fbpx
kesalahan saat puasa yang buat tubuh gemuk

Ini Lho 7 Kesalahan Saat Puasa yang Buat Tubuh Gemuk dan Tidak Sehat

Bukan hanya membuat tubuh semakin sehat, ternyata berpuasa di Bulan Ramadan seperti saat ini bisa jadi momen paling tepat untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, banyak orang yang juga tengah menahan lapar dan haus sehingga godaan untuk makan banyak bisa diminimalisir. Namun sayangnya, ada beberapa kesalahan saat puasa yang buat tubuh gemuk dan tidak sehat.

Tak sedikit orang yang mengeluhkan tubuhnya justru kian membengkak saat berpuasa. Bahkan, banyak juga yang terserang berbagai penyakit. Tentu saja, hal ini tak lepas dari beberapa kesalahan saat puasa yang buat tubuh gemuk dan tidak sehat yang mungkin saja tak sengaja dilakukan ketika tengah berpuasa di Bulan Ramadan.

Kesalahan saat puasa yang buat tubuh gemuk

Berikut ini beberapa kesalahan saat puasa yang buat tubuh gemuk yang sayangnya masih dilakukan oleh banyak orang. Penasaran apa saja? Coba simak di bawah ini supaya Anda bisa menghindarinya sehingga tubuh terasa lebih sehat.

Terlalu fokus pada makanan ketika berpuasa

Tak sedikit orang yang mengeluhkan tubuhnya justru kian membengkak saat berpuasa. Bahkan, banyak juga yang terserang berbagai penyakit. Tentu saja, hal ini tak lepas dari beberapa kesalahan saat puasa yang buat tubuh gemuk

Anda pasti sadar, godaan terbesar ketika berpuasa adalah hawa nafsu. Salah satunya sudah jelas nafsu terhadap makanan. Kesalahan saat puasa yang buat tubuh gemuk tentu saja tak lepas dari hal satu ini. Ada beberapa orang yang sibuk memikirkan makanan apa yang hendak disantap ketika waktu berbuka tiba. Bahkan tak sedikit yang merasa ingin melahap semua makanan favorit.

Nah, jika Anda adalah salah satu orang yang kurang bisa menahan hawa nafsu sehingga akhirnya membeli berbagai jenis makanan untuk berbuka, maka ini saatnya untuk berhenti. Kesalahan saat puasa yang buat tubuh gemuk dan kurang sehat ini benar-benar harus dihindari supaya Anda tidak berusaha menjejalkan semua makanan padahal perut sudah tak mampu.

Sebaiknya, berbuka dengan makanan secukupnya. Pastikan, semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh setelah berpuasa seharian benar-benar terpenuhi. Bukan sekadar untuk mendapatkan rasa kenyang saja. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari kesalahan saat puasa yang buat tubuh gemuk dan kurang sehat.

Tidak memiliki rencana diet yang sehat

Ada baiknya jika selama berpuasa di Bulan Ramadan ini, Anda mengatur rencana diet atau pola makan yang sehat. Mulai dari merencanakan makanan apa yang hendak dimakan ketika sahur dan berbuka puasa hingga memilih jenis makanan dengan gizi yang seimbang. Hal semacam ini bisa dijadikan trik untuk mencegah kesalahan saat puasa yang buat tubuh gemuk.

BACA JUGA  Ini Lho Manfaat Olahraga Saat Puasa Bagi Kesehatan

Seperti yang telah disebutkan di atas, Anda tidak boleh hanya sekadar mengonsumsi makanan favorit tanpa memperhatikan nutrisinya. Pilih jenis makanan terbaik yang kaya akan karbohidrat kompleks dan juga serat, seperti buah, sayur, daging, ikan, biji-bijian, ataupun susu rendah lemak.

Bukan itu saja, Anda juga harus membuat rencana untuk berolahraga sebelum ataupun setelah waktu berbuka tiba. Pastikan juga, Anda memiliki waktu tidur yang cukup supaya mampu menghindari berbagai kesalahan saat puasa yang buat tubuh gemuk. Tak ada salahnya jika mempertimbangkan apakah Anda akan tidur lebih awal untuk bangun sahur ataupun tidur siang sebelum berbuka puasa.

Kurang mengonsumsi cairan ketika berbuka puasa

Tak sedikit orang yang mengeluhkan tubuhnya justru kian membengkak saat berpuasa. Bahkan, banyak juga yang terserang berbagai penyakit. Tentu saja, hal ini tak lepas dari beberapa kesalahan saat puasa yang buat tubuh gemuk

Ketahuilah, membiarkan tubuh tetap terhidrasi merupakan kunci utama untuk menurunkan berat badan selama puasa. Kurang mengonsumsi cairan saat waktu berbuka tiba adalah bentuk kesalahan saat puasa yang buat tubuh gemuk dan berisiko mengalami dehidrasi.

Cara menghidrasi tubuh dengan baik setelah seharian berpuasa sebenarnya mudah kok. Anda hanya perlu minum minimal delapan gelas air ketika sahur ataupun berbuka. Misalnya, empat gelas di antara iftar dan sahur, dua gelas saat sahur, dan dua gelas saat berbuka. Dengan begini, Anda pasti terhindar dari kesalahan saat puasa yang buat tubuh gemuk dan dehidrasi.

Ketahuilah, mengonsumsi cairan yang cukup bukan sekadar mencegah Anda mengalami dehidrasi parah ketika berpuasa. Akan tetapi juga membantu mengendalikan keinginan akan asupan gula setelah berbuka. Selain itu, hindari kesalahan saat puasa yang buat tubuh gemuk lainnya yaitu sering mengonsumsi kopi atau teh hitam yang membuat tubuh semakin dehidrasi.

Mengonsumsi gula secara berlebihan

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, asupan gula secara berlebihan saat berpuasa juga bisa jadi alasan Anda mengalami peningkatan berat badan dan memicu terkena penyakit berbahaya, seperti diabetes. Supaya berat badan tetap terjaga, kesalahan saat puasa yang buat tubuh gemuk untuk Anda hindari adalah konsumsi gula berlebih.

Anda disarankan untuk mengonsumsi gula alami yang ada pada buah-buahan, madu, ataupun tetes tebu agar berat badan tetap terjaga. Di samping itu, jika Anda berhasil menghindari kesalahan saat puasa yang buat tubuh gemuk satu ini, Anda juga bisa terhindar dari risiko penyakit berbahaya.

BACA JUGA  4 Twibbon Hari Raya Idul Fitri 2022 Untuk Ramaikan Lebaran Bersama Keluarga

Mengonsumsi makanan tinggi lemak

Tak sedikit orang yang mengeluhkan tubuhnya justru kian membengkak saat berpuasa. Bahkan, banyak juga yang terserang berbagai penyakit. Tentu saja, hal ini tak lepas dari beberapa kesalahan saat puasa yang buat tubuh gemuk

Apabila Anda tidak ingin mengalami kenaikan berat badan secara drastis saat menjalankan ibadah puasa Ramadan, maka hindari mengonsumsi makanan tinggi lemak. Sebab, hal ini bisa jadi bentuk kesalahan saat puasa yang buat tubuh gemuk dan jelas tidak sehat.

Cara paling mudah untuk menghindari kesalahan saat puasa yang buat tubuh gemuk ini adalah mengonsumsi makanan yang sehat tanpa proses menggoreng. Sebagai gantinya, Anda bisa mengolah makanan dengan cara merebus, mengukus, ataupun memanggangnya. Namun, Anda tetap membutuhkan lemak baik untuk tubuh, seperti lemak pada buah alpukat.

Kurang aktif bergerak selama berpuasa

Perlu Anda ketahui, berpuasa bukan berarti Anda harus mengisi waktu hanya dengan tidur ataupun bermalas-malasan. Hal ini justru bisa jadi bentuk kesalahan saat puasa yang buat tubuh gemuk. Sebaiknya, sisihkan sebagian waktu luang Anda untuk berolahraga tepat sebelum waktu berbuka tiba.

Tidak perlu memilih jenis olahraga yang berat, cukup berjalan atau sekadar membersihkan seisi rumah yang tampak berantakan. Pada dasarnya, olahraga bakal membantu Anda mencegah kehilangan kekuatan otot sehingga tubuh terasa lebih sehat. Bukan itu saja, olahraga juga bisa membuat Anda terhindar dari kesalahan saat puasa yang buat tubuh gemuk.

Tidak menyempatkan waktu untuk sahur

Tak sedikit orang yang mengeluhkan tubuhnya justru kian membengkak saat berpuasa. Bahkan, banyak juga yang terserang berbagai penyakit. Tentu saja, hal ini tak lepas dari beberapa kesalahan saat puasa yang buat tubuh gemuk
closeup of a young caucasian man adjusting the time of a clock

Tak bisa dipungkiri, jika puasa membuat jam makan Anda jadi lebih terbatas. Namun hal ini bukan jadi alasan untuk melewatkan waktu sahur. Ketahuilah, melewatkan waktu sahur jadi salah satu kesalahan saat puasa yang buat tubuh gemuk, lho!

Pasalnya, melewatkan sahur justru berdampak pada kegiatan puasa Anda di hari selanjutnya. Bisa dipastikan, Anda akan jadi lebih lapar ketika berbuka sehingga memicu makan secara berlebihan yang jadi kesalahan saat puasa yang buat tubuh gemuk.

Selain itu, pastikan Anda memilih makanan sahur yang tidak mengandung terlalu banyak garam sehingga Anda tidak merasa lebih haus ketika berpuasa nantinya. Pilihan makanan terbaik untuk sahur yang bisa Anda pilih adalah karbohidrat kompleks seperti roti gandum yang dipadukan dengan telur ataupun keju. Dijamin, Anda akan terhindar dari kesalahan saat puasa yang buat tubuh gemuk.

Nah, sekarang Anda sudah tahu kesalahan saat puasa yang buat tubuh gemuk yang patut dihindari. Bukan hanya untuk mendapatkan berat badan yang ideal, tapi juga menjaga kesehatan yang tentu tak ternilai harganya.

Tentang nezzumia

Check Also

kesalahan saat berbuka puasa

7 Kesalahan Saat Berbuka Puasa yang Masih Sering Dilakukan Banyak Orang

Tak terasa, kita telah melewati pertengahan Bulan Ramadan. Meski puasa di tahun ini masih terasa …