fbpx
aplikasi edit video pc
Unsplash/Jakob Owens

9 Aplikasi Edit Video PC Gratis Untuk Pemula, Vlogger, YouTuber

LiputanTimes.com – Aplikasi edit video PC saat ini semakin banyak dicari. Pasalnya, kegiatan dan pekerjaan yang membutuhkan aplikasi ini pun semakin marak.

Orang membutuhkan aplikasi edit video PC untuk tugas sekolah, konten di sosial media, atau pekerjaan profesional.

Sebenarnya banyak aplikasi edit video di internet yang disediakan secara gratis. Hanya saja, terkadang kualitasnya kurang memuaskan dan fiturnya terbatas.

Wajar saja, kamu harus membeli aplikasi edit video berbayar jika ingin fitur lengkap.

Meskipun begitu, banyak juga aplikasi edit video PC gratis yang bagus lho. Fiturnya lengkap dan mudah untuk dioperasikan. Apa saja aplikasinya? Berikut daftarnya.

BACA JUGA  10 Aplikasi Antivirus Android yang Layak Anda Coba

Aplikasi Edit Video PC Ringan

aplikasi edit video pc
Unsplash/Jakob Owens

Openshot

Jika kamu ingin aplikasi edit video PC yang sederhana dan tanpa fitur-fitur yang membingungkan, Openshot bisa jadi pilihan.

Aplikasi edit video gratis ini bisa digunakan oleh siapa pun terutama pemula karena template bawaan, real-time preview, dan timeline-nya mudah dipahami.

Di sisi lain, editor yang sudah lebih ahli bisa mengambil keuntungan lewat layering tanpa batas yang disediakan aplikasi edit video PC gratis ini.

CPU: Multi-core processor dengan dukungan 64-bit

RAM: 4 GB

GPU: –

Media Storage: 500 MB HDD

PowerDirector Essential

PowerDirector adalah pemenang penghargaan PC Magazine Editors’ Choice yang bergengsi dan sangat direkomendasikan oleh banyak orang.

Aplikasi edit video PC ini akan sangat berguna jika kamu baru mengenal dunia pengeditan video. Fitur gratis namun komprehensif yang tersedia seperti efek dan transisi dasar bisa memungkinkan kamu untuk belajar mengedit video tanpa perlu ribet.

Namun, jika kamu ingin menyelam lebih dalam dan ingin membuat videomu sekelas Hollywood, tersedia versi premium dengan harga yang terjangkau.

CPU: Intel Core i-series atau AMD Phenom II

RAM: 2 GB

GPU: 128 MB VGA VRAM

Media Storage: 7GB HDD atau SSD

Hitfilm Express

HitFilm Express adalah aplikasi edit video PC gratis yang dilengkapi dengan alat VFX setara profesional. Aplikasi ini memiliki semua fitur dasar yang kamu butuhkan untuk membuat konten yang luar biasa.

Aplikasi edit video PC ini juga memiliki lebih dari 180 efek, opsi untuk langsung upload ke YouTube, dan mendukung format 2D serta 3D.

Hanya saja, kekurangan dari Hitfilm Express adalah user interface yang cukup rumit. Meskipun kamu bisa menyesuaikannya sesuai keinginan, kamu butuh waktu untuk mempelajarinya.

Opsi untuk menambahkan lebih banyak fitur mulai dari $9 masing-masing memungkinkan Anda membayar per fitur dari sana.

CPU: Intel Core i5 (2015) atau AMD Ryzen 5 (2017)

RAM: 8 GB

GPU: 2 GB VRAM

Media Storage: HDD

Shotcut

Untuk editor yang mau beralih dari aplikasi edit video PC dasar, Shotcut bisa menjadi transisi yang cocok. Shotcut merupakan aplikasi open source yang bisa digunakan berbagai macam sistem operasi termasuk Windows, Linux, dan macOS.

Shotcut memiliki efek dan filter canggih yang akan membantu kamu menghasilkan video berkualitas tinggi. Aplikasi edit video PC ini juga bisa support resolusi 4K lho.

CPU: Intel atau AMD dengan minimal  2GHz core

RAM: 4 GB

GPU: OpenGL 2.0

Media Storage: 4 GB HDD atau SSD

BACA JUGA  6 Cara Download Video Instagram Tanpa Aplikasi Untuk Feed, Story, Reels

Aplikasi Edit Video PC Tanpa Watermark

aplikasi edit video pc
Unsplash/Ryan Snaadt

Movie Maker Online

Berbeda dengan aplikasi edit video PC lain, Movie Maker Online bisa kamu gunakan langsung di browser tanpa perlu mengunduh aplikasi. Kamu juga tidak perlu melakukan registrasi apa pun.

Movie Maker Onlinie menyediakan fitur standar yang biasa kamu gunakan untuk mengedit video, termasuk trim, transition, effect, text, dan lain-lain. Nggak ada watermark juga lho.

Selain itu, Movie Maker Online juga menyediakan stok foto dan musik yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Tanpa melakukan registrasi, kamu bisa mengedit video dengan durasi 10 menit. Semua data akan dihapus dalam waktu 24 jam setelah kamu mengedit video.

VideoPad

VideoPad adalah aplikasi edit video PC yang cocok untuk pemula. Apabila kamu baru mengenal dunia edit video, aplikasi ini memiliki berbagai macam transisi sederhana dan efek suara yang bisa langsung kamu pakai.

VideoPad juga memiliki fitur camera stabilization, 3D editing, dan fitur lainnya. Oh iya, aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk Windows ya.

CPU: Prosesor dengan kemampuan 1.5 GHz

RAM: 4 GB

GPU: DirectX 9.0

Media Storage: 100 MB HDD atau SSD

Aplikasi Edit Video Terbaik PC

aplikasi edit video pc
Unsplash/KAL VISUALS

DaVinci Resolve

DaVinci Resolve adalah aplikasi edit video PC dengan tampilan yang rapi dan intuitif. Saat pertama kali mencobanya, kamu pasti tidak akan menyangka bahwa aplikasi ini gratis.

Di samping tampilannya yang elegan, aplikasi edit video PC ini menawarkan berbagai fitur canggih. Salah satunya adalah intelligent color correction di mana kamu bisa melakukan koreksi warna dengan satu sentuhan tombol saja.

Selain itu, DaVinci Resolve juga dilengkapi dengan audio editor Fairlight yang merupakan perangkat lunak pasca produksi audio yang sepenuhnya terintegrasi dengan pengeditan gambar.

CPU: Minimal Intel Core i7 atau AMD Ryzen 7

RAM: Minimal 16GB

GPU: Minimal 4GB VRAM

Media Storage: SSD atau RAID

Lightworks

Ingin aplikasi edit video PC kamu terlihat seperti profesional? Jika iya, Lightworks adalah salah satu opsi terbaik.

Aplikasi ini sudah mulai dikembangkan sejak tahun 1989 dan telah memenangkan penghargaan EMMY Award sebagai perintis pengeditan nonlinier digital.

Reputasi aplikasi edit video PC ini di kalangan profesional juga cukup baik karena telah digunakan untuk mengedit banyak video box office.

Meski tersedia dalam versi gratis dan berbayar, kamu tetap bisa menggunakan semua fitur yang tersedia di kedua versi. Satu-satunya perbedaan Lightworks gratis dan berbayar adalah format output yang terbatas.

Jadi, apabila kamu mengedit video selain untuk YouTube atau atau sosial media, kamu harus berlangganan aplikasi ini.

CPU: Intel i7

RAM: 3 GB

GPU: 1 GB support DirectX 9

Media Storage: HDD atau SSD

VSDC

Sebagai aplikasi edit video PC gratis, VSDC memiliki fitur pengeditan lanjutan seperti color blending dan masked effects yang tidak akan kamu temukan di aplikasi sekelasnya. VSDC juga memiliki filter siap pakai, fitur profesional, dan DVD burner.

Meskipun banyak orang menggunakan VSDC untuk membuat presentasi, tidak ada salahnya kamu mencoba aplikasi edit video PC gratis ini untuk bersenang-senang.

CPU: Intel atau AMD dengan minimal 800 MHz

RAM: 128 MB

GPU: Microsoft DirectX 8.1b

Media Storage: 20 MB HDD atau SSD

BACA JUGA  7 Cara Download Aplikasi Di Laptop dan Cara Menjalankannya

Penutup

Itu tadi beberapa aplikasi edit video PC gratis yang bisa kamu coba. Ada yang cocok untuk pemula sampai bisa digunakan oleh profesional.

Intinya, sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kemampuanmu. Di YouTube pun banyak beredar video tutorial aplikasi edit video PC di atas. Jadi, kamu bisa bebas mempelajari aplikasi tersebut.

Terima kasih telah membaca artikel ini sampai akhir. Semoga bermanfaat.

***