fbpx

Jaga Kesehatan dengan Hindari 7 Makanan Pemicu Kadar Gula Darah Tinggi Berikut

Salah satu kondisi yang berisiko pada kesehatan adalah kadar gula tinggi. Untuk mencegahnya memang tidak mudah, karena setiap makanan atau minuman yang kita konsumsi tidak selalu tahu kandungan manfaat serta dampaknya.

Namun, untuk mencegahnya pun kita tetap harus mengurangi jenis makanan atau minuman pemicu kadar gula tinggi.

Umumnya konsentrasi glukosa dalam darah dijadikan panduan mengukur gula darah tubuh. Sedang nama lainnya yaitu konsentrasi gula darah atau kadar glukosa darah.

Pastinya, orang-orang yang mempunyai kondisi kadar gula darah tinggi mengalami penyakit diabetes tipe 1, 2 atau disebut gestasional. Kondisi seseorang seperti itu akan semakin parah apabila tidak menjaga pola makan.

Mereka yang sensitif dengan lonjakan gula darah atau mempunyai risiko penyakit diabetes memang harus benar-benar menjaga asupan nutrisinya. So, jangan sampai mengonsumsi makanan atau minuman yang akan memicu naiknya kadar gila darah dalam waktu singkat.

Melansir Detik Food dari Boldsky (05/12/2022), berikut 7 makanan dan minuman yang memicu kadar gula darah tinggi sehingga harus di waspadai saat mengonsumsinya:

1. Nasi Putih

Pasti tidak ada yang menyangka kalau nasi putih ternyata bisa memicu kadar gula darah tinggi. Pasalnya jenis makanan pokok ini adalah yang ditemui sehari-hari, simple-nya adalah bagaimana mungkin seseorang melepaskan untuk tidak mengonsumsi nasi? Sementara nasi adalah makanan pokok orang Indonesia.

Ternyata nasi merupakan makanan yang tergolong karbohidrat olahan. Artinya, di dalamnya sangat kecil akan kandungan serat sehingga sangat mudah dicerna tubuh dengan cepat. Kondisi ini akan menaikkan kadar gula darah dalam waktu cepat.

Mengutip Halodoc, nasi putih termasuk makanan dengan indeks glikemiks cukup tinggi yang menyebabkannya berisiko besar terhadap diabetes.

Secangkir nasi putih terkandung 44,5 gram karbohidrat yang memicu terjadinya penumpukan lemak. Ternyata solusinya, jika seseorang ingin mengonsumsi nasi putih bisa mengakali dengan memakan dalam keadaan dingin.

BACA JUGA  Terlalu Banyak Minum Air Putih Bisa Berujung Kematian?

Karena hal itu memungkinkan karbohidrat akan berubah menjadi pati resisten yang mana tak dapat dicerna tubuh.

2. Minuman dengan Berpemanis

Dibalik segarnya sebuah minuman berpemanis dan menyegarkan, ternyata sangat berisiko pada kondisi kadar gula tinggi.

Jelas saja karena kandungan gula di dalamnya sangat banyak serta tidak dilengkapi dengan nutrisi lain seperti lemak, protein, maupun serat.

Disamping itu, mengonsumsi minuman berpemanis juga tak mengenyangkan. Malahan hal itu akan membuat banyak orang cenderung mengonsumsi lagi makanan yang mengandung gula tinggi agar merasa kenyang. Sehingga pasokan gula dalam tubuh sangat banyak.

3. Yogurt Rasa Buah

Yogurt menyehatkan? Tentu saja, secara umum minuman susu fermentasi ini dikenal menyehatkan karena punya nutrisi. Yogurt juga disarankan pakar lantaran baik untuk sistem pencernaan.

Tapi perlu di garisbawahi, tidak semua yogurt sehat. Misalnya, yogurt rasa buah atau yang beredar di pasaran juga perlu diwaspadai kandungan gulanya.

Yogurt rasa buah umumnya dibuat dengan susu rendah lemak dan bahkan bisa tanpa lemak. Lalu di dalamnya terkandung banyak karbohidrat serta gula yang memicu terjadinya kenaikan gula darah.

4. Sereal Berpemanis

Berikutnya daftar makanan yang memicu lonjakan kadar gula darah tubuh adalah sereal berpemanis. Rasanya yang nikmat memang makin mantab jika disantap dengan susu segar, tetapi para penderita diabetes sebaiknya tidak memakan makanan ini.

Kebanyakan produk sereal yang terjual di pasaran adalah produk ultra proses yang seringnya minim sekali gizi. Sereal tersebut lebih banyak mengandung karbohidrat dari perkiraan yang secara langsung di ubah tubuh menjadi gula.

5. Kentang

Umbi-umbian yang satu ini banyak dijumpai di cafe, sebagai salah satu snack disana dan banyak di sukai juga. Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang makan kentang dalam porsi banyak akan mengalami peningkatan kadar gula.

Kentang termasuk kategori makanan dengan glikemik tinggi seperti halnya nasi putih

6. Susu Gandum (Oat milk)

Susu gandum atau oat milk memang sedang tren sebagai campuran kopi viral kekinian. Tapi jangan sampai kebanyakan untuk mengonsumsinya karena susu oat mengandung jenis gula spesifik bernama maltosa.

BACA JUGA  Teh Hijau Baik Untuk Diet, Tapi Jangan di Waktu Ini Melakukannya

Maltosa sendiri mengandung indeks glikemik tinggi. Apabila dibandingkan dengan sumber karbohidrat lainnya, maltosa disebut oleh peneliti bisa menaikkan kadar gula cukup singkat.

7. Buah-buahan

Buah memang daftar makanan sehat dan bergizi. Malahan para pakar merekomendasikan untuk konsumsi buah setiap hari, tetapi mereka juga sensitif terhadap gula darah. Sehingga wajib memperhatikan jenis buah yang akan di konsumsi.

Adapun buah yang harus di waspadai adalah mangga, anggur, cherry serta pisang. Disarankan untuk buah-buahan tersebut di konsumsi secukupnya saja dan tidak lebih dari 1/2 cangkir porsi.

Demikianlah daftar makanan yang ternyata cepat menaikkan kadar gula darah dalam tubuh. Yuk, mulai cermat!