fbpx
aplikasi membuat curriculum vitae
Unsplash/Markus Winkler

9 Aplikasi Membuat Curriculum Vitae Gratis Terbaru 2022

LiputanTimes.com – Bingung mau buat CV di mana? Tenang, ada banyak aplikasi membuat curriculum vitae yang bisa kamu coba di internet.

CV merupakan dokumen penting yang harus kamu miliki saat melamar pekerjaan. Di dalamnya berisi informasi seputar riwayat hidup, pendidikan, skill, dan pengalaman kerja kamu.

Dulu, CV dibuat hanya menggunakan MS Word saja. Akan tetapi, sekarang sudah banyak aplikasi membuat curriculum vitae yang mudah untuk digunakan.

Penasaran apa saja plikasi membuat curriculum vitae tersebut? Daripada penasaran, langsung saja simak daftarnya di bawah ini.

BACA JUGA  11 Aplikasi Desain Rumah Gratis untuk Android, PC, dan iOS

Resume Star: Pro CV Maker

Aplikasi membuat curriculum vitae yang pertama adalah Resume Star. Aplikasi ini dilengkapi dengan banyak fitur menarik yang sehingga bisa membantu kamu membuat CV dengan lebih baik.

Aplikasi ini menyediakan berbagai format dalam pembuatan CV seperti PDF, portofolio online, atau surat lamaran. Kamu hanya perlu menggunakan 16 template yang sudah disediakan.

Selain itu, Resume Star juga memiliki menu yang mudah untuk dinavigasikan. Kamu bisa membuat CV yang baik sesuai dengan pekerjaan yang kamu incar tanpa perlu repot.

CV Engineer

CV Engineer adalah aplikasi membuat curriculum vitae yang dikembangkan oleh mantan konsultan rekrutmen profesional.

Selain gratis, aplikasi ini mudah digunakan dan memiliki beragam format penyimpanan. Kamu pun membagikan file-nya langsung melalui Google Drive, Gmail, atau WhatsApp.

Dari segi tampilan, CV Engineer memiliki antarmuka yang intuituf. Kamu bisa dengan mudah membuat dan menyunting CV melalui beragam template yang sudah disediakan.

Intelligent CV Resume Builder

Banyak yang mengatakan Intelligent CV Resume Builder adalah salah satu aplikasi membuat curriculum vitae terbaik.

Resume Builder adalah aplikasi canggih yang menawarkan banyak pilihan template CV dalam berbagai pilihan warna.

Salah satu fitur yang paling menonjol dari aplikasi ini adalah layanan penulisan CV dan fitur dukungannya. Ini berarti apabila kamu memerlukan bantuan saat menulis CV, Intelligent CV akan membantu kamu.

Selain itu, aplikasi membuat curriculum vitae ini juga memiliki banyak contoh CV. Bukan contoh sembarangan. Setiap bagian CV dibuat berdasarkan penelitian dan wawancara dengan HR profesional.

BACA JUGA  3 Aplikasi Nonton Bola di HP Gratis 2022! Streaming Liga Favoritmu Di Sini

Canva

Siapa tak kenal Canva? Aplikasi serba bisa ini terkenal dengan kemampuannya untuk mendesain apa saja. Sebagai aplikasi membuat curriculum vitae? Tentu saja bisa.

Lewat Canva, membuat CV jadi lebih mudah dan cepat. Kamu hanya perlu memilih satu dari ratusan template gratis buatan desainer andal yang sudah disediakan.

Setelah memilih template, ubah font, teks, dan warna CV sesuai kebutuhan kamu. Jangan lupa untuk mengunggah foto ke dalamnya ya.

Canva juga memiliki beragam opsi penyimpanan file seperti PDF, JPG, atau PNG. Yang paling penting, semuanya bisa kamu lakukan dengan mudah.

Online CV

Apabila kamu ingin membuat CV yang menarik secara visual dan dapat dipindai dengan cepat, OnlineCV adalah aplikasi membuat curriculum vitae yang cocok buat kamu.

Dengan pilihan template CV yang beragam untuk dipilih, OnlineCV akan memberikan petunjuk langkah demi langkah dan saran spesialis untuk membantu kamu memaksimalkan peluang mendapatkan pekerjaan berikutnya.

Kamu juga bisa dengan mudah mengubah template, serta mengedit warna, font, dan gaya untuk menghasilkan CV yang benar-benar kamu inginkan.

Semua template diformat untuk ATS, jadi satu-satunya hal yang perlu kamu fokuskan adalah konten CV.

Setelah selesai menyempurnakan desainnya, kamu bisadengan cepat mengunduh CV sebagai file TXT atau PDF atau bahkan membagikan tautan langsung ke CV kamu dengan calon pemberi kerja. Sederhana bukan?

Resume Builder – Professional CV Maker

Resume Builder adalah aplikasi membuat curriculum vitae keluaran Magnetic Lab. Ini merupakan salah satu aplikasi pembuat CV gratis terbaik yang bisa kamu coba. \

Ada berbagai macam fitur yang disediakan oleh Resume Builder, seperrti template CV profesional, bidang resume yang dapat disesuaikan sesuai keperluan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, aplikasi membuat curriculum vitae ini juga mudah untuk digunakan. Kamu hanya perlu melakukan hal beberapa hal sederhana melalui editor tingkat lanjutnya.

Setelah selesai, kamu juga bsia dengan mudah menyimpan CV dalam format PDF. Mau langsung dilampirkan sebagai email atau membbagikannya lewat WhatsApp? Aplikasi membuat curriculum vitae ini bisa melakukannya.

BACA JUGA  5 Alasan Aplikasi Opera Mini Harus Jadi Browser HP Utamamu

LinkedIn

Semua orang pasti tahu tentang LinkedIn. Situs web media sosial ini menjadi tempat bagi banyak orang untuk berbagi pengalaman seputar dunia pekerjaan dan informasi perekrutan kerja.

Kalau kamu tidak ingin ribet menggunakan aplikasi membuat curriculum vitae, pada dasarnya profil LinkedIn kamu berfungsi sebagai CV kamu.

Di sana, kamu bisa menuliskan latar belakang, pengalaman kerja, dan pengalaman pendidikan seperti layaknya membuat CV di aplikasi.

Menariknya, karena berfungsi sebagai sosial media, kamu bisa terhubung dengan banyak orang yang memiliki ketertarikan serupa dan bahkan sampai pelamar kerja.

Selain itu, kamu juga bisa mengunduh resume yang kamu buat di profil LinkedIn sebagai CV dan bisa kamu gunakan untuk melamar kerja di tempat lain.

Resumaker

Resumaker adalah aplikasi membuat CV yang ideal untuk semua orang. Baik dari fresh graduate sampai profesional tingkat eksekutif, Resumaker bisa mengakomodasinya.

Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah sederhana. Mulai dari lengkapi profil CV dengan mengisi semua bidang yang diperlukan untuk resume kamu.

Kemudian, pilih template CV yang kamu inginkan. Ada tiga format yang disediakan oleh aplikasi membuat curriculum vitae ini yaitu Engineers, Freshers atau Experienced.

Selesai! Kamu hanya perlu mengunduh CV yang telah kamu buat dalam format PDF atau langsung mencetaknya. Mudah bukan?

PathSource Resume

Aplikasi membuat curriculum vitae ini memiliki memiliki fungsi yang ramah pengguna sehingga memungkinkan kamu membuat CV yang sesuai dengan keinginan.

Dalam PathSource Resume, kamu akan menemukan template profesional, sederhana, modern, dan masih banyak lagi.

PathSource Resume telah teruji di lapangan karena dirancang untuk membantu kamu mendapatkan pekerjaan lebih cepat.

BACA JUGA  6 Cara Download Video Instagram Tanpa Aplikasi Untuk Feed, Story, Reels

Penutup

Itulah beberapa aplikasi membuat curriculum vitae yang bisa kamu gunakan. Meskipun gratis, beberapa aplikasi menyediakan opsi berbayar untuk fitur yang lebih maksimal.

Satu-satunya tujuan untuk membuat CV adalah supaya kamu bisa dipanggil untuk wawancara, bukan untuk otomatis diterima kerja. CV dibuat untuk memberikan gambaran kepada calon atasan tentang pengalaman masa lalu dan keterampilan kamu.

Resume kamu harus diperbarui sesering mungkin untuk menyesuaikan kebutuhan masing-masing pemberi kerja.

Pasalnya, perusahaan tidak hanya menggunakan CV untuk mencari pekerja yang cocok tapi juga menggunakannya untuk menyingkirkan pelamar.

Pada tahap ini, perusahaan mendapatkan banyak sekali CV dan mereka menggunakan kesalahan sebagai cara untuk mempersempit pelamar.

Dengan menggunakan aplikasi membuat curriculum vitae di atas, CV yang kamu buat akan lebih rapi dan terlihat profesional sehingga mengurangi kesalahan.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir. Nantikan informasi menarik lainya dari LiputanTimes. Selamat mencoba.

***