fbpx
cara mencegah darah tinggi

Tips Cegah Darah Tinggi dengan Menerapkan Dash Diet

Aktifitas diet ini banyak sekali ditempuh oleh seseorang  dengan tujuan untuk turunkan berat badan mereka. Disamping itu, diet ini ternyata juga dapat mencegah beberapa penyakit menyerang tubuh seseorang, salah satu diantaranya adalah mencegah darah tinggi.

Dikutip dari Mayo Clinic (4/1/23), tips cegah darah tinggi dengan diet ini ialah jenis dash diet. DASH ialah singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension, dimana aktivitas diet ini tidak hanya bisa turunkan berat badan namun juga mencegah hipertensi atau darah tinggi.

Metode diet dash ini sangat cocok untuk dilakukan bagi mereka para pasien darah tinggi,  karena metode tersebut bisa membantu mengontrol tekanan darah dalam tubuh seseorang. Tips cegah darah tinggi dengan Dash diet ini ialah dengan mengkonsumsi makanan yang kaya potasium, kalsium, dan magnesium.

Aktivitas Diet ini membatasi anda untuk melahap makanan yang memiliki kandungan tinggi natrium, lemak jenuh, dan gula tambahan.

Dash diet ini khasiatnya juga telah dibuktikan dalam penelitian yang memperlihatkan jika metode ini mampu turunkan tekanan darah dalam tubuh seseorang hanya dalam waktu dua minggu saja.

cara mencegah darah tinggi dengan diet dash

Yang lebih mengagumkan lagi, metode diet ini tidak hanya mampu menurunkan tekanan darah saja, namun juga bisa menurunkan kandungan kolesterol jahat dalam darah. Seperti yang kita ketahui, jika kedua penyakit tersebut sebagai faktor resiko utama penyakit stroke dan jantung.

Untuk menjalankan metode dash diet tersebut, apa saja jenis makanan yang aman untuk dikonsumsi? Sebetulnya, dash diet ialah pola makan yang fleksibel dan seimbang. Sangatlah gampang mengikuti pola makan dari dash diet tersebut karena bahan makanan yang dikonsumsi ini mudah sekali diketemukan.

Untuk tips cegah darah tinggi dengan metode dash diet tersebut, anda bisa menyantap sayur, buah-buahan, dan biji-bijian. Mereka harus menghindari minuman dan makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh, seperti daging berlemak dan beberapa produk susu full krim. Untuk alternative-nya, maka anda dapat konsumsi protein nabati nantinya.

Mayo Clinic memberi tutorial makanan yang dapat dimakan untuk pelaku dash diet. Dalam satu hari, beberapa pelaku diet ini bisa konsumsi 2.000 kalori saja. Untuk menggapai hal tersebut, maka bisa konsumsi satu potong roti, 1/2 cangkir sereal, nasi, atau pasta

BACA JUGA  Tips dan Trik Membuat Gorengan Tetap Renyah dan Lebih Sehat

Anda pun juga diperbolehkan konsumsi produk susu bebas lemak (rendah lemak) sekitar 2-3 porsi dalam satu hari.