menu sahur untuk diet

10 Menu Sahur untuk Diet yang Bikin Puasa Awet Seharian

Sahur merupakan rutinitas wajib yang sebaiknya selalu dilakukan sebelum menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadan. Tak sekadar jadi bagian dari ibadah, makan sahur juga memberi energi bagi tubuh supaya tetap bisa beraktivitas seharian sekaligus menahan keinginan makan sampai waktu berbuka tiba. Itulah sebabnya, Anda patut tahu apa saja menu sahur untuk diet yang tepat.

Demi membuat ibadah puasa lancar sehari penuh, sebaiknya jika Anda memilih makanan dan minuman terbaik supaya mampu menahan lapar seharian. Bukan itu saja, ada beberapa menu sahur untuk diet yang bisa mulai Anda terapkan supaya tubuh tetap sehat dan ideal.

Rekomendasi menu sahur untuk diet di Bulan Ramadan

Berikut ini ada beberapa rekomendasi menu sahur untuk diet yang bakal membuat Anda kenyang seharian, antara lain:

Alpukat

menu sahur untuk diet

Buah satu ini ternyata juga bisa dijadikan menu sahur untuk diet yang super praktis. Mengonsumsi semangkuk alpukat ataupun jus alpukat murni saat sahur dijamin mampu membantu Anda terhindar dari rasa lapar yang biasanya muncul di siang hari. Hal ini terjadi karena sebutir alpukat mengandung serat dan lemak baik yang butuh waktu lama untuk dicerna.

Menariknya, lemak baik pada alpukat ini juga akan menghipnotis otak sehingga perut tetap merasa kenyang sepanjang hari. Bukan itu saja, menu sahur untuk diet ini kaya akan folat, vitamin E, dan potasium. Beberapa penelitian memang sempat menunjukkan, bahwa makanan yang mengandung ketika nutrisi tersebut terbukti lebih mengenyangkan daripada jenis makanan lain.

Apel

menu sahur untuk diet

Percayalah, menutup waktu sahur dengan sebutir apel bisa membuat Anda merasa jauh lebih bersemangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari, meski sedang berpuasa. Pasalnya, apel mengandung kadar air dan serat cukup tinggi yang menghasilkan efek kenyang lebih lama sehingga cocok dijadikan menu sahur untuk diet.

Namun ingat, Anda harus mengonsumsi menu sahur untuk diet ini tanpa membuang kulitnya. Sebab, kulit apel mengandung serat pektin yang berfungsi sebagai penekan nafsu makan. Inilah yang membuat apel dikatakan sebagai salah satu buah terbaik untuk program menurunkan berat badan.

BACA JUGA  Yummy App Sebagai Aplikasi untuk Pecinta Masakan Kekinian

Diketahui, sebutir apel yang dikonsumsi sebagai menu sahur untuk diet hanya mengandung sekitar 80 kalori. Namun, kandungan serat dan airnya membuat tubuh merasa kenyang lebih lama seperti halnya mengonsumsi sepiring makanan besar.

Daging merah

menu sahur untuk diet

Salah satu menu sahur untuk diet yang terbaik adalah makanan berprotein tinggi seperti daging ayam ataupun daging sapi. Secara umum, protein digunakan oleh tubuh dalam proses metabolisme untuk menghasilkan energi.

Dark chocolate

menu sahur untuk diet

Bisa dipastikan, hampir semua orang suka dengan cokelat karena memiliki rasa manis dan mampu memberikan efek bahagia bagi siapa saja yang mengonsumsinya. Menariknya, dark chocolate juga bisa Anda jadikan menu sahur untuk diet karena mampu menahan rasa kenyang lebih lama.

Pasalnya, senyawa yang terdapat dalam dark chocolate memiliki khasiat untuk memperlambat proses pencernaan sehingga membuat Anda kenyang lebih lama. Tak hanya itu saja, menu sahur untuk diet ini juga bisa mengurangi nafsu untuk mengonsumsi makanan berlemak tinggi ataupun makanan manis yang mengandung banyak kalori.

Ikan

menu sahur untuk diet

Bukan hanya membuat perut Anda merasa kenyang lebih lama, ikan dengan kandungan lemak baik seperti tuna dan salmon terbukti mampu menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Itulah sebabnya, Anda disarankan untuk mengonsumsi menu sahur untuk diet satu ini selama berpuasa Ramadan.

Kacang dan biji-bijian

menu sahur untuk diet

Terkadang, banyak orang yang merasa bingung setelah sahur. Rasanya ingin tidur, tapi tidak merasakan kantuk. Jika Anda salah satunya, maka habiskan saja waktu sebelum Imsak dengan menonton televisi sambil memakan kacang-kacangan. Sebab, jenis menu sahur untuk diet ini bakal membuat Anda tidak kelaparan meski sedang berpuasa di tengah aktivitas yang padat.

Diketahui, kacang-kacangan seperti walnut, almond, dan lain sebagainya memang kaya akan karbohidrat kompleks beserta protein yang mengenyangkan. Namun ada baiknya jika Anda memilih jenis kacang yang tidak terlalu manis ataupun asin supaya nutrisi di dalamnya tak berubah menjadi kalori tinggi yang justru menaikkan berat badan.

Selain kacang, menu sahur untuk diet lainnya adalah biji-bijian karena kaya akan serat sehingga membantu sistem pencernaan Anda menjadi lebih lancar. Beberapa biji-bijian terbaik yang patut Anda konsumsi sehari-hari adalah kacang tanah, kedelai, kacang hijau, buncis, dan kacang polong karena sarat akan protein, vitamin, sekaligus mineral.

BACA JUGA  Jangan Abai, Ini 7 Risiko Konsumsi Makanan Pedas Saat Sahur dan Berbuka

Kurma

menu sahur untuk diet

Tak sedikit orang yang beranggapan, bahwa buah kurma lebih cocok dikonsumsi ketika waktu berbuka tiba. Namun nyatanya, kurma juga bisa dijadikan menu sahur untuk diet yang tinggi serat sehingga membuat Anda kenyang lebih lama dan baik untuk pencernaan.

Oatmeal

menu sahur untuk diet

Tak sekadar menyehatkan, menu sahur untuk diet satu ini mampu memberikan efek kenyang yang lebih lama saat dikonsumsi. Diketahui, oatmeal memang sarat akan karbohidrat kompleks yang membantu memberikan asupan energi bagi tubuh dan otak untuk beraktivitas selama sehari penuh.

Selain itu, oatmeal kaya akan serat sehingga memberikan efek kenyang lebih lama. Inilah yang membuat oatmeal dikatakan sebagai menu sahur untuk diet terbaik. Apalagi jika Anda mengonsumsinya dengan tambahan kacang-kacangan, susu rendah lemak, dan buah segar. Bukan hanya membuat Anda lebih bersemangat untuk puasa tapi juga menjauhkan rasa lapar hingga jelang waktu berbuka tiba.

Sup aneka sayuran

menu sahur untuk diet

Banyak orang beranggapan, bahwa puasa di Bulan Ramadan merupakan waktu paling tepat untuk menurunkan berat badan. Oleh sebab itu, tak ada salahnya jika Anda menyempurnakan program tersebut dengan menu sahur untuk diet yang tepat berupa sup. Anda tak perlu takut kelaparan karena menu satu ini mengandung nutrisi dan air dari berbagai sayuran di dalamnya.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Pennsylvania State University mengungkap bahwa, orang yang mengonsumsi satu porsi sup sayur untuk sarapan, memiliki 100 kalori lebih sedikit ketika makan siang daripada orang yang makan nasi saat sarapan. Inilah yang membuat sup sayuran dikatakan sebagai salah satu menu sehat untuk diet.

Telur

Rasanya, tak perlu dipungkiri bahwa telur adalah salah satu makanan yang kaya akan protein. Saking tingginya kandungan protein di dalam sebutir telur, bisa dipastikan orang yang mengonsumsinya saat sahur ataupun sarapan pagi bakal merasa kenyang lebih lama. Alasan inilah yang menjadikan telur sebagai salah satu menu sahur untuk diet terbaik yang patut dicoba.

Saat menjalankan ibadah puasa, Anda sangat disarankan untuk mengonsumsi sebutir telur sebagai hidangan penutup menu sahur untuk diet. Dengan begitu, Anda pasti bakal terus bersemangat menahan rasa lapar hingga waktu berbuka.

Itu tadi 10 menu sahur untuk diet yang bakal membuat perut Anda terasa kenyang lebih lama ketika berpuasa Ramadan. Jadi, tak akan ada lagi lapar ataupun lemas yang Anda rasakan meski memiliki segudang aktivitas di setiap harinya.

 

Tentang nezzumia

Check Also

tips nggak kalap saat berbuka

Tips Nggak Kalap Saat Berbuka Agar Bentuk Tubuh Tetap Ideal

Pada dasarnya, cobaan puasa yang paling besar bukan pada rasa lapar dan haus yang dirasakan, …