Inilah 5 Aplikasi Cek Kualitas Udara di Android dan iOS

Belakangan ini ramai persoalan kualitas udara di ibu kota, Jakarta. Tak sedikit yang menilai jika kualitas udara di Jakarta sebagai yang terburuk di dunia.

Kondisi semacam ini tentunya mengkhawatirkan warga lantaran bisa berdampak pada kesehatan tubuh. Tak dipungkiri, kualitas udara di perkotaan memang jauh dari kata bersih. Oleh karena itu penting sekali untuk selalu mengecek kualitas udara tiap waktu.

Dengan kita menyiapkan alat atau pengecekan kualitas udara, tujuannya supaya kita dapat mempersiapkan diri jika harus beraktivitas di luar rumah, misalnya seperti mengenakan masker. Nah, informasi yang di rangkum pada laman kali ini menyajikan tentang cara mengecek kualitas udara yang tidaklah sulit.

Manfaatkan HP mu! Ya, karena dengan menggunakan ponsel kita bisa ngecek kualitas udara. Bagaimana bisa? Yuk simak!

5 Aplikasi Cek Kualitas Udara di Android dan iOS

  1. IQAir Air Visual

Sebagai informasi, data dari IQAir kerap dijadikan parameter untuk melihat kualitas udara di suatu tempat. Nah, kamu bisa melihatnya melalui aplikasi yang dapat diunduh di Android dan iPhone ini.

Aplikasi IQAir Visual ini turut memberikan ramalan polusi udara dan cuaca di lebih dari 10.000 kota di seluruh dunia. Bahkan semua ditampilkan dengan grafik yang menarik dan mudah untuk dimengerti.

Informasi tentang kualitas udara di IQAir Air Visual bisa dengan mudah dibagikan ke akun mesia sosial seperti WhatsApp atau media sosial lainnya.

  1. Nafas

Namanya Nafas, sebuah aplikasi yang dibuat oleh mantan Chief Marketing Officer Gojek Piotr Jakubowski bersama Nathan Roestandy. Melalui aplikasi Nafas ini kita akan diberikan informasi tingkat polusi di mana pengguna berada.

Informasi itu bisa dikirimkan melalui notifikasi bilamana kualitas udara memburuk. Bukan hanya itu saja, namun aplikasi Nafas juga memberikan saran apa yang harus pengguna lakukan untuk menghindari polusi guna menjaga kesehatan tubuhnya.

  1. UdaraKita

Aplikasi UdaraKita merupakan buatan dari Greenpeace Indonesia. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa mengetahui kualitas udara yang terjadi dan bagaimana cara untuk mengantisipasi ancaman berbahaya dari polusi udara di sekitar kamu.

BACA JUGA  Batuk dan Pilek? 5 Makanan Sehat Ini Bisa Bantu Jaga Kesehatan Tubuh Selama Musim Hujan

Untuk saat ini wilayah pemantauan utama hanya di Jakarta dan sekitarnya, Bandung, Semarang, Bali dan Pekanbaru. Sementara untuk kota yang lain sedang disiapkan oleh Greenpeace.

Pengguna bisa memberikan laporan terkait kualitas udara di sekitarnya melalui fitur pengaduan yang tersedia di aplikasi tersebut.

  1. Air Quality

Aplikasi cek kualitas udara yang keempat ini bernama Air Quality, pengguna bisa dengan mudah memantau kualitas udara tempat kita berada dan memeriksa aktivitas mana yang tidak disarankan jika terjadi polusi.

Nantinya pengguna bisa membagikan ke media sosial foto tempat kita berada yang dibubuhi dengan informasi kualitas udara.

  1. BreezoMeter

Menggunakan ‘Machine Learning’ serta kecerdasan buatan untuk menghadirkan informasi soal kualitas udara dan serbuk sari secara akurat dan real time. Selain itu, aplikasi ini memberikan prediksi kualitas udara lima jam ke depan di sebuah lokasi.