SIM

Tidak Hanya di Indonesia, SIM Kita Juga Bisa Dipakai di Banyak Negara

Banyak orang mungkin yang menganggap jika SIM (Surat Izin Mengemudi) yang mereka miliki tersebut hanya berlaku di negara Indonesia saja. Namun kenyataanya, SIM tersebut juga ternyata bisa anda gunakan ketika sedang berada di luar negeri lho.

Dengan begini maka anda pun tidak perlu bingung ketika berkunjung ke luar negeri, karena SIM yang anda miliki ini ternyata juga berlaku ketika digunakan di luar negeri. Namun tidak semua negara menerima SIM anda tersebut.

Di Kawasan Asean

Sesuai dengan ‘Agreement on the Recognition of Domestic Driving License Issued by ASEAN Countries’ yang telah diteken tahun 1985 silam, jika SIM Indonesia ini bisa berlaku ketika anda berkunjung ke negara yang tergolong dalam ASEAN.

SIM

Semula, perjanjian ini hanya di setujui oleh beberapa negara saja yang berada di kawasan ASEAN, mulai dari Malaysia, Brunei Darussalam, Indonesia, Singapura, Filipina, dan Thailand. Lalu di tahun 1998 silam, sejumlah negara ASEAN lainnya juga menyetujui perjanjian tersebut, seperti Laos, Vietnam, Kamboja, dan Myanmar.

Namun perlu anda ingat, jika berlakunya SIM Indonesia ini ada batas waktunya. Seperti di negara Singapura, di mana SIM Indonesia tesebut hanya berlaku selama 12 bulan sejak kedatangan pertama kali wisatawan berkunjung. Jika lebih dari itu, maka anda harus menggunakan SIM dari Singapura.

Lalu untuk di negara Malaysia kebijakannya berbeda, di mana anda harus memiliki SIM Internasional dan SIM Indonesia yang masih berlaku. Jika tidak memiliki SIM Internasional, maka anda bisa mengurusnya melalui Institut Mengemudi Malaysia. Kebijakan ini berlaku sejak tahun 2018 untuk warga asing.

Di Amerika Serikat

Selain di kawasan ASEAN, SIM Indonesia ini kabarnya juga berlaku di negara adidaya Amerika Serikat. Komika ternama di Indonesia yakni Soleh Solihun, bercerita jika dirinya bisa mengendarai motor di Amerika dengan menggunakan SIM Indonesia.

Soleh bercerita ketika itu dirinya sedang menyewa mobil dan menunjukkan SIM A Indonesia miliknya. Ternyata di perbolehkan karena pada SIM tersebut mengandung bahasa Inggrisnya . Setelah itu ketika menyewa motor pun juga begitu, menggunakan SIM C indonesia juga bisa, sehingga tidak membutuhkan SIM internasional.

BACA JUGA  9 Cara Perpanjang SIM Online Terbaru

SIM Internasional Bisa Digunakan di 92 Negara

Dikutip melalui laman resmi AS, jika setiap pengendara yang ingin mengemudi disana diwajibkan memiliki SIM valid. Pada sejumlah negara bagian AS, di mana para pengemudi diwajibkan memiliki SIM Internasional serta SIM negara asalnya yang resmi.

Namun di beberapa negara bagian lainnya di AS, ada yang memperbolehkan hanya memakai SIM dari negara asalnya. Dan SIM Internasional ini berlaku di 92 negara sejak tahun 1968 silam, salah satu negara yang memperbolehkannya adalah Amerika Serikat.