Formasi PES 2021 Tak Terkalahkan
efootball strategy

8 Formasi PES 2021 Tak Terkalahkan Lengkap dan Bikin Menang

LiputanTimes.com – Bingung mau mmain PES dengan formasi apa? Coba deh gunakan formasi pes 2021 tak terkalahkan berikut ini.

Meskipun tak hanya soal kalah, kamu perlu formasi pes 2021 tak terkalahkan untuk bisa mengembangkan permainan.

Formasi pes 2021 tak terkalahkan ini bisa jadi kunci agar kamu bisa memenangkan pertandingan demi pertandingan dengan lebih baik.

Apa saja formasi terbaiknya? Simak terus artikel ini untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

BACA JUGA  Cara Gampang Bikin Blue Pots PES 2021

Formasi PES 2021 Tak Terkalahkan untuk Menyerang

Formasi PES 2021 Tak terkalahkan
eFootball

4-3-3

Formasi PES 2021 tak terkalahkan ini memberikan banyak bantuan untuk lini depan tim kamu saat membawa bola ke depan.

Pasalnya, kamu akan memiliki dua pemain sayap di posisi tinggi yang memungkinkan mereka menyelinap di belakang fullback dan mengirimkan umpan silang ke penyerang tengah.

Gelandang kamu juga memiliki kebebasan untuk menjaga garis yang solid jika serangan gagal atau mengoper bola ke pemain sayap sehingga mereka akan memajukan bola.

Dengan formasi ini, kamu akan memiliki tim yang seimbang yang dapat bermain dalam serangan balik atau dengan strategi operan dan pergerakan yang sabar.

Formasi ini juga kerap digunakan oleh pelatih terkenal. Salah satunya adalah Pep Guardiola yang dia gunakan di Barcelona dan Manchester City.

4-2-1-3

Jika kamu ingin mempertahankan penguasaan bola sambil tetap menyerang melalui tengah lapangan, ini adalah formsi PES 2021 tak terkalahkan yang tepat.

Kamu tidak hanya memiliki dua pemain sayap yang ofensif, tetapi juga gelandang agresif yang dapat menghasilkan berbagai macam peluang.

Sabar dalam mengoper bola dan meluangkan waktu untuk mengatur strategi adalah kunci untuk menjadi agresif karena bagian tengah lapangan sering kosong.

Namun, kamu mungkin akan kesulitan menggunakan formasi ini jika lawan bermain dari sayap sehingga kamu harus mundur secepat mungkin untuk mengatasinya.

Agar formasi ini bisa berhasil dengan baik, kamu membutuhkan gelandang serang yang bagus dan dua gelandang bertahan di tengah.

3-4-3

Salah satu keuntungan dari formasi 3-4-3 adalah kamu tidak bergantung sepenuhnya pada permainan bek sayap untuk berhasil atau gagal.

Memang, pemain tersebut memiliki peran penting. Namun, jika mereka gagal, kamu memiliki pemain di setiap lini yang bisa membantu pertahanan.

Jika seorang bek sayap kalah dalam duelnya karena kurangnya ruang, ada tiga orang penjaga yang dapat berjuang untuk maju ke depan.

Ada lima pemain unik di lapangan dengan dua  pemain di setiap sisi sehingga passing point yang dibuat sangat banyak.

Formasi PES 2021 tak terkalahkan ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengolah short-passing sehingga kamu bisa mendapatkan ball posession yang lebih banyak.

BACA JUGA  Cara Mengatasi Kode Eror C Najm 1009 PES 2021

Formasi PES 2021 Tak Terkalahkan untuk Bertahan

Formasi PES 2021 Tak terkalahkan
eFootball

4-2-2-2

Formasi PES 2021 tak terkalahkan yang pertama adalah 4-2-2-2. Ini merupakan formasi yang sangat baik apabila kamu memiliki pemain belakang yang lambat karena dua gelandang bertahan akan membantu pertahanan.

Selain itu, ini adalah formasi yang akan memberikan skuad yang solid dan seimbang terutama jika kamu memiliki gelandang dengan kemampuan di atas 80%.

Akan tetapi, kamu harus menggunakan pemain dengan kecepatan tinggi yang bisa menyerang dari area tengah dan pinggir.

Tidak percaya? Tenang, formasi PES 2021 tak terkalahkan ini sudah teruji di dunia nyata. Pasalnya, Hansi Flick menggunakan formasi ini untuk membawa Bayern Munich memenangkan treble.

5-2-3

Dengan lima pemain belakang, formasi ini memberikan banyak perlindungan yang kuat bagi lini pertahanan kamu.

Meskipun lini tengah terlihat kosong dan tidak diisi dengan baik, kamu bisa memposisikan pemain sayap ofensif lebih dekat ke dua gelandang itu.

Dengan demikian, pemain gelandang dan penyerang sayap memiliki jarak umpan yang dekat dan kuat.

Formasi PES 2021 tak terkalahkan ini cocok apabila kamu menyukai permainan yang sangat hati-hati dan aman.

Kamu tidak perlu khawatir untuk menyerang karena ada lima pemain bertahan dan dua gelandang di depan untuk mencegah serangan balik.

Namun, syarat agar formasi PES 2021 ini berhasil adalah kammu membutuhkan pemain bertahan yang solid agar formasi ini berfungsi.

BACA JUGA  Cara Top Up PES 2021 Mobile Gampang dan Cepat

Formasi PES 2021 Tak Terkalahkan yang Seimbang

Formasi PES 2021 Tak terkalahkan
eFootball

4-1-4-1

Terdiri dari empat bek, termasuk dua bek tengah, bek kiri, dan bek kanan, formasi PES 2021 tak terkalahkan ini memiliki pertahanan yang solid.

Namun, empat gelandang serang dan satu striker di depan juga membuat formasi ini sangat cocok menyerang dalam permainan, terutama serangan balik jika lawan kehilangan bola di tengah.

Formasi ini cocok digunakan dengan tim yang memiliki banyak gelandang cepat karena formai ini bukan  untuk bertahan habis-habisan.

Pertahanan habis-habisan akan memikat full-back kamu dan membiarkan lini belakang terbuka sehingga lawan mudah untuk melakukan serangan balik.

4-3-2-1

Formasi 4-3-2-1 ini mungkin formasi all-around terbaik yang bisa kamu terapkan dalam permainan. Pemain tetap padat di tengah lapangan sambil memberi banyak kebebasan untuk bermain.

Terdiri dari empat bek di belakang, tiga gelandang bertahan, dua gelandang serang, dan satu strike, formasi PES 2021 tak terkalahkan ini wajib kamu coba.

Gelandang bertahan membantu para pemain bertahan di belakang jika terjadi serangan balik. Dua pemain setelah gelandang adalah penyerang yang akan membantu penyerang saat tim menyerang, dan mereka juga dapat turun untuk membantu gelandang.

Namun, apabila kamu ingin menggunakan formasi PES 2021 tak terkalahkan ini, rotasi sayap tampaknya harus sering kamu lakukan.

3-2-4-1

Dalam permainan sesungguhnya, kamu tidak menemukan banyak pelatih yang menerapkan formasi ini. Akan tetapi, bukan berarti formasi ini tidak akan berfungsi di PES 2021.

Formasi dengan tiga pemain belakang dan dua gelandang bertahan memberikan kamu pertahanan yang kokoh dan disiplin.

Di sisi lain, lima pemain yang siap menyerang setiap saat memberikan kamu kekuatan menyerang yang sulit untuk dibendung.

Selama pertandingan, kamu bisa menggunakan formasi PES 2021 tak terkalahkan ini untuk membuat dua AMF melesat ke sisi kiri setelah salah satu gelandang sayap menarik wingback lawan ke arahnya.

Agar formasi ini berhasil, kamu harus merotasi pemain sayap, menghindari gelandang lambat, dan selalu waspada dengan lini belakang.

BACA JUGA  PES 2021 PPSSPP versi Terbaru, Ini Link Download dan Cara Pasangnya

Penutup

Itu dia delapan formmasi PES 2021 tak terkalahkan yang bisa kamu coba di permainan selanjutnya. Ada formasi yang fokus ke pertahanan, penyerangan, hingga keseimbangan.

Oleh karena itu, tentukan terlebih dulu gaya permainan seperti apa yang mau kamu tampilkan sebelum menerapkan formasi di atas.

Selain itu, ingat. Formasi di atas hanyalah alat untuk membantu kamu mendapatkan permainan yang lebih baik. Tidak semua formasi bekerja di semua pertandingan.

Jangan lupa untuk selalu berlatih dan mengasah kemampuan kamu dalam bermain.

Terima kasih telah membaca artikel ini sampai akhir. Nantikan informasi menarik lainnya dari Liputan Times. Selamat mencoba.

***