsi kopi ketika berpuasa di Bulan Ramadan. Hanya saja, jumlah asupannya perlu dikurangi.

Tentang nezzumia

Check Also

tips nggak kalap saat berbuka

Tips Nggak Kalap Saat Berbuka Agar Bentuk Tubuh Tetap Ideal

Pada dasarnya, cobaan puasa yang paling besar bukan pada rasa lapar dan haus yang dirasakan, …