aplikasi kamera iphone
Unsplash/Patrick Tomasso

11 Aplikasi Kamera iPhone Terbaik 2022, Bikin Jepretanmu Makin Kece

LiputanTimes.com – Tidak diragukan lagi, iPhone memiliki kamera yang memadai dan bahkan sering disandingkan dengan DLSR. Apalagi dengan tambahan aplikasi kamera iPhone, hasil tangkapannya bisa jadi semakin terlihat profesional.

Pasalnya, aplikasi kamera iPhone bawaan tidak memberikan banyak kontrol terhadap pengaturan tangkapan.

Semakin kemampuan kamu bertambah, semakin besar pula kebutuhan akan aplikasi kamera iPhone yang memberikan kontrol tersebut.

Tidak perlu khawatir, sekarang sudah banyak aplikasi kamera iPhone yang bisa kamu gunakan untuk membuat tangkapan gambarmu terlihat semakin pro. Ada yang gratis dan ada juga yang berbayar.

Lalu, aplikasi apa saja yang bisa kamu gunakan? Berikut kami sajikan 10 aplikasi kamera iPhone untuk mendukung hasil jepretanmu.

BACA JUGA  5 Cara Mencegah iPhone Cepat Panas Biar Makin Awet

Camera+ 2

aplikasi kamera iphone
App Store

Aplikasi kamera iPhone pertama yang bisa jadi penunjang jepretanmu adalah Camera+ 2. Aplikasi ini bertujuan untuk membuat fotografi iPhone menyenangkan bagi semua orang.

Tak peduli apakah kamu profesional atau pemula, aplikasi kamera iPhone ini memiliki tampilan yang familiar bagi semua orang sehingga mudah untuk digunakan.

Mode RAW yang ada di aplikasi ini menyimpan gambar persis seperti yang ditangkap oleh sensor dengan tingkat keakuratan yang tinggi.

Download Camera+ 2 di Sini

Aplikasi Kamera Filmborn

aplikasi kamera iphone
Apptopia

Apabila kamu suka dengan gaya kamera film jadul, Filmborn adalah aplikasi kamera iPhone yang tepat untuk kamu coba.

Filter langsungnya bisa membuat gambar yang kamu tangkap terasa seperti diambil menggunakan kamera film jadul.

Ada banyak sekali kontrol yang diadaptasi oleh aplikasi kamera iPhone ini, mulai dari ukuran lensa hingga stok film.

Filmborn juga memiliki banyak sekali kit film yang bisa disesuaikan dengan gaya fotografimu seperti kit fotografi jalanan, atau kit lanskap format besar.

Mungkin kamu akan membutuhkan lebih banyak waktu mempelajari aplikasi ini. Namun, hasilnya dijamin sepadan.

Halide

aplikasi kamera iphone
App Store

Kamu lebih suka mengatur gambarmu dari hal paling kecil? Jika demikian, Halide adalah aplikasi kamera iPhone yang dirancang untuk mengakomodasi kebutuhanmu.

Aplikasi ini dirancang untuk fotografer yang ingin mengambil gambar tanpa menggunakan pengaturan otomatis

Pasalnya, aplikasi kamera iPhone ini memungkinkan kamu untuk mengatur pencahayaan, fokus, ISO, hingga shutter speed.

Tampilannya juga memiliki histogram dan puncak kedalaman sehingga kamu bisa memantau bagaimana kamera iPhone-mu memproses kedalaman bidang.

Perlu diingat, Halide adalah aplikasi berbayar dan hanya menawarkan 7 hari gratis untuk trial.

Download Halide di Sini

BACA JUGA  7 Aplikasi Edit Foto Terbaik 2022 Untuk HP Android dan iPhone

Lightroom

aplikasi kamera iphone
App Store

Siapa tak kenal Adobe Lightroom? Populer karena keapikannya dalam mengedit foto, aplikasi ini juga cocok untuk dijadikan aplikasi pengambil gambar.

Mulai dari pengeditan cepat menggunakan kurva hinga penyesuaian sorotan, bayangan, dan kontras bisa kamu dapatkan.

Terlebih, aplikasi kamera ini juga memiliki fitur zebra stripes untuk mengatur exposure yang hanya ditemukan di versi iOS.

Versi premiumnya juga tak akan membuat kamu rugi. Kamu akan mendapatkan akses pengeditan mentah, pengeditan selektif, atau menghapus elemen foto yang tidak diinginkan.

Download Lightroom di Sini

Manual

aplikasi kamera iphone
App Store

Seperti namanya, Manual adalah aplikasi kamera iPhone yang memberikan kamu akses ke pengaturan lebih dari kamera bawaan iPhone.

Jika kamu menginginkan aplikasi yang memungkinkan kamu memotret dalam format RAW dengan kontrol penuh atas eksposur, Manual adalah aplikasi yang tepat.

Selain itu, aplikasi kamera iPhone ini juga cukup sederhana untuk digunakan meskipun fitur-fiturnya terasa tersembunyi dan tidak mudah ditemukan.

Download Manual di Sini

Moment

aplikasi kamera iphone
App Store

Moment dikenal dengan aksesorisnya seperti lensa dan kasing. Namun, Moment juga memiliki aplikasi kamera iPhone untuk mendukung proses pengambilan gambarmu.

Moment memberikan banyak kontrol manual sehingga memungkinkan kamu mengambil foto dalam RAW.

Terlebih, aplikasi Moment memiliki fitur untuk menunjukkan kepada pengguna area mana dari gambar yang terekspos dan fokus dengan benar. Sangat membantu bukan?

Secara keseluruhan, Momenr relatif sederhana untuk digunakan. Kamu bisa bereksperimen dengan liar menggunakan aplikasi ini.

Download Moment di Sini

MuseCam

aplikasi kamera iphone
App Store

MuseCam adalah aplikasi kamera iPhone yang sangat cocok untuk fotorgrafer iPhone pemula. Antarmukanya mudah digunakan dan kontrol manual kameranya tidak begitu membingungkan.

Plus editor gambar, aplikasi ini bisa semakin mempercantik hasil tangkapan gambarmu. Selain itu, berita baiknya, aplikasi ini juga gratis.

Download MuseCam di Sini

BACA JUGA  Alasan Pengguna iPhone Lebih ‘Setia’ Daripada Android!

Obscura

aplikasi kamera iphone
App Store

Menawarkan antarmuka yang sederhana dan bersih, Obscura mengambil pendekatan minimalis untuk membantu kamu mengambil gambar yang lebih baik.

Aplikasi ini memiliki beragam kontrol manual untuk dipilih. Semuanya bekerja melalui tombol di layar yang mudah untuk dinavigasikan.

Tersedia pula lebih dari 19 filter untuk mengedit sehingga hasil jepretan kamu akan terlihat semakin kece.

Download Obscura di Sini

ProCam

aplikasi kamera iphone
App Store

Kamu ingin aplikasi kamera iPhone yang rumit dan kompleks? Jika iya, kamu bisa mencoba aplikasi ProCam.

ProCam adalah aplikasi yang dirancang untuk memberikan kontrol penuh gambar bagi pengguna. Jika dibandingkan aplikasi lain, antarmukanya akan terlihat membingungkan.

Namun, jika kamu sudah mempelajarinya dengan baik, aplikasi ini akan membantu kamu mendapatkan gambar sesuai yang ada di dalam kepala.

Download ProCam di Sini

ProCamera

aplikasi kamera iphone
App Store

ProCamera adalah aplikasi kamera iPhone yang dirancang agar mudah digunakan dalam situasi sehari-hari, namun tetap memberikan pengaturan bagi fotografer profesional.

Aplikasi ini membuat kamu memiliki kontrol maksimum terhadap pengaturan kamera tanpa menjadi membingungkan.

ProCamera tidak hanya menghadirkan fitur kamera DSLR tingkat profesional tetapi juga menyediakan mode perekaman video kelas atas dan rangkaian pengeditan foto yang komprehensif.

Dari mode kamera prasetel untuk hal-hal seperti pemotretan HDR dan Lowlight hingga kendali atas resolusi dan kecepatan bingkai video, semuanya ada di sini.

Download ProCamera di Sini

VSCO

aplikasi kamera iphone
App Store

Terakhir dalam daftar adalah VSCO. Aplikasi kamera iPhone ini sudah tak asing lagi bagi para pecinta dunia fotografi.

Sering dipuji sebagai salah satu aplikasi pengeditan foto terbaik, VSCO juga menyajikan kamera yang kuat.

Aplikasi ini cukup ramah pengguna, dan jika kamu sudah terbiasa menggunakan VSCO untuk mengedit foto, menggunakannya untuk aplikasi foto juga akan cukup mudah.

Hanya saja, untuk membuka beberapa fitur yang lebih canggih, kamu harus berlangganan versi premiumnya. Meskipun demikian, versi gratis VSCO juga tetap menawarkan kualitas yang ciamik.

Download VSCO di Sini

BACA JUGA  HP iPhone Bisa Jadi Kaca Pembesar Hanya dengan Sekali Tap

Penutup

Itulah informasi seputar aplikasi kamera iPhone yang bisa kamu download sebagai penunjang phone photography-mu. Aplikasi mana nih yang bakal jadi andalan?

Aplikasi di atas hanya sedikit dari banyak aplikasi yang beredar di App Store. Namun, kami telah merangkumnya menjadi 11 aplikasi terbaik yang bisa kamu pilih dengan mudah.

Nah, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhanmu. Yang pasti, aplikasi kamera iPhone di atas akan memberikanmu kontrol penuh dan membuat fotomu jadi lebih baik.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir. Nantikan informasi menarik lainnya dari LiputanTimes. Selamat mencoba!

***