fbpx
aplikasi rekam layar android
Unsplash/Onur Binay

11 Aplikasi Rekam Layar Android Terbaik, Bisa Live Streaming Game!

LiputanTimes.com – Dengan semakin banyak konten menarik yang beredar di internet, kamu pasti ingin menyimpan dan membagikannya dengan banyak orang.

Hanya saja, jika harus mengunduh video tersebut, kamu pasti merasa ribet. Entah harus download aplikasi dulu atau masuk ke situs dengan banyak pop-up iklan.

Ternyata, ada cara lain yang lebih simpel lho. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi rekam layar Android di ponselmu.

Sekarang memang beberapa ponsel Android sudah menyediakan perekam layar sebagai fitur bawaan. Misalnya saja di ponsel kelas menengah seperti Samsung A52.

Akan tetapi, masih banyak ponsel yang belum memiliki fitur perekaman layar.

Kabar baiknya, kamu bisa mengunduh aplikasi rekam layar Android dengan mudah di Play Store. Pilihannya juga banyak. Kamu tinggal pilih aplikasi yang cocok dengan kamu.

Lalu, apa saja aplikasi rekam Android yang bisa kamu download? Tenang, berikut daftarnya.

BACA JUGA  10 Aplikasi Antivirus Android yang Layak Anda Coba

ADV Screen Recorder

aplikasi rekam layar android
PlayStore

ADV Screen Recorder adalah aplikasi rekam layar Android yang memungkinkan kamu untuk merekam layar ponsel dalam berbagai resolusi, mulai dari 240p hingga maksimal 720p.

Aplikasi ini juga menawarkan bit rate yang berbeda yaitu dari 1Mbps hingga 15Mbps dan opsi frame rate dari 24FPS hingga 60FPS.

Fitur berguna lainnya adalah hitung mundur 3 detik sebelum perekaman dimulai dan perekaman audio internal dan eksternal.

Selain itu, aplikasi rekam layar Android ini juga tidak meninggalkan watermark di hasil video, sebuah keuntungan dibandingkan aplikasi gratis lainnya.

AZ Screen Recorder

aplikasi rekam layar android
PlayStore

AZ Screen Recorder adalah salah satu aplikasi rekam layar Android paling populer. Kemungkinan besar, kamu pasti sudah pernah mendengar namanya.

Aplikasi ini ringan dan mudah untuk digunakan. Proses perekaman pun terasa nyaman karena terdapat tombol overlay yang tidak mengganggu konten yang direkam.

Bahkan, aplikasi ini juga memiliki editor video kecil untuk memangkas bagian video yang ingin diedit dengan cepat.

Terlebih, aplikasi ini tidak memiliki watermark dan tidak menyediakan batas waktu perekaman. Jadi, kamu bisa merekam dengan bebas.

DU Recorder

aplikasi rekam layar android
PlayStore

Aplikasi rekam layar Android lain yang ada di dalam daftar ini adalah DU Recorder. Telah diunduh lebih dari 10 juta kali, aplikasi ini memiliki waktu tak terbatas untuk merekam, tak memerlukan akses root, dan memiliki editor video bawaan.

Dalam versi gratisnya, fitur aplikasi ini termasuk pengaturan frame rate, kamera depan, pilihan resolusi, kecepatan bit, pembuat GIF, dan masih banyak lagi.

Google Play Games

aplikasi rekam layar android
PlayStore

Siapa sangka, sebuah aplikasi game bisa jadi aplikasi rekam layar Android pula. Selain sebagai gim, Google Play Game memiliki fitur perekaman layar bawaan yang berfungsi dengan baik.

Aplikasi ini juga gratis dan berfungsi hingga resolusi 720p. Hanya saja, fitur perekaman ini tidak tersedia di setiap negara dan kamu harus melakukan rooting untuk menggunakannya.

Caranya mudah. Buka aplikasi Google Play Game lalu buka halaman info game. Kemudian, klik ikon “Rekam” yang ada di bagian atas layar.

Untuk menggunakan fitur ini untuk merekam lyara di luar game, keluar dari game saat aplikasi sudah mulai merekam.

InShot Screen Recorder

aplikasi rekam layar android
PlayStore

InShot terkenal sebagai aplikasi edit video dan foto. Namun, ternyata InShot juga memiliki aplikasi rekam layar Android.

Aplikasi ini termasuk salah satu yang paling populer dan pada dasarnya berfungsi untuk merekam apa pun yang ditampilkan di layar.

Fitur lain dari aplikasi ini adalah perekaman audio internal, editor video, dan tidak adanya watermark.

Lollipop Screen Recorder

aplikasi rekam layar android
PlayStore

Aplikasi rekam layar Android ini cukup ringan untuk digunakan dan memungkinkan kamu untuk merekam video dengan resolusi dari 360p hingga 720p.

Aplikasi ini juga memiliki fitur hitung mundur tambahan hingga 60 detik sebelum memulai perekaman layar.

BACA JUGA  11 Aplikasi Desain Rumah Gratis untuk Android, PC, dan iOS

Mobizen Screen Recorder

aplikasi rekam layar android
PlayStore

Mobizen adalah salah satu aplikasi rekam layar Android paling populer lain yang ada di Play Store. Soalnya, aplikasi ini menawarkan banyak fitur, termasuk perekaman full HD pada 60fps. Aplikasi ini juga dilengkapi video editor untuk menambahkan musik setelah perekaman selesai.

Screen Recorder – Record with Facecam And Audio

aplikasi rekam layar android
PlayStore

Aplikasi rekam layar Android yang satu ini memiliki fitur untuk merekam layar sambil menggunakan kamera depan di saat yang bersamaan.

Jika kamu ingin membuat konten gaming atau reaction, aplikasi ini mampu untuk mengakomodasi kebutuhanmu.

Kamu juga bisa langsung mengedit videonya setelah selesai direkam, dan yang lebih penting tidak ada watermark yang menempel setelah kamu selesai merekam.

Aplikasi rekam layar Android ini juga menyediakan berbagai macam format dengan resolusi kualitas tinggi. Kamu bahkan bisa merekam dengan waktu tak terbatas.

Super Screen Recorder

aplikasi rekam layar android
PlayStore

Seperti namanya, Super Screen Recorder adalah aplikasi rekam layar Android yang memiliki kualitas super.

Perekam layar ini gratis namun menawarkan fitur yang benar-benar berguna bagi penggunanya.

Ikon perekaman dan menunya sangat mudah untuk digunakan sehingga kamu bisa mengontrol perekaman dengan mudah.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur catatan untuk menandai area atau menambahkan keterangan pada layar.

Kamu dapat merekam video mulai dari resolusi 240p sampai 1080p, selain dari memodifikasi bit ratenya.

Secara keseluruhan, aplikasi rekam layar Android ini adalah salah satu yang terbaik dan mudah untuk digunakan.

Twitch

aplikasi rekam layar android
PlayStore

Alasan banyak orang inign merekam layar mereka salah satunya karena game. Apabila kamu ingin melakukan streaming sendiri sambil bermain game di ponsel, aplikasi streaming Twitch juga bisa melakukannya.

Tentu saja, fitur streaming rekaman bawaan Twitch sangat besar. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk merekam dan menyiarkan sebagian besar game Android, merekam audio dengan mikrofon internal atau eksternal, dan membuka streaming ke publik.

XRecorder

aplikasi rekam layar android
PlayStore

Jika banyak aplikasi rekam layar Android memiliki watermark, kamu tidak akan menemukannya di XRecorder.

Selain itu, meski ada iklan, XRecorder tidak membatasi waktu perekaman dan tidak memerlukan ponsel yang di-rooting.

XRecorder mampu merekam video hingga 1080p dan 60FPS. Kamu juga bisa menambahkan facecam di sudut sesi perekaman.

Ditambah, aplikasi ini juga memiliki editor video bawaan yang berguna untuk mengedit videomu dengan cepat dan mudah.

BACA JUGA  15 Aplikasi Wallpaper untuk Android 2022, Bikin HP Makin Kece!

Penutup

Itulah beberapa aplikasi rekam laya Android yang bisa kamu download. Setelah proses perekaman selesai kamu bisa menemukan file-nya di File Manager atau Gallery.

Namun, apabila ponselmu sudah memiliki aplikasi rekam layar Android bawaan, kamu tidak perlu mengunduh aplikasi-aplikasi di atas.

Selain gratis, screen recorder bawaan Android juga bisa diandalkan dan mudah untuk digunakan. Namun, perlu diingat bahwa ponselmu harus ditenagai oleh Android 10/One UI 2.

Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu menggeser layar ke bawah dua kali untuk memunculkan seleuruh tampilan Quick Settings.

Setelah itu, kamu akan menemukan Screen Recorder. Jika tidak dapat menemukannya, kamu hanya perlu menggeser ke halaman berikutnya. Mudah bukan?

Terima kasih telah membaca artikel ini sampai akhir. Nantikan informasi menarik lainnya dari LiputanTimes. Selamat mencoba.

***

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci
aplikasi live rekam layar