5 Fitur HP Android Ini Sudah Eksis Sejak Zaman Bahelua

Dulu dan sekarang memang sangat jauh berbeda, salah satu contohnya perkembangan teknologi yang semakin baik saja. Bagaimana tidak, sebelum adanya ponsel dulunya berkirim pesan melalui surat menyurat.

Kemudian, munculah ponsel basic atau ponsel genggam untuk menyampaikan kabar melalui telepon dan SMS. Nah, seiring berjalannya waktu dan sampai pada saat ini telah ada ponsel pintar alias smartphone dengan tampilan lebih mewah.

Ya, smartphone memang lebih mewah lantaran bentangan layar cukup besar serta fitur-fitur modern yang ditawarkan. Mulai dari keberadaan kamera, dulunya mungkin hanya dua saja yaitu depan dan belakang. Bahkan sekarang ini seolah bersaing ketat tonjolkan fotografi tiga atau sampai dengan empat lensa sekaligus.

Khususnya smartphone android, yang banyak digunakan di tanah air karena ada beragam jenis mulai untuk entry level sampai dengan high end.

Sistem operasi Android sendiri telah dikomersialkan untuk pertama kalinya pada 23 September 2008. Sedangkan untuk ponsel yang mengadopsinya boleh saja beragam dari tahun ke tahun. Kendati begitu, sistem operasi besutan Andy Rubin, Nick Sears, Mich Miner, dan Chris White ini ternyata tetap mempertahankan sedikitnya lima fitur pada android, apa saja ya? Yuk simak berikut ini!

  1. Android Market atau Google Play Store

Mungkin akan sangat aneh, lucu dan membingungkan sekali jika smartphone android tidak dilengkapi dengan toko aplikasinya alias yang selama ini dikenal Play Store. Maka dari itulah alasan mengapa Android Market dihadirkan pada HTC Dream, atau T-Mobile G1, yang menjadi ponsel pertama yang mengadopsi OS tersebut.

Pada awal kemunculannya itu, Android Market atau Play Store ini hanya memiliki 13 aplikasi saja. Sampai akhir 2008 pun, jumlahnya tetap berkisar di angka 200an aplikasi.

Kemudian pada tahun 2012, Google menggabungkan Android Market dengan Google Music dan Google eBookstore. Alhasil penggabungan tersebut mengubah nama toko aplikasi menjadi Google Play Store sebagaimana saat ini diketahui. Demikian sebagaimana yang dikutip dari Detik Inet.

  1. Sinkronisasi

Kedua, fitur android yang sudah eksis sejak dulunya yakni aplikasi sinkronisasi pada Android 1.0. Dimana pada masa itu telah memainkan perannya, berdampingan dengan Google Contacts, Gmail, dan Google Calendar.

BACA JUGA  Aplikasi Edit Foto Pengantin

Apabila pengguna menambahkan agenda di Google Calendar versi smartphone, maka agenda tersebut akan tersinkronisasi pada Google Calendar versi web, lebih canggih dan menarik.

  1. Pengorganisasian Aplikasi

Salah satu yang menjadi pembeda antara Android dan iOS pada saat itu yakni sistem pengorganisasian aplikasi. Versi Android 1.0 memiliki kemampuan dalam memberikan penggunanya kelonggaran dalam mengorganisir letak aplikasi, sedangkan iOS tidak demikian.

Bahkan ada juga pilihan untuk mengurutkan berdasarkan abjad, maupun menempatkannya ke dalam folder sesuai kategorinya masing-masing. Lalu untuk beberapa aplikasi pun juga menyediakan widget yang bisa ditampilkan pada halaman muka ponsel.

  1. SMS dan MMS

Sebelum munculnya smartphone Android, SMS dan MMS adalah dua hal berbagi pesan yang sudah akrab sejak dulu. So, tak mengherankan apabila sistem operasi tersebut menghadirkan SMS dan MMS ke dalamnya.

Hal menarik lainnya, iOS tidak secepat Android dalam menghadirkan MMS ke perangkat yang menjalankannya kala itu. Kemudian pada tahun 2009, lewat kemunculan iPhone 3GS, Apple menanamkan fitur tersebut ke dalam ponselnya.

  1. Notifikasi

Bisa dibilang, notifikasi merupakan tanda peringatan atau penyampaian. Sejak dulu notifikasi memang sudah ada, di jaman ponsel basic. Tentu saja, hal itu guna melaporkan bahwa nomor tersebut menerima pesan yang belum dibuka atau panggilan yang tak terjawab.

Rupanya notifikasi masuk dalam daftar fitur Android yang sudah eksis sejak dulu dan aktif sampai sekarang ini. Sejak kemunculan Android 1.0, di dalamnya telah tersedia status bar serta pengelompokan notifikasi yang bisa dilihat dengan hanya mengusap layar dari atas ke bawah.

Lalu apakah fitur-fitur ini akan tetap dipertahankan di masa depan oleh Android? Terutama untuk SMS dan MMS yang sudah digempur oleh penyedia layanan berbagi pesan instan seperti WhatsApp.