aplikasi opera mini
Play Store

5 Alasan Aplikasi Opera Mini Harus Jadi Browser HP Utamamu

LiputanTimes.com – Aplikasi Opera Mini adalah salah satu mobile browser alternatif yang bisa kamu gunakan ketimbang aplikasi bawaan yang ada di ponselmu.

Aktivitas browsing di ponsel semakin hari semakin tinggi. Menurut berbagai sumber, pada tahun 2021 saja ada sekitar 4,3 miliar pengguna mobile internet di seluruh dunia.

Hal ini membuat para pengembang aplikasi mobile browser berlomba-lomba meningkatkan performa aplikasi mereka. Aplikasi Opera Mini adalah salah satunya.

Pernah mendengar browser Opera untuk desktop? Nah, Oprea Mini adalah versi mobile browsernya.

Telah diunduh sebanyak 500 juta kali di Play Store, seperti apa performa aplikasi Opera Mini? Apakah kamu juga perlu menggunakannya? Simak artikel ini dan temukan alasannya.

BACA JUGA  Download Inbrowser Mod Apk Terbaru 2021, Aplikasi Mobile Browser Incognito Tanpa Iklan

Apa Itu Aplikasi Opera Mini?

Opera Mini adalah mobil browser yang pertama kali dikembangkan pada tahun 2005. Aplikasi ini dirancang untuk smartphone, tablet, dan PDA untuk memberikan pengalaman browsing yang cepat dan aman.

Bahkan, menurut keterangannya di Play Store, aplikasi Opera Mini mengklaim bisa menghemat data hingga 90%.

Sederhananya, Opera Mini adalah versi sederhana dari browser Opera Mobile dengan beberapa keunggulan.

Jika kamu menyukai berselancar di iternet menggunakan Opera dan menginginkan fungsionalitas yang sama di ponsel, kamu bisa menggunakan aplikasi Opera Mini.

Memiliki Fitur Offline File Sharing

Alasan pertama kamu harus menggunakan aplikasi Opera Mini adalah fitur offline sharing. Baru-baru ini, pihak Opera memperkenalkan fitur berbagi file baru ke Opera Mini.

Melalui fitur ini, kamu bisa membagikan foto, video, dan file audio dengan orang lain tanpa memerlukan koneksi internet.

Fitur ini bekerja dengan cara yang cukup unik. Opera membuat koneksi jaringan pribadi yang aman antar perangkat melalui koneksi Wi-Fi direct.

Cara kerja Wi-Fi direct secara teori mirip dengan Bluetooth. Akan tetapi, Wi-Fi direct dapat memroses data lebih cepat dan lebih bersar ketimbang Bluetooth.

Oleh karena itu, dengan aplikasi Opera Mini, kamu mentransfer file dengan kecepatan tinggi. Bahkan, sampai 200 kali lebih cepat daripada Bluetooth.

Download Manager yang Lebih Canggih

Dari tiket pesawat sampai video TikTok, kamu pasti pernah mengunduh file dari internet.

Nah, melalui aplikasi Opera Mini, kamu bisa memiliki download manager yang memberikan kamu kendali atas setiap file yang diunduh.

Download manager ini bisa mengukur kecepatan download yang ditampilkan seperti spidometer mobil dan bisa memberi tahukan kecepatan unduhan real time dan perkiraan waktu unduhan.

Selain itu, download manager juga memungkinkan kamu melihat bagaimana performa koneksi jaringan  memengaruhi kecepatan unduhan secara real time.

BACA JUGA  Link Download Puffin Browser Mod Apk, Loading Lebih Cepat Dengan Fitur Premium Unlocked

Pengalaman Berinternet yang Lebih Cepat dan Aman

Aplikasi Opera Mini adalah browser yang sesuai namanya, kecil. Namun browser ini juga lincah dan kuat.

Aplikasi ini bekerja dengan cara mengirimkan permintaan ke Server Opera yang kemudian mengunduh halaman, mengompresnya, dan mengirimkannya kembali ke browser.

Dengan demikian, aplikasi Opera Mini bisa memuat halaman lebih cepat karena halaman sedang dikompres sebelum dikirim.

Selain itu, aplikasi Opera Mini juga memiliki fitur optimasi untuk tampilan layar ponsel. Ini berarti beberapa halaman akan terlihat lebih baik di aplikasi Opera Mini ketimbang mobile browser lainnya.

Sebelumnya juga sudah disebutkan bahwa aplikasi Opera Mini bisa menghemat setidaknya sampai 90% penggunaan data.

Hal ini dikarenakan saat mengaktifkan penghematan data, Opera Mini akan mengonsumsi lebih sedikit data namun tetap memberikan pengalaman yang tak mengecweakan.

Fitur Ad Blockers Opera Mini

Aplikasi Opera Mini sangat mengutamakan kecepatan bagi para penggunanya. Itulah sebabnya Opera Mini memiliki fitur pemblokiran iklan bawaan yang sangat berguna.

Tanpa perlu memuat iklan, situs yang kamu kunjungi pasti akan jadi lebih cepat.

Ad blockers Opera Mini mempercepat koneksi internet karena pemblokiran iklan di Opera Mini terjadi di server Opera, sebelum iklan di web dimuat ponsel kamu.

Saat pemblokiran iklan diaktifkan, Opera Mini bahkan tidak meminta informasi iklan dari situs web yang kamu kunjungi.

Ad blockers adalah fitur yang sangat dihargai. Dengan menambahkan teknologi pemblokiran iklan, kamu akan mendaptkan pengalaman berinternet yang lebih cepat dengan penggunaan data seluler yang lebih sedikit. Yang lebih penting, lebih sedikit distraksi karena tak ada iklan yang mengganggu.

BACA JUGA  11 Aplikasi Desain Rumah Gratis untuk Android, PC, dan iOS

Aplikasi yang Lebih Ramah Tampilan

Aplkasi Opera Mini memiliki desain yang bersih dan rapi. Dibandingkan mobile browser lain yang ada di pasaran, Opera Mini terasa lebih segar dan ringan untuk dilihat.

Antarmuka utama Opera Mini pun sangat intuitif. Kamu memiliki akses ke fitur mode malam sehingga membuat berselancar menggunakan aplikasi ini lebih nyaman untuk mata.

Selain itu, aplikasi Opera Mini juga memiliki fitur zoom yang bisa diaktifkan hanya dengan satu ketukan sederhana sehingga kamu bisa melihat konten dengan lebih merinci.

Beberapa Mode Aplikasi Opera Mini

Aplikasi Opera Mini memiliki beberapa mode yang bisa digunakan saat berinternt. Jika kamu pengguna iPhone, kamu akan menemukan tiga mode berbeda: Opera Mini, Opera Turbo, dan Mode Mati.

Opera Mini adalah mode standar. Kamu akan mendapatkan pengaturan bawaan saat menggunakan mode ini. Untuk menghemat data, buka pengaturan ‘Advanced’ lalu ubah resolusi gambar.

Opera Turbo adalah fitur yang menggunakan server Opera untuk mengompresi gambar sehingga membuat proses pemuatan halaman jadi lebih cepat.

Kamu juga bisa memilih opsi untuk tidak memuat gambar. Fitur ini sangat berguna terutama jika kamu berinternet dengan koneksi yang sangat lambat.

Peningkatan video pada mode Turbo memungkinkan kamu memutar video dengan lebih cepat, mengompresi resolusi konten sehingga dapat diputar dengan lancar pada koneksi yang lambat.

Di Android, kamu akan menemukan Mode Ekstrim. Mirip dengan ModeTurbo, mode ini membantu penghematan data sehingga pemuatan halaman jadi lebih cepat di koneksi yang lemah.

Fungsi peningkatan video dan gambar berjalan dengan cara yang sama seperti di iOS, dan kamu selalu dapat mematikan mode saat ingin menjelajah tanpa fitur penyimpanan data.

Tearkhir, Mode Mati pada Opera Mini memungkinkan kamu untuk menonaktifkan semua penghematan data, dan ini dibuat untuk saat kamu memiliki koneksi internet yang sangat cepat seperti di kantor atau rumah dengan jaringan Wi-Fi yang baik.

BACA JUGA  6 Cara Download Video Instagram Tanpa Aplikasi Untuk Feed, Story, Reels

Penutup

Itulah informasi seputar kelebihan aplikasi Opera Mini. Bagaimana menurutmu, apakah aplikasi ini cocok jadi mobile browser utamamu?

Dari semua kelebihan di atas, bisa disimpulkan bahwa aplikasi Opera Mini memiliki satu kelebihan yang paling menonjol yaitu kecepatan.

Dengan berbagai fitur penghemat datanya, Opera Mini menawarkan kecepatan browsing di HP yang sangat optimal.

Akan tetapi, pada akhirnya, pilihan jatuh pada preferensi kamu. Apabila kamu ingin aplikasi yang nyaman, cepat dan, aman saat berselancar di berbagai macam situs, Opera Mini mungkin bisa menjadi pilihan.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir. Nantikan berita dan informasi menarik lainnya dari LiputanTimes. Selamat mencoba.

***