cara menurunkan berat badan saat Ramadan

Cara Menurunkan Berat Badan Saat Ramadan yang Paling Ampuh

Tak sedikit orang yang menganggap, bahwa puasa di Bulan Ramadan merupakan salah satu solusi untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Faktanya bisa jadi demikian, akan tetapi cara menurunkan berat badan saat Ramadan ini ternyata membutuhkan strategi khusus supaya bobot tidak kembali naik saat lebaran tiba.

Cara menurunkan berat badan saat Ramadan dengan strategi yang tepat

Para ahli berpendapat, puasa memang bisa dijadikan cara menurunkan berat badan saat Bulan Ramadan. Namun, hasil tersebut baru bisa tercapai saat Anda merancang menu makanan yang tepat selama puasa berlangsung.

Perlu Anda ketahui, salah pasang strategi justru bisa membuat berat badan Anda naik secara drastis. Berikut ini beberapa cara menurunkan berat badan saat Ramadan yang harus diperhatikan.

Jangan pernah melewatkan waktu sahur

cara menurunkan berat badan saat Ramadan

Sebagian orang yang ingin mendapatkan tubuh ideal menganggap, melewatkan sahur bisa dijadikan cara menurunkan berat badan saat Ramadan. Padahal, tindakan ini sangat tidak disarankan.

Ketahuilah, sahur adalah bagian paling penting dari puasa. Mengonsumsi makanan sehat ketika sahur bertujuan untuk mempertahankan energi di sepanjang hari selama berpuasa. Melewatkan sahur justru akan membuat cara menurunkan berat badan saat Ramadan gagal total.

Pasalnya, Anda akan makan lebih banyak ketika waktu berbuka tiba. Bagaimana tidak, isi perut Anda telah kosong sejak dini hari sampai petang sehingga tak heran jika keinginan makan jadi tak terkendali ketika berbuka.

Konsumsi makanan dengan gizi seimbang

Memilih makanan yang bergizi seimbang adalah cara menurunkan berat badan saat Ramadan yang paling ampuh. Apalagi, Anda hanya punya dua kesempatan untuk mengisi perut, yaitu saat sahur dan berbuka.

Itulah sebabnya, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi seimbang di kedua waktu tersebut sebagai cara menurunkan berat badan saat Ramadan. Adapun beberapa jenis makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi ketika sahur dan berbuka sebagai berikut:

  • Sahur

Sebaiknya, minum banyak cairan atau pilih makanan yang kaya cairan ketika sahur supaya tubuh terhidrasi dengan baik. Bukan itu saja, Anda juga harus memilih makanan dan minuman yang bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama sekaligus melancarkan pencernaan sebagai cara menurunkan berat badan saat Ramadan.

Beberapa pilihan sumber makanan yang bisa Anda siapkan sebagai cara menurunkan berat badan saat Ramadan adalah oatmeal, roti gandum, beras merah, susu, yogurt, telur, buah, sayuran segar, kacang-kacangan, dan zaitun.

  • Berbuka puasa
BACA JUGA  Sering Sakit Kepala Saat Main Game? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Slogan ‘berbuka dengan yang manis’ selalu terdengar di sepanjang Ramadan. Padahal, tak selamanya yang manis mampu menghasilkan efek yang baik, apalagi saat Anda berusaha menerapkan cara menurunkan berat badan saat Ramadan.

Anda lebih disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak cairan dan makanan rendah lemak dengan kandungan gula alami saat waktu berbuka tiba. Misalnya seperti, air putih, jus buah, susu, smoothies, kurma, sup kaldu daging, dan makanan bertepung. Dijamin, cara menurunkan berat badan saat Ramadan Anda pasti membuahkan hasil secara signifikan.

Hindari asupan gula tambahan

cara menurunkan berat badan saat Ramadan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, berbuka dengan makanan atau minuman manis memang bisa mengembalikan energi yang hilang. Namun ingat, Anda tidak boleh mengonsumsi makanan manis terlalu banyak jika tidak ingin cara menurunkan berat badan saat Ramadan gagal total.

Perlu Anda ketahui, makanan dan minuman manis yang terlalu banyak dikonsumsi bakal dijadikan lemak oleh tubuh. Akibatnya, cara menurunkan berat badan saat Ramadan yang selama ini telah Anda upayakan jadi tak ada artinya.

Hal ini terjadi karena produksi insulin tubuh bakal menurun drastis saat Anda berpuasa. Sementara insulin berperan untuk mengubah gula jadi energi. Apabila gula tidak diolah menjadi energi, maka tubuh akan menyimpannya dalam bentuk lemak yang menjadikan berat badan tak keruan.

Tetap berolahraga secara rutin

Walaupun Anda berpuasa dan menjaga pola makan, bukan berarti Anda boleh berdiam diri saja. Ketahuilah, berolahraga secara rutin juga bisa dijadikan cara menurunkan berat badan saat Ramadan yang efektif. Namun, Anda perlu mengurangi tingkat intensitasnya karena tubuh secara alami menjadi kurang aktif saat berpuasa.

Inilah sebabnya, Anda sangat disarankan untuk menghindari olahraga dengan intensitas tinggi ketika berpuasa di Bulan Ramadan. Alih-alih mengangkat beban, sebaiknya coba saja yoga ketika puasa untuk membantu mengelola stres sekaligus membakar kalori. Percayalah, cara menurunkan berat badan saat Ramadan ini jauh lebih mudah untuk dilakukan.

Menjaga tubuh tetap terhidrasi

cara menurunkan berat badan saat Ramadan

Cara menurunkan berat badan saat Ramadan selanjutnya adalah menjaga tubuh supaya tetap terhidrasi dengan baik. Namun ada hal yang patut Anda perhatikan, mengingat Anda tidak bisa bebas minum ketika berpuasa. Di antaranya adalah minum beberapa kali di sepanjang malam, pilih minuman tanpa kafein, dan pastikan tubuh terhidrasi dengan baik saat berbuka.

Minum banyak air memang bisa jadi cara menurunkan berat badan saat Ramadan yang paling mudah, tapi usahakan untuk tidak minum terlalu banyak di satu waktu. Sebab, tindakan ini bisa mengencerkan elektrolit yang memicu keracunan air.

Hindari konsumsi gorengan

Setelah seharian menahan lapar dan haus, Anda bisa saja tergoda untuk langsung menyantap sajian yang penuh lemak seperti misalnya, gorengan saat waktu berbuka tiba. Waspadalah, mengonsumsi makanan yang serba digoreng bisa menyebabkan cara menurunkan berat badan saat Ramadan gagal.

BACA JUGA  Jaga Nutrisi Tubuh dengan 8 Produk Minuman Protein Terbaik untuk Diet

Bila dibandingkan dengan gorengan, lebih baik Anda mengonsumsi makanan yang kaya lemak tak jenuh karena tidak bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Lemak baik ini bisa Anda dapatkan dari bayam, kubis, kacang-kacangan, ikan, dan alpukat. Mengonsumsi lebih banyak lemak baik ini ternyata bisa jadi cara menurunkan berat badan saat Ramadan meski tidak instan.

Menjaga porsi makan

cara menurunkan berat badan saat Ramadan

Meski tidak makan dan minum selama seharian, Anda tetap harus menjaga porsi makan dengan baik ketika sahur maupun berbuka. Sebab, makan secara berlebihan justru bisa meningkatkan kadar gula dalam darah secara tiba-tiba. Tentu saja hal ini tidak baik, apalagi tubuh tidak menghasilkan banyak insulin ketika berpuasa. Gula pun bakal diubah menjadi lemak oleh tubuh.

Tidur cukup dan menghindari begadang

Siapa sangka, tidur juga bisa dijadikan cara menurunkan berat badan saat Ramadan yang paling manjur. Sebab, kurang tidur bisa menyebabkan metabolisme tubuh Anda kacau. Alhasil, tubuh tidak mampu membakar cadangan lemak yang ada secara efektif.

Bukan itu saja, kurang tidur juga bisa meningkatkan kadar hormon ghrelin yang memicu nafsu makan. Namun terkadang, mendapatkan kualitas tidur yang baik saat berpuasa bisa jadi tantangan tersendiri sehingga cara menurunkan berat badan saat Ramadan satu ini lebih sulit dilakukan.

Kendati demikian, Anda tak perlu khawatir karena ternyata ada beberapa trik yang bisa dicoba demi mendapatkan tidur yang berkualitas meski tengah berpuasa. Berikut ini di antaranya:

  • Biasakan untuk selalu tidur secara rutin di jam yang sama demi mendapatkan kualitas yang lebih baik.
  • Luangkan waktu untuk tidur sekitar 20 menit supaya mendapatkan energi yang cukup dan tetap fokus.
  • Hindari makanan berlemak atau manis sesaat sebelum tidur di malam hari.
  • Hindari minuman berkafein, seperti teh dan kopi beberapa jam sebelum tidur.
  • Kurangi penggunaan gadget menjelang tidur.
  • Tidur di tempat yang gelap dan tidak bising.

Konsultasi dengan ahli gizi

cara menurunkan berat badan saat Ramadan

Jika Anda bersikeras ingin menurunkan berat badan ketika puasa dan tak tahu harus memulai dari mana, sebaiknya konsultasikan hal tersebut dengan dokter atau ahli gizi terpercaya. Pasalnya, ahli gizi bisa membantu Anda mendapatkan cara menurunkan berat badan saat Ramadan yang paling tepat dengan gizi seimbang meski sedang berpuasa.

Pada intinya, cara menurunkan berat badan saat Ramadan tidak terlalu sulit dilakukan. Asal, Anda memperhatikan hidangan dan gaya hidup yang dijalani sehari-hari supaya mendapatkan hasil sesuai keinginan.

 

Tentang nezzumia

Check Also

kesalahan saat puasa yang buat tubuh gemuk

Ini Lho 7 Kesalahan Saat Puasa yang Buat Tubuh Gemuk dan Tidak Sehat

Bukan hanya membuat tubuh semakin sehat, ternyata berpuasa di Bulan Ramadan seperti saat ini bisa …