6 Tips Seputar Masa Kehamilan Agar Sehat Hingga Melahirkan www.liputantimes.com

6 Tips Seputar Masa Kehamilan Agar Sehat Hingga Melahirkan

Semua ibu hamil alias bumil tentunya ingin memiliki kehamilan yang sehat sampai melahirkan. Untuk mewujudkannya, ada banyak tips seputar masa kehamilan yang bisa dilakukan agar sehat hingga melahirkan nanti. Sebenarnya kehamilan yang sehat bisa dimulai dengan merawat kesehatan fisik dan emosional.

Ketika bumil sudah terjaga kesehatan dan kebahagiaannya, maka janin yang berada didalam kandungannya pun akan merasakan hal sama. Jika kamu masih bingung harus memulainya dari mana, berikut ini ada beberapa tips seputar masa kehamilan agar sehat hingga melahirkan:

  1. Konsumsi Makanan Bergizi

Kondisi kesehatan bumil selama kehamilan sangat bergantung pada pola hidup sehat yang dilakukannya. Oleh karena itu, kamu perlu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi demi mendukung kesehatan diri sendiri dan janin didalam kandunganmu.

Makanan bergizi bisa membantu menambah stamina kamu, serta mengelola berat badan saat hamil agar tetap sehat dan terhindar dari komplikasi kehamilan. Dengan menerapkan pola makan sehat, maka hal itu bisa membuat kesehatanmu jadi jauh lebih baik.

  1. Konsumsi Vitamin Prenatal

Bumil juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin prenatal demi menjaga kesehatan sekaligus upaya untuk menerapkan pola hidup sehat. Sebenarnya dengan hanya mengkonsumsi makanan sehat setiap hari juga sudah mampu memenuhi asupan nutrisi bagi bumil.

Namun, mengonsumsi vitamin dapat membantu memenuhi dan memberikan tambahan nutrisi yang dibutuhkan janin dalam kandungan. Vitamin hamil biasanya mengandung asam folat yang memiliki peran penting untuk perkembangan sumsum tulang belakang dan otak bayi.

  1. Rutin Berolahraga

Saat hamil, bukan berarti kamu tidak boleh berolahraga. Apalagi olahraga merupakan hal yang sangat penting dari pola hidup sehat bagi bumil guna menjaga kesehatan selama masa kehamilan. Justru dengan berolahraga, maka hal itu bisa membantu melancarkan oksigen dan sirkulasi darah dalam tubuh serta mengurangi stres saat hamil dan memperkuat otot.

Karena itu, luangkanlah waktu 30 menit setiap harinya untuk berolahraga demi menjaga kesehatan. Ada banyak pilihan olahraga yang aman untuk ibu hamil. Cukup lakukan olahraga yang ringan – ringan seperti jalan santai, yoga, atau berenang.

  1. Tidak Minum Alkohol dan Merokok
BACA JUGA  Yummy App Sebagai Aplikasi untuk Pecinta Masakan Kekinian

Bumil dilarang mengkonsumsi alkohol dan merokok guna menjaga kesehatan diri sendiri dan janin selama 9 bulan. Karena jika banyak mengkonsumsi alkohol dan merokok, hal itu akan semakin meningkatkan resiko keguguran.

Bahkan dua hal buruk itu pun dapat mengakibatkan bayi lahir cacat, premature, hingga meninggal. Karena itu, pastika kamu tidak minum alkohol dan merokok selama proses kehamilan.

  1. Kelola Berat Badan Agar Tetap Ideal

Semua bumil dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan bergizi demi menjaga kesehatan. Selain itu, makan dengan teratur juga bertujuan untuk menambah berat badan saat hamil agar ideal.

Bagi kamu yang memiliki berat badan ideal sebelum hamil, kamu disarankan untuk menambah berat badan 11,5 hingga 16 kg selama hamil. Sementara, bagi kamu yang sangat kurus sebelum hamil, kamu dianjurkan untuk menambah berat badan sekitar 13 hingga 18 kg selama kehamilan.

  1. Banyak Minum Air Putih

Guna menjaga kesehatan selama proses kehamilan juga kamu dianjurkan untuk banyak minum air putih setiap harinya. Dengan tercukupinya cairan dalam tubuh, hal itu bisa membantu memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh, tak terkecuali pada janin.

Selain itu, menerapkan pola hidup sehat dengan minum air putih yang banyak juga bisa meningkatkan sistem imun. Kemudian, kebiasaan baik ini juga bisa mencegah berbagai penyakit seperti anemia, kelelahan, dehidrasi, wasir, infeksi saluran kencing, dan sembelit.